Biodata Dorothea Rosa Herliany, Penulis dan Sastrawan Indonesia

Biodata Dorothea Rosa Herliany, Penulis dan Sastrawan Indonesia

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Dorothea Rosa Herliany seorang Penulis dan Sastrawan Indonesia. Penasaran ingin tahu tentang biodata Dorothea Rosa Herliany, simak penjelasannya berikut ini.

Dorothea Rosa Herliany

Dorothea Rosa Herliany adalah seorang penulis dan sastrawan asal Indonesia. Namanya dikenal melalui karya-karyanya berupa novel, cerita pendek, dan puisi yang diterbitkan di sejumlah surat kabar dan terhimpun dalam beberapa antologi.

Dorothea Rosa Herliany lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada tanggal 20 Oktober 1963. Ia adalah orang pertama yang memenangi kedua kategori Kusala Sastra Khatulistiwa, prosa dan puisi, dengan “Santa Rosa” (puisi) pada 2006 dan “Isinga: Roman Papua” (prosa) pada 2015. Dorothea termasuk sastrawan Indonesia angkatan 1980-1990an.

Pendidikan

  • SD Tarakanita Magelang
  • SMP Pendowo Magelang
  • SMA Stella Duce di Yogyakarta
  • Melanjutkan kuliah di Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni di IKIP Sanata Dharma yang sekarang berubah
  • nama menjadi Universitas Sanata Dharma yogyakarta

Karir

  • Penulis lepas
  • Guru SMA Gama Jogya tahun 1984

Sebagai seorang penulis, Dorothea telah menulis sejak tahun 1985 di berbagai majalah dan surat kabar, antara lain di Horison, Basis, Dewan Sastra (Malaysia), Suara Pembaharuan, Mutiara, Pikiran Rakyat, Surabaya Post, Jawa Pos, Citra Yogya, Kompas, Media Indonesia, Sarinah, Kalam, Republika, Pelita.

Wawasannya yang cukup luas dan visi kepenyairannya yang mantap telah mengukuhkan dirinya sebagai penyair yang mempunyai masa depan yang cerah.

Beberapa puisinya mengandung suatu gerak hidup, percikan api yang berpijar, tetapi dalam pengucapannya terasa dingin dan asosiasinya yang begitu cepat bersilangan membawa imajinasi berpacu untuk mengejar makna imajinatif.

Baca Juga :  Biodata Benjamin Franklin Penemu Kateter

Sebagai puisi imagis, sajak-sajak Dorothea menunjukkan sifat lirik yang khas, yaitu lirik prosa. Lucianus Bambang Suryanto mengatakan mengatakan sebelum Dorothea Rosa Herliany muncul dalam pergumulannya di dunia sajak, ia dikenal orang secara terbatas.

Akan tetapi, saat sajak-sajaknya dipublikasikan, eksitensi kepenyairannya dan identitas pribadinya menjadi tanda bahwa ia sungguh orang yang sangat kreatif.

Nyanyian Gaduh (1987) merupakan kumpulan sajaknya yang pertama. Joko Pinurbo mengatakan Dorothea Rosa Herliany dalam menulis sajaknya “Nyanyian Gaduh” selalu mengeksploitasi kesunyian.

Hal itu dilakukannya bukan sekadar untuk kesentimentilan belaka, tetapi dibedah dalam upaya untuk menemukan hakikat kesunyian itu sendiri.

Dalam sajaknya “Sepenggal Syair tentang Ombak”, Dorothea Rosa Herliany menulis mungkin bisa kutemukan makna sunyi lebih fitri, ingin kuyakini bahwa dalam kegaduhan itu bisa kutemukan juga arti diam lebih sempurna.

Di sini Rosa memang belum merumuskan apa sebenarnya makna kesunyian itu. Tetapi, setelah selesai membaca buku ini terkesan bahwa di dalam kesunyian dan kesepian itu kemungkinan akan berlangsung dialog, percakapan atau pergaulan yang intens dengan diri sendiri.

Karya Dorothea Rosa Herliany

  • Nyanyian Gaduh (1987)
  • Matahari yang Mengalir (1990)
  • Kepompong Sunyi (1993)
  • Nikah Ilalang (1995)
  • Blencong (1995)
  • Karikatur dan Sepotong Cinta (1996)
  • Mimpi Gugur Daun Zaitun (1999)

Penghargaan 

  • Sebagai pemenang I Penulisan Puisi Hari Chairil Anwar (1981) yang diselenggarakan SEMA Sastra Indonesia IKIP Sanata Dharma Yokyakarta.
  • Sebagai pemenang I penulisan puisi Dies Natalis IKIP Sanata Dharma Yogyakarta (1985) dan Pemenang I Penulisan Puisi yang diselenggarakan Institut Filsafat & Theologia Yogyakarta.
  • juara I Penulisan Esai IKIP Sanata Dharma Yogyakarta. Pada tahun 2003, bersama Nh. Dini dan Ratna Indraswari Ibrahim, Dorothea menerima penghargaan Penulisan Karya Sastra dari Pusat Bahasa.
Baca Juga :  Biodata Charles Robert Richet Penemu Anafilaksis

Penutup

Itulah biodata Dorothea Rosa Herliany seorang Penulis dan Sastrawan Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Sumber : http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id

 

 

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski