Biodata Edwin Howard Armstrong Penemu Radio FM

Biodata Edwin Howard Armstrong Penemu Radio FM

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Edwin Howard Armstrong seorang penemu Radio FM. Penasaran ingin tahu tentang penemu Radio FM, simak penjelasannya berikut ini.

Edwin Howard Armstrong adalah insinyur asal Amerika Serikat yang terkenal karena menciptakan radio FM. Ia menemukan rangkaian regeneratif saat dia sarjana dan dipatenkan pada tahun 1914, sirkuit super-regeneratif (1922), dan penerima superheterodyne (1918).

Biografi

Edwin Howard Armstrong lahir di New York Amerika Serikat, pada tanggal 18 Desember 1890, sejak Dia kecil sudah tampak Kepintaran dan keuletannya. Bahkan, ketika usianya baru menginjak 14 tahun Armstrong telah bercita-cita ingin menjadi seorang penemu.

Ketika remaja, Armstrong mulai mencoba menjadi tukang servis alat-alat rumah tangga nirkabel. Saat duduk dibangku Sekolah Menengah Atas, dia mulai mengadakan uji coba dengan membuat tiang antenna di depan rumahnya untuk mempelajari teknologi nirkabel yang kala itu sering mengalami gangguan.

Armstrong dapat segera memahami permasalahan pada alat komunikasi itu. Bukan hanya itu, Armstrong pun dapat menemukan kelemahan sinyal pada penerima akhir transmisi komunikasi. Padahal, tidak ada cara lain untuk memperkuat tenaga pada pengiriman akhir.

Setelah tamat Sekolah Menengah Atas, Armstrong masuk ke Jurusan Teknik Universitas Columbia. Di sana Armstrong melanjutkan penelitiannya dibidang nirkabel. Pada tahun ketiga dikampus itu, Armstrong memperkenalkan temuannya, yaitu penguat gelombang radio pertama (radio amplifer).

Radio FM

Edwin Armstrong dikenal menciptakan radio frekuensi-modulated atau FM pada tahun 1933. Modulasi frekuensi atau FM meningkatkan sinyal audio radio dengan mengendalikan kebisingan statis yang disebabkan oleh peralatan listrik dan atmosfer bumi.

Baca Juga :  Apa Akibat jika Menebang Hutan Secara Sembarangan Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 141 dan 142

Edwin Armstrong menerima paten AS 1.342.885 untuk “Metode Penerimaan Radio Osilasi Frekuensi Tinggi” untuk teknologi FM-nya.

Selain modulasi frekuensi, Edwin Armstrong dikenal juga menciptakan dua inovasi kunci lainnya yakni regenerasi dan superheterodyning. Setiap radio atau televisi saat ini menggunakan satu atau lebih penemuan Edwin Armstrong.

Regenerasi Amplifikasi

Pada tahun 1913, Edwin Armstrong menemukan rangkaian (Regenerative or Feedback) regeneratif atau umpan balik. Regenerasi amplifikasi bekerja dengan mengirimkan sinyal radio yang diterima melalui tabung radio 20.000 kali per detik, yang meningkatkan kekuatan sinyal radio yang diterima dan memungkinkan siaran radio untuk memiliki jangkauan yang lebih besar.

Superhetrodyne Tuner

Edwin Armstrong menemukan tuner superhetrodyne yang memungkinkan radio untuk dapat disetel ke stasiun radio yang berbeda.

Desain sirkuit tunggal temuan Armstrong menjadi kunci kelangsungan gelombang transmiter yang menjadi inti operasional radio. Dan dia lulus sarjana teknik tahun 1913. Atas temuannya itu, Armstrong mematenkan ciptaannya dan memberi lisensinya pada Marconi Corporation tahun 1914.

Enam tahun kemudian, Westinghouse membeli hak paten Armstrong atas penerima superheterodyne, dan memulai kiprahnya menjadi stasiun radio pertama bernama KDKA di Pittsburgh.

Mulailah radio menjadi sangat populer pada saat itu, mulai dari hiburan sampai berita penting, tidak ada yang tidak memakai jasa radio. Setelah itu, bermunculan terus gelombang radio lainnya. RCA (The Radio Corporation of America) segera membeli seluruh hak paten radio begitu juga radio lain ikut membelinya.

Setelah Perang Dunia I usai, Armstrong kembali ke Universitas Columbia dan bekerja sebagai profesor di universitas tersebut. Pada tahun 1923 Armstrong menikah dengan Marion MacInnes, sekretaris dari Presiden RCA, David Sarnoff.

Pada dekade itu Armstrong terlibat dalam perang perusahaan dalam mengendalikan hak paten radio. Hal ini berlanjut sampai awal tahun 1930, dan Armstrong kalah di pengadilan.

Baca Juga :  Biodata Josip Belušić Penemu Speedometer

Meski demikian, Armstrong terus melanjutkan penelitian untuk memecahkan masalah statistik radio. Armstrong berkesimpulan, hanya ada satu solusi agar karyanya yang telah dicuri orang bisa dihargai, yaitu merancang sistem yang sama sekali baru.

Pada tahun 1933 Amstrong memperkenalkan sistem radio FM (frequency modulation), yang memberi penerimaan jernih meskipun ada badai dan menawarkan ketepatan suara yang tinggi yang sebelumnya belum ada.

Sistem itu juga menyediakan sebuah gelombang tunggal membawa dua program radio dengan sekali angkut. Pengembangan ini disebut dengan multiplexing.

Untuk memperkenalkan temuannya pada dunia, pada tahun 1940 Armstrong mendapat izin untuk mendirikan stasiun radio FM pertama yang didirikan di Alpine, New Jersey.

Berkat temuannya itu, pada tahun 1941, Institut Franklin memberi penghargaan kepada Armstrong berupa medali Franklin, yang merupakan salah satu penghargaan tertinggi komunitas ilmuwan.

Kekalahannya dalam sengketa selama bertahun-tahun dengan perusahaan yang telah memanfaatkan hak ciptanya, tak berpengaruh terhadap pemberian medali Franklin tersebut.

Kematian

Penemuan Armstrong membuatnya menjadi orang kaya, dan dia memegang 42 hak paten dalam hidupnya. Namun, Armstrong juga mendapati dirinya terlibat dalam sengketa hukum yang berlarut-larut dengan RCA, yang memandang radio FM sebagai ancaman terhadap bisnis radio AM-nya.

Armstrong bunuh diri pada tahun 1954, melompat dari apartemennya di New York City. Armstrong meninggal di Manhattan, New York, pada tanggal 31 Januari 1954 pada umur 63 tahun.

Istrinya, Marion MacInnes, yang menjadi pewaris hasil temuan Armstrong melanjutkan perjuangan suaminya bertempur di persidangan dan memenangkan jutaan dolar.

Atas kejernihan suara yang dihasilkannya di awal ’60-an, saluran FM mendominasi sistem radio, dan bahkan digunakan untuk komunikasi antara bumi dan luar angkasa oleh Badan Antariksa Nasional Amerika, NASA.

Baca Juga :  Biodata Alexander Bain Penemu Mesin Fax

Penutup

Itulah biodata Edwin Howard Armstrong seorang penemu Radio FM. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Edwin_Howard_Armstrong