Biodata Ferdinand Braun Penemu Tabung Sinar Katoda

Biodata Ferdinand Braun Penemu Tabung Sinar Katoda

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Ferdinand Braun seorang penemu tabung sinar katoda. Penasaran ingin tahu tentang penemu tabung sinar katoda, simak penjelasannya berikut ini.

Tabung sinar katode, ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, merupakan sebuah tabung penampilan yang banyak digunakan dalam layar komputer, monitor video, televisi dan oskiloskop. CRT dikembangkan dari hasil kerja Philo Farnsworth yang dipakai dalam seluruh pesawat televisi sampai akhir abad 20, dan merupakan dasar perkembangan dari layar plasma, LCD dan bentuk teknologi TV lainnya.

Karl Ferdinand Braun adalah seorang fisikawan asal Jerman, ia berkontribusi besar terhadap perkembangan teknologi radio dan televisi, ia berbagi dengan Guglielmo Marconi dalam Hadiah Nobel Fisika tahun 1909 untuk “sumbangan pada pengembangan telegrafi nirkabel.” Braun juga telah dikenal sebagai penemu prinsip kerja diode kristal pada tahun 1874.

Biografi

Karl Ferdinand Braun lahir pada tanggal 6 Juni 1850 di Jerman. Ayahnya seorang pegawai pengadilan di Fulda (Jerman). Braun belajar di Universitas Marburg dan menerima gelar di Universitas Berlin pada tahun 1872. Ia menjadi direktur di Lembaga Fisika dan profesor fisika di Strasbourg (1895).

Pada tahun 1897, Braun membuat osiloskop tabung sinar katode pertama. Teknik ini digunakan oleh sebagian besar peralatan TV dan monitor komputer. Tabung katode masih disebut “tabung Braun” (Braunsche Röhre) di negara penutur bahasa Jerman.

Pada tahun 1909 Braun menerima Penghargaan Nobel dalam Fisika dengan Guglielmo Marconi untuk “sumbangan pada pengembangan telegrafi nirkabel.”

Pada awal Perang Dunia I Braun pindah ke Amerika Serikat untuk mempertahankan stasiun nirkabel Jerman yang terletak di Sayville (Long Island) terhadap serangan oleh Marconi Corporation yang dikendalikan Inggris.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini Rabu 31 Agustus 2022

Ferdinand Braun meninggal di rumahnya di Brooklyn sebelum perang berakhir, pada tahun 1918.

Penemuan Tabung Sinar Katoda

Tabung sinar katode (bahasa Inggris: cathode ray tube atau CRT)

Ferdinand Braun menikah pada tahun 1885 dan setelah pernikahannya, ia melakukan riset keliling Eropa, Amerika dan gurun Sahara di Afrika. Sepulang dari beberapa negara pada tahun 1897, Braun menayangkan temuannya yang cukup modern saat itu.

Temuan itu tak lain adalah tabung gambar yakni tabung yang mampu menyerap sinyal-sinyal yang diwujudkan dalam bentuk gambar. Temuan itu ia populerkan dan di publikasikan di depan para mahasiswa Universitas Strasbourg.

Penjelasan mengenai tabung gambar ini adalah bahwa tabung gambar itu dapat menampilkan arus bolak-balik dari pusat pembangkit listrik Strasbourg secara langsung berupa gelombang sinus yang kemudian hari diterima sebagai lambang arus bolak-balik, muncul pada permukaan suatu Polygon (bersegi banyak) berputar yang memantul.

Sinar datang dari sebuah tabung berbentuk alat pemukul, dari katode atau elektron tabung sinar. Kekuatan magnetis mengarahkan elektron-elektron yang terkumpul, yaitu partikel-partikel inti yang sangat cepat, yang pada saat itu tampak tidak dapat dikendalikan, melalui tabung gelas.

Titik-titik sinar di ujung tabung lalu secara otomatis membentuk garis-garis gelombang menghasilkan gambar yang persis sama dengan arus sinkron bidang-bidang magnetis yang menggoyangkan cahaya elektron.

Sesungguhnya itulah sistem bekerjanya televisi saat ini yakni elektron-elektron dengan kecepatan tinggi disalurkan melalui tabung yang hampir kosong, memantulkan cahaya membentuk titik-titik secara otomatis lalu dipusatkan oleh bidang-bidang magnetis untuk membentuk gambar, inilah yang kita sebut televisi.

Jadi, tabung yang ada intinya merupakan arus bolak-balik merupakan elemen pokok dan esensial bagi teknologi pertelevisian. Sampai kini tabung tersebut masih dikenal sebagai Tabung Braun. Selain untuk televisi, juga digunakan untuk berbagai perlengkapan medis, komputer bahkan perlengkapan radar.

Baca Juga :  Kewajiban dan Hak Terhadap Sumber Daya Alam

Penutup

Itulah biodata Ferdinand Braun seorang penemu tabung sinar katoda. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Ferdinand_Braun
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Tabung_sinar_katode

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski