Biodata Henry Cavendish Penemu Hidrogen

Biodata Henry Cavendish Penemu Hidrogen

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Henry Cavendish seorang penemu hidrogen. Penasaran ingin tahu tentang penemu hidrogen, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Henry Cavendish :

  • Lahir : 10 Oktober 1731 Nice, Kerajaan Sardinia
  • Meninggal : 24 Februari 1810 (umur 78) London, Inggris
  • Kebangsaan : Inggris
  • Bidang : Kimia , fisika
  • Alma mater : University of Cambridge
  • Dikenal atas : Penemuan hidrogen,  mengukur kepadatan bumi

 

Henry Cavendish adalah ahli fisika dan kimia berkebangsaan  Inggris yang terbesar pada zamannya. Cavendish terkienal karena telah menemukan hidrogen tahun 1766, dan massa bumi tahun 1801 atau konstante gravitasi Newton, tahanan listrik, karbon dioksida, dan kalsium karbonat.

Cavendish menemukan bahwa air terdiri dari hidrogen dan oksigen, ia berpendapat bahwa nitrogen adalah bahan untuk  membuat asam nitrat, bahwa atmosfer terdiri dari empat perlima nitrogen dan seperlima oksigen.

Cavendish juga menemukan dasar-dasar teori medan listrik dan ide potensial listrik. Sebenarnya Cavendish menemukan hukum Coulomb dan hukum Ohm, tapi karena tulisan-tulisannya baru ditemukan satu abat kemudian, maka Charles Augustin de Coulomb dan Georg Simon Ohm-lah yang diakui sebagai penemu hukum itu.

Antoine Lavoisier mereproduksi percobaan Cavendish dan memberi nama elemen. Antoine Laurent Lavoiseir menamai zat pembentuk air berasal dari gabungan perkataan “hydor” dan “gen”.

Biografi

Henry Cavendish lahir di Nice, Prancis, pada tanggal 10 Oktober 1731. Ia keturunan bangsawan dan penjabat tinggi. Ibunya meninggal ketika Cavendish baru berumur dua tahun. Pada umur 11 tahun Cavendish masuk seminari (sekolah untuk calon pastur) di Hackney dekat London.

Baca Juga :  Biodata Henry Ford, Pendiri Ford Motor Company

Pada umur 18 tahun Cavendish kuliah dan ketika tamat ia tidak mau mengambil gelar doktor. Cavendish adalah orang aneh yang nyentrik. Ia sangat pemalu, pendiam dan rendah hati. Cavendish tidak ingin prestasinya diketahui orang lain. Ia malu berhadapan dengan orang lain. Oleh karena itu ia hampir tidak pernah berkumpul dan bergaul dengan orang lain. Ia selalu menyendiri.

Bahkan pada saat mati pun ia tidak ingin ada orang didekatnya. Cavendish selalu menjauhi wanita. Ia tidak mau bertemu dengan wanita. Ada yang mengatakan bahwa Cavendish takut wanita atau sangat malu terhadap wanita. Perintah-perintah kepada pembantu wanita selalu disampaikan dengan surat.  Cavendish tidak menikah.

Penemuan

Henry Cavendish adalah orang yang pertama mengenali gas hidrogen sebagai zat diskret dengan mengidentifikasikan gas itu dari reaksi logam-asam sebagai “udara yang mudah terbakar“. Pada tahun 1781 dia lebih lanjut menemukan bahwa gas ini menghasilkan air ketika dibakar.

Pada tahun 1783, Antoine Lavoisier memberikan unsur ini dengan nama hidrogen (dari Bahasa Yunani hydro yang artinya air dan genes yang artinya membentuk) ketika dia dan Laplace mengulang kembali penemuan Cavendish yang mengatakan pembakaran hidrogen menghasilkan air.

Kematian

Henry Cavendish meninggal di London pada tanggal 24 Pebruari 1810 pada umur 78 tahun. Jenazahnya di kubur di Katedral Derby. Namanya diabadikan jadi nama laboratorium yakni “Laboratorium Cavendish di Universitas Cambridge” yang menghasilkan ilmuwan-ilmuwan termasyhur di dunia.

Penutup

Itulah biodata Henry Cavendish seorang penemu hidrogen. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu