Biodata George Emil Palade, Bapak Biologi Sel Modern

Biodata George Emil Palade, Bapak Biologi Sel Modern

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata George Emil Palade seorang yang dijuluki bapak biologi sel modern. Penasaran ingin tahu tentang seorang yang dijuluki bapak biologi sel modern, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata George Emil Palade :

  • Lahir : 19 November, 1912 Iaşi, Rumania
  • Meninggal : 7 Oktober 2008 (umur 95) Del Mar, California, USA
  • Kewarganegaraan : Amerika Serikat dan Rumania
  • Kebangsaan : Rumania
  • Bidang : Biologi sel
  • Almamater : Carol Davila School of Medicine
  • Dikenal untuk : Ribosom, Rough ER
  • Penghargaan : Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran (1974) dan AS National Medal of Science (1986)

 

George Emil Palade adalah seorang ahli biologi sel asal Amerika Serikat kelahiran Rumania yang dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran tahun 1974 bersama dengan Albert Claude dan Christian de Duve.

Penghargaan itu diberikan untuk inovasi dalam mikroskop elektron dan fraksinasi sel yang bersama-sama meletakkan dasar-dasar molekuler, biologi sel modern . Penemuan yang paling menonjol menjadi ribosom dari retikulum endoplasma – yang pertama kali ia dijelaskan pada tahun 1955.

Kehidupan awal

George Emil Palade lahir pada tanggal 19 November 1912 di Iaşi , Rumania, ayahnya adalah seorang profesor filsafat di universitas dan ibunya adalah seorang guru sekolah tinggi. George Palade menerima gelar dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Bukares, Rumania.

George Palade menjadi anggota staf pengajar di fakultas itu hingga tahun 1945 saat ia datang ke Amerika Serikat untuk studi pascadoktoral. George Palade bergabung dengan Albert Claude di Rockefeller Institute for Medical Research pada tahun 1946 dan diangkat sebagai profesor pembantu di sana pada tahun 1948, naik dari profesor pembantu menjadi profesor dan Kepala Bagian hingga tahun 1973 saat ia pindah ke Universitas Yale sebagai guru besar dan Kepala Bagian Biologi Sel.

Baca Juga :  Biodata Jacques Charles Penemu Balon Hidrogen

George Palade menjadi peneliti senior dan penasihat dekan pada tahun 1983. Pada tahun 1990, ia pindah ke Universitas California, San Diego sebagai Residen Profesor Kedokteran, dan Dekan Urusan Ilmiah.

George Palade adalah anggota National Academy of Sciences dan American Academy of Arts and Sciences. Ia menerima sejumlah gelar kehormatan dan penghormatan, yang termasuk Penghargaan Nobel tahun 1974 (diterima bersama Albert Claude dan Christian de Duve), dan National Medal of Science, AS pada tahun 1986.

Penelitian

Ketika di Rockefeller Institute for Medical Research, George Palade menggunakan mikroskop elektron untuk mempelajari organisasi internal struktur sel seperti ribosom, mitokondria, kloroplas, aparatus Golgi, dan lain-lain.

Penemuannya yang paling penting dilakukan saat menggunakan strategi eksperimental dikenal sebagai analisis pulsa mengejar . Dalam percobaan George Palade dan rekan-rekannya mampu mengkonfirmasi hipotesis yang ada bahwa jalur sekretorik ada dan bahwa Rough ER dan Golgi aparatus fungsi bersama-sama.

George Palade fokus pada tubuh Weibel-Palade (storage organel unik untuk endothelium, mengandung faktor von Willebrand dan berbagai protein) yang digambarkan bersama-sama dengan ahli anatomi Swiss, Ewald R. Weibel.

Kematian

George Emil Palade meninggal pada tanggal 7 Oktober 2008 saat berumur 95 tahun di Del Mar, California, USA. Palade meninggalkan seorang istri Marilyn Farquhar, seorang ahli biologi sel di University of California, San Diego.

Penutup

Itulah biodata George Emil Palade seorang yang dijuluki bapak biologi sel modern. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :  Wikipedia & Blog Penemu