Biodata George William Manby Penemu Alat Pemadam Api Pertamakali

Biodata George William Manby Penemu Alat Pemadam Api Pertamakali

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata George William Manby seorang penemu alat pemadam api pertamakali. Penasaran ingin tahu tentang penemu alat pemadam api pertamakali, simak penjelasannya berikut ini.

George William Manby adalah seorang penulis dan penemu asal Inggris. Dia merancang sebuah alat penyelamat berupa Alat pemadam kebakaran modern pertama.

Biografi

George William Manby lahir pada tanggal 28 November 1765 di Denver, Norfolk. Ia bersekolah di Downham Market. Manby menawarkan diri untuk ikut dalam perang Kemerdekaan Amerika saat berusia 17 tahun, tapi ditolak karena terlalu muda dan ukuran tubuhnya yang kecil.

Manby masuk Royal Military Academy di Woolwich, dan bergabung dengan Milisi Cambridgeshire dengan pangkat kapten. Manby menikah pada tahun 1793 dan mewarisi perkebunan keluarga istrinya, tetapi meninggalkannya pada tahun 1801 setelah ditembak oleh kekasihnya dan pindah ke Clifton, Bristol.

Di sana, Manby menerbitkan beberapa buku, termasuk Sejarah dan Purbakala dari St David (1801), Sketsa Sejarah dan Alam Beauties of Clifton (1802), dan Sebuah Panduan dari Clifton ke Counties dari Monmouth, Glamorgan (1802) , dll.

Alat Penyelamat Di laut

Penemuan alat Penyelamat berawal ketika Manby menyaksikan kejadian yang terjadi pada tanggal 18 Februari 1807. Saat itu dia menyaksikan sebuah kapal Angkatan Laut, Snipe kandas 60 kilometer dari Great Yarmouth selama badai, yang memakan korban jiwa sebanyak 214 orang tenggelam, termasuk tahanan perang Perancis, perempuan dan anak-anak.

Baca Juga :  Biodata Sanusi Pane, Sastrawan Indonesia

Setelah tragedi ini, Manby bereksperimen dengan mortir, dan begitu menemukan Mortar Manby, lalu berkembang menjadi celana pelampung, yang menembakkan tali tipis dari pantai ke dalam tali-temali kapal.

Sebuah tali yang kuat yang melekat bisa ditarik kapal. Penemuan sukses lainnya yaitu pada tahun 1783. Penemuannya secara resmi diadopsi pada tahun 1814, dan serangkaian stasiun mortir didirikan di sekitar pantai.

Diperkirakan bahwa pada saat kematiannya hampir 1000 orang telah diselamatkan dari kapal yang terdampar dengan cara aparatur.

Meskipun Mamby menerima kredit untuk penemuan ini, desainer yang benar adalah agronom Perancis dan penemu, Jacques Joseph Ducarne de Blangy pada akhir abad kedelapan belas.

Manby juga membangun sebuah kapal yang tidak dapat tenggelam. Tes pertama memang terbukti, kapal mengambang ketika diisi dengan air sebagian besar. Tetapi, para pelaut (yang tidak menyukai Manby) mengguncang perahu bolak-balik sehingga kapalpun tenggelam.

Alat Pemadam Api dan Tombak penangkap ikan paus

Pada tahun 1813 Manby menemukan “Extincteur” (tabung pemadam), ¬†alat pemadam api portable pertama berupa tabung silinder berisi 3 galon pearl ash ( potassium carbonate ) dan udara terkompresi. Manby juga menemukan alat yang dimaksudkan untuk menyelamatkan orang-orang yang telah jatuh di es.

Pada tahun 1821 Manby berlayar ke Greenland dengan William Scoresby, untuk menguji tombak penangkap ikan paus tipe baru, berdasarkan prinsip-prinsip yang sama dengan mortar nya. Tetapi, perangkat itu disabotase oleh pemburu paus.

Manby menerbitkan buku sebagai Journal dari Voyage ke Greenland, yang berisi pengamatan pada flora dan fauna dari daerah Arktik serta praktek perburuan ikan paus.

Manby adalah orang pertama yang menganjurkan pemadam kebakaran nasional, dan dianggap oleh beberapa orang sebagai pendiri RNLI. Manby terpilih Fellow dari Royal Society pada tahun 1831 sebagai pengakuan atas berbagai prestasinya.

Baca Juga :  Biodata Tjokorda Raka Sukawati Penemu Tiang dan Landasan Putar Bebas Hambatan

Penutup

Itulah biodata George William Manby seorang penemu alat pemadam api pertamakali. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/George_William_Manby & Blog Penemu