Jawaban Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi

Jawaban Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi

Table of Contents

Jawaban Peristiwa Pembacaan Tekas Proklamasi – Hai sob, Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945. Sejak pagi, telah dilakukan persiapan di rumah Ir. Soekarno, untuk menyambut Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Banyak tokoh pergerakan nasional beserta rakyat berkumpul di tempat itu. Kali ini waca berita akan membahas Jawaban Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi yang ada pada buku siswa kelas 5 tema 7 sub tema 2 pembelajaran 1.

Jawaban Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi

Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan

Bangsa Indonesia pernah mengalami masa penjajahan cukup lama. Selama penjajahan, bangsa Indonesia mengalami penderitaan. Oleh karena itu, bangsa Indonesia semangat untuk melepaskan diri dari penjajah. Namun, usaha untuk memperoleh kemerdekaan ternyata tidak mudah. Indonesia harus melalui berbagai rintangan dan peristiwa sejarah yang perlu dicatat dan menjadi pelajaran bagi kehidupan bangsa.

Amatilah gambar pada halaman sebelumnya dan jawablah pertanyaanpertanyaan berikut.

Peristiwa apakah yang tampak pada gambar di atas?

Jawaban

Baca Juga :  Cara Menanam Durian, Raja Buah yang Banyak Disuka

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945

Adakah hubungan peristiwa pada gambar dan kemerdekaan bangsa Indonesia?

Jawaban

Hubungan antara peristiwa proklamasi dengan kemerdekaan Republik Indonesia sangatlah erat dan penting. Proklamasi merupakan tonggak sejarah perjalanan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Apakah dengan adanya peristiwa pada gambar, Negara Kesatuan Republik Indonesia terbentuk?

Jawaban

Belum, Kemerdekaan Republik Indonesia tidak hanya cukup dengan pembacaan naskah proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, namun harus melalui tahapan-tahapan lainnya yakni harus memiliki pemerintahan dan harus mendapat pengakuan dari negara lainnya.

Apakah dengan adanya di peristiwa pada gambar, bangsa dan negara Indonesia terbebas dari penjajahan?

Jawaban

Tidak, Indonesia harus tetap mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia karena Belanda melancarkan Agresi Militer Belanda 1 & 2 pada tahun 1947 & 1948.

Jawaban Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi

Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak hanya cukup dengan pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 Namun, terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui berbagai tahapan dan peristiwa.

Tahapan dan peristiwa memperkukuh terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saat ini pun, kita masih harus tetap mempertahankan kedaulatan negara.

Proklamasi menjadi peristiwa paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Proklamasi menjadi tonggak sejarah berdirinya bangsa Indonesia menjadi negara yang merdeka dan berdaulat. Proklamasi menjadikan bangsa Indonesia terlepas dari penjajahan. Proklamasi juga menjadi awal bagi bangsa Indonesia untuk menentukan nasibnya sendiri.

Pada akhir bulan Juli 1945, Jepang menyetujui pemberian kemerdekaan kepada Indonesia pada tanggal 7 September 1945. Namun, pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945, bom atom dijatuhkan Sekutu di kota Hiroshima dan Nagasaki. Peristiwa itu mendorong diubahnya tanggal pemberian kemerdekaan Indonesia menjadi 24 Agustus 1945.

Kemudian, pada tanggal 15 Agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Akibatnya, terjadi kekosongan kekuasaan di Indonesia. Kesempatan inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan. Bacalah bacaan berikut dengan saksama.

Jawaban Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi

Ayo Membaca

Peristiwa Pembacaan Teks
Proklamasi

Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945. Sejak pagi, telah dilakukan persiapan di rumah Ir. Soekarno, untuk menyambut Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Banyak tokoh pergerakan nasional beserta rakyat berkumpul di tempat itu.

Mereka ingin menyaksikan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Sesuai kesepakatan yang diambil di rumah Laksamana Maeda, para tokoh Indonesia menjelang pukul 10.30 waktu Jawa zaman Jepang atau pukul 10.00 WIB telah berdatangan ke rumah Ir. Soekarno. Mereka hadir untuk menjadi saksi pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Acara yang disusun dalam upacara di kediaman Ir. Soekarno itu, antara lain sebagai berikut.

  1. Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
  2. Pengibaran bendera Merah Putih.
  3. Sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi.
Baca Juga :  Unduh Logo HUT Kabupaten Rokan Hulu ke-23 Tahun 2022

Upacara Proklamasi Kemerdekaan berlangsung tanpa protokol. Latief Hendraningrat memberi aba-aba siap kepada semua barisan pemuda.Semua yang hadir berdiri tegak dengan sikap sempurna. Suasana menjadi sangat hening. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta dipersilakan maju beberapa langkah dari tempatnya semula. Ir. Soekarno mendekati mikrofon. Dengan suaranya yang mantap, Ir. Soekarno didampingi Drs. Moh. Hatta membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang telah diketik oleh Sayuti Melik. Berikut teks Proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik.

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkatsingkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia


Soekarno/Hatta

Pengibaran Bendera Merah Putih

Sesaat setelah pembacaan Proklamasi Kemerdekaan, dilanjutkan upacara pengibaran bendera Merah Putih. Bendera Sang Saka Merah Putih dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno. Suhud mengambil bendera dari atas baki (nampan) yang telah disediakan dan mengibarkannya dengan bantuan Shodanco Latief Hendraningrat. Kemudian, Sang Merah Putih mulai dinaikkan dan hadirin yang datang bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya. Bendera dinaikkan perlahan-lahan menyesuaikan syair lagu Indonesia Raya. Seusai pengibaran bendera Merah Putih, acara dilanjutkan sambutan dari Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi.

Ayo Berdiskusi

Berdiskusilah dengan teman sebangkumu mengenai bacaan di atas. Buatlah ulasan mengenai isi bacaan. Tuliskan pada kolom berikut.

Judul bacaan

Jawaban

Peristiwa Pembacaan Teks Proklasmai

Isi bacaan yang paling menarik

Jawaban

Sang Merah Putih mulai dinaikkan dan hadirin yang datang bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya. Bendera dinaikkan perlahan-lahan menyesuaikan syair lagu Indonesia Raya

Ayo Berlatih

Ayo, temukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan yang berjudul “Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi”. Kemudian, carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada guru, atau berdiskusi.

Perhatikan cara-cara menggunakan kamus.

  1. Pilihlah sebuah kata dari daftar kosakata barumu. Misalnya: proklamasi
  2. Bukalah kamusmu, carilah daftar kata-kata yang dimulai dengan huruf awal “p”. Ingat, setiap kata pada kamus selalu diurutkan berdasarkan urutan abjad.
  3. Dalam daftar kata yang berhuruf awal “p” itu, carilah daftar kata yang dimulai dengan “pr”.
  4. Carilah daftar kata yang dimulai dengan “pro”. Kata proklamasi akan kamu temukan di antara kata-kata itu. Selamat mencari!
Jawaban

Kosakata Baku : Proklamasi
Arti Kata : Sebuah pemberitahuan, pemakluman, pengumuman resmi kepada seluruh rakyat

Kosakata Baku : Upacara
Arti Kata : Perbuatan atau perayaan yang dilakukan atau diadakan sehubungan dengan peristiwa penting dan terkait pada aturan tertentu menurut adat atau agama

Kosakata Baku : Protokol
Arti Kata : Orang yang bertugas mengatur jalannya upacara

Kosakata Baku : Saksi
Arti Kata : Orang yang melihat sendiri, mengetahui sendiri, dan hadir sendiri dalam suatu peristiwa tertentu

Kosakata Baku : Laksamana
Arti Kata : Pangkat perwira tinggi peringkat kedua dalam angkatan laut, setaraf dengan jenderal TNI dalam angkatan darat, atau marsekal dalam angkatan udara.

Baca Juga :  Pilih satu bentuk iklan elektronik yang sudah kamu pelajari sebelumnya Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 59

Kosakata Baku : Zaman
Arti Kata : angka waktu yang panjang atau pendek yang menandai sesuatu, masa, waktu.

Kosakata Tidak Baku :Baki
Arti Kata : Tempat untuk menyajikan makanan atau minuman atau disebut nampan.

Kosakata Tidak Baku : Shodanco
Arti Kata : Sebuah pangkat golongan kemiliteran Jepang

Jawaban Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi

Ayo Menulis

Bacalah kembali bacaan Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi. Kemudian, tuliskan kembali peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia melalui kegiatan berikut.

Kapan teks Proklamasi Kemerdekaan dibacakan?

Jawaban:

Tanggal 17 Agustus 1945

Di mana teks Proklamasi dibacakan?

Jawaban:

Di rumah Laksamana Muda Maeda

Siapakah yang membuat dan membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan?

Jawaban:

Ir. Soekarno

Siapa sajakah tokoh yang hadir pada acara pembacaan teks Proklamasi?

Jawaban:

Ir. Soekarno, Drs. Moh Hatta

Apa saja susunan acara yang dilakukan pada pembacaan teks Proklamasi?

Jawaban:

Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan, Pengibaran bendera Merah Putih, dan sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi

Jawaban Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi

Kita tahu bahwa teks Proklamasi dibacakan pada pukul 10.00 WIB. Bagaimanakah kira-kira cuaca dan suhu udara pada saat itu? Apa yang kamu rasakan saat ini pada pukul yang sama, yaitu 10.00 WIB? Bagaimanakah suhu udara saat ini? Panas ataukah dingin?

Suhu udara yang kita rasakan sangat terpengaruh oleh sinar matahari. Jika intensitas sinar matahari tinggi, suhu udara pun akan tinggi. Sebaliknya, jika intensitas sinar matahari rendah, suhu udara pun akan rendah. Hal tersebut juga berkaitan dengan perpindahan kalor secara radiasi dari sinar matahari.

Ayo Membaca

Kalor Mengubah Suhu Benda Kalor didefinisikan sebagai energi panas yang dimiliki oleh benda. Secara umum, mengetahui adanya kalor yang dimiliki oleh benda dapat dilakukan dengan cara mengukur suhu benda tersebut. Jika suhu benda tinggi, kalor yang dikandung oleh benda juga besar. Sebaliknya, jika suhu benda rendah, kalor yang dikandung oleh benda juga kecil.

Kalor yang dimiliki oleh suatu benda bisa berubah-ubah. Bisa naik, bisa juga turun karena kalor dapat berpindah dari suhu tinggi menuju suhu rendah.

Contoh bahwa kalor dapat mengubah suhu benda: Air panas memiliki suhu tinggi. Air dingin memiliki suhu rendah. Apabila kedua air dicampur, campuran itu akan menghasilkan suhu baru. Suhu rendah akan meningkat karena menerima panas yang bersuhu tinggi.

Ayo Mencoba

PERCOBAAN

Menyelidiki Kalor Dapat Mengubah Suhu Benda
Alat

  1. Cerek
  2. Kompor

Bahan

  1. Air

Cara Kerja

  1. Tuangkan air ke dalam cerek.
  2. Letakkan cerek di atas kompor.
  3. Nyalakan kompor.
  4. Amati apa yang terjadi pada air.

Ceritakan pengalamanmu saat melakukan percobaan.

Jawaban

Saat air dipanaskan, air yang semula dingin (bersuhu rendah) menerima panas dari Api melalui Cerek .

Air menerima panas, lama-kelamaan air menjadi Panas (suhu meningkat).

Kesimpulan

Makin Besar energi panas yang diterima air, makin besar pula kenaikan Suhu pada air.

Ayo Mengamati

Ayo, amatilah peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang menunjukkan adanya perubahan suhu benda yang disebabkan kalor. Indentifikasi dengan cara menuliskan perubahan suhu benda yang disebabkan oleh kalor pada tabel berikut!

Jawaban

N0.Peristiwa Perubahan Suhu Karena Kalor
1.Besi yang dipanaskan di atas api kompor
2.Sendok menjadi panas saat digunakan mengaduk teh panas
3.Air dingin berubah menjadi mendidih saat dipanaskan
4.Panci dapat digunakan untuk memasak makanan saat dipanaskan di atas kompor
5.Tubuh terasa panas saat berada di bawah sinar matahari

Kesimpulan

Kemerdekaan seperti yang sekarang ini kita rasakan tidaklah terjadi begitu saja. Kemerdekaan terjadi melalui proses yang sangat panjang. Berbagai peristiwa, usaha, dan pengorbanan turut andil dalam mencapai kemerdekaan, khususnya peristiwa penyusunan dan pembacaan teks Proklamasi.

Tidak bisa dimungkiri bahwa peran dan jasa tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan sangatlah besar. Dengan segenap jiwa dan raga, mereka bersatu padu mempersiapkan proklamasi. Mereka bekerja sama, saling bahu-membahu, tanpa membedakan golongan.

Apakah sebagai generasi penerus bangsa, kamu akan merusak nilai-nilai perjuangan tersebut? Akankah kamu mampu meneruskan perjuangan tersebut? Apa yang dapat kamu lakukan untuk meneruskan perjuangan para pahlawan pendahulu? Ungkapkan pendapatmu!

Jawaban

Menurut pendapat saya, yang dapat saya lakukan untuk meneruskan perjuangan para pahlawan pendahulu adalah dengan menanamkan jiwa cinta tanah air, seperti dengan belajar sejarah perjuangan Indonesia dalam memperoleh kemerdekaan, belajar budaya dari daerah lain, menjaga persatuan dan kesatuan, serta bangga dengan bangsa sendiri

Demikianlah Pembahasan Mengenai Jawaban Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1. Semoga bermanfaat

Bacakan teks Proklamasi di depan orang tua dan anggota keluargamu yang lain. Selesai membaca teks Proklamasi, mintalah tanggapan kepada mereka dan tuliskan pada kolom berikut!

Jawaban

Saya sangat bangga terhadap anak saya. Dia sangat menjiwai dan juga sangat bersemangat sekali saat sedang membacakan teks Proklamasi. Intonasinya juga pas tidak terlalu tergesa-gesa.

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski