Biodata Giovanni Battista Venturi Penemu Efek Venturi

Biodata Giovanni Battista Venturi Penemu Efek Venturi

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Giovanni Battista Venturi seorang penemu efek venturi. Penasaran ingin tahu tentang penemu efek venturi, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Giovanni Battista Venturi :

Lahir : 15 Maret 1746 Bibbiano, Italia

Meninggal : 24 April 1822 (umur 76) Reggio Emilia

Kebangsaan : Italia

Dikenal atas : penemu efek venturi

 

Giovanni Battista Venturi ialah seorang fisikawan, cendekiawan, diplomat, sejarawan berkebangsaan Italia. Dia adalah penemu efek Venturi, yang dijabarkannya di tahun 1797 dalam karyanya yang berjudul “Recherches Experimentales sur le Principe de la Communication Laterale du Mouvement dans les Fluides applique a l’Explication de Differens Phenomenes Hydrauliques”, diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada tahun 1837 oleh Thomas Tredgold dengan judul “Experimental Inquiries Concerning the Principle of the Lateral Communication of a Motion in Fluids,” dalam buku Tracts on Hyraulics.

Berkat penemuannya namanya menjadi eponim untuk beberapa karya seperti tabung Venturi, meter aliran Venturi dan pompa Venturi.

Efek venturi

Efek venturi adalah penurunan tekanan fluida yang terjadi ketika fluida itu bergerak melalui pipa menyempit. Kecepatan fluida dipaksa meningkat untuk mempertahankan debit fluida yang sedang bergerak itu, sementara tekanan pada bagian sempit ini harus turun akibat pemindahan energi potensial tekanan menjadi energi kinetik.

Giovanni Battista Venturi lahir pada tanggal 15 Maret 1746 di Bibbiano, Italia, di provinsi Reggio Emilia, Giovanni hidup sejaman dengan Lagrange dan Laplace, dan belajar kepada Lazzaro Spallanzani.

Giovanni diangkat menjadi pendeta di tahun 1769 ketika Ia masih berumur 23 tahun, dan di tahun yang sama diangkat menjadi guru ilmu logika di sekolah tinggi keagamaan Reggio Emilia, sebuah sekolah tempat Ia dahulu mendapatkan pendidikan formal.

Baca Juga :  Biodata William Harvey Penemu Peredaran Darah dan Fungsi Jantung

Pada tahun 1774 Giovanni menjadi profesor ilmu geografi dan filsafat di Universitas Modena. Selanjutnya dia diangkat menjadi matematikawan kerajaan, insinyur negara, dan auditor di bawah naungan kerajaan Modena.

Giovanni adalah yang pertama untuk memperhatikan pentingnya Leonardo da Vinci sebagai seorang ilmuwan, bukan hanya sebagai seniman, di 1797 buku, Essai sur les ouvrages fisiko-mathématiques de Léonard de Vinci.

Sebagai seorang insinyur Giovanni bertanggungjawab menangani konstruksi jembatan, pembetulan saluran air, mengalirkan air untuk ladang, dan membentuk peraturan untuk konstruksi bendungan.

Pada tahun 1786 Giovanni menjadi guru besar di Universitas Modena, di sini dia mengorganisir laboratorium, melengkapi laboratorium itu dengan instrumen berkualitas.

Pada masa ini Giovanni mahir menyelesaikan proyek taman sejarah Modena, yang ditinggalkan oleh perancang sebelumnya Girolamo Tiraboschi.

Kematian

Giovanni Battista Venturi meninggal di Reggio Emilia pada tanggal 24 April 1822 pada umur 76 tahun.

Penutup

Itulah biodata Giovanni Battista Venturi seorang penemu efek venturi. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Wikipedia

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski