Biodata Glenn Theodore Seaborg Penemu Sepuluh Unsur Transuranium

Biodata Glenn Theodore Seaborg Penemu Sepuluh Unsur Transuranium

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Glenn T. Seaborg seorang penemu sepuluh unsur transuranium. Penasaran ingin tahu tentang penemu sepuluh unsur transuranium, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Glenn T. Seaborg :

Lahir : 19 April 1912, Ishpeming, Michigan

Meninggal : 25 Februari 1999 (umur 86) Lafayette, California
Kebangsaan : Amerika Serikat
Dikenal untuk : Kontribusiya sebagai bagian dari tim untuk sintesis, penemuan dan penyelidikan dari sepuluh unsur transuranium
Penghargaan : Nobel Kimia (1951), Perkin Medal (1957), Enrico Fermi Penghargaan (1959), Franklin Medal (1963), Willard Gibbs Penghargaan (1966), Medali Priestley (1979), Vannevar Bush Penghargaan (1988) , National Medal of Science (1991)
Glenn Theodore Seaborg adalah seorang ahli kimia asal Amerika yang terlibat dalam sintesis, penemuan dan penyelidikan dari sepuluh unsur transuranium yang membuatnya mendapatkan bagian dari hadiah nobel kimia tahun 1951.
Hasil karyanya tersebut menyebabkan pengembangan tentang konsep aktinida dan susunan seri aktinida dalam tabel periodik unsur.

Glenn menghabiskan sebagian besar karirnya sebagai seorang pendidik dan ilmuwan peneliti di University of California, Berkeley, menjabat sebagai profesor.

Antara tahun 1958 dan 1961 Glenn menjadi kanselir kedua universitas. Glenn menyarankan sepuluh Presiden AS – dari Harry S. Truman ke Bill Clinton – kebijakan nuklir dan Ketua Komisi Energi Atom Amerika Serikat 1961-1971, ia mendorong untuk energi nuklir komersial dan aplikasi ilmu nuklir damai.
Sepanjang karirnya, Glenn bekerja untuk pengawasan senjata. Glenn adalah seorang penandatangan Laporan Franck dan berkontribusi pada Uji Terbatas Ban Treaty, yakni Nuclear Non-Proliferation Treaty dan Comprehensive Test Ban Treaty . Glenn adalah seorang advokat terkenal pendidikan sains dan pendanaan federal untuk penelitian murni.
Menjelang akhir pemerintahan Eisenhower, Glenn adalah penulis utama Laporan Seaborg pada ilmu pengetahuan akademik, dan sebagai anggota Presiden Ronald Reagan ‘s Komisi Nasional Keunggulan dalam Pendidikan, dia adalah seorang kontributor kunci untuk 1983 laporan  “A Nation at Risk”.

Glenn adalah kepala sekolah atau co-penemu sepulu helements: plutonium, americium, curium, berkelium, californium, einsteinium, fermium, mendelevium, nobelium and Unsur 106, yang sementara ia masih hidup, bernama Seaborgium untuk menghormatinya.

Baca Juga :  Biodata Benjamin Franklin Penemu Penangkal Petir
Glenn juga menemukan lebih dari 100 atom isotop dan dikreditkan dengan kontribusi penting untuk plutonium kimia, awalnya sebagai bagian dari Proyek Manhattan di mana dia mengembangkan proses ekstraksi yang digunakan untuk mengisolasi bahan bakar plutonium untuk bom atom kedua.
Pada awal karirnya, Glenn adalah seorang pelopor dalam kedokteran nuklir dan menemukan elemen isotop dengan aplikasi penting dalam diagnosis dan pengobatan penyakit, terutama yodium-131, yang digunakan dalam pengobatan penyakit tiroid.
Selain karya teoretisnya dalam pengembangan konsep aktinida, yang menempatkan seri aktinida bawah lantanida seri pada tabel periodik, Glenn mendalilkan adanya unsur super berat di transactinide dan seri superactinide.

Setelah berbagi Hadiah Nobel Kimia tahun 1951 dengan Edwin McMillan , Glenn menerima sekitar 50 gelar doktor kehormatan dan banyak penghargaan dan kehormatan lainnya.

Daftar hal-hal yang dinamai Seaborg berkisar dari unsur atom untuk asteroid. Dia adalah seorang penulis produktif, menuliskan berbagai buku dan 500 artikel jurnal, sering bekerja sama dengan orang lain. Glenn pernah tercantum dalam Guinness Book of World Records sebagai orang dengan banyak masukan terpanjang Who’s Who in America. 

Kematian

Glenn Theodore Seaborg meninggal pada tanggal 25 Februari 1999 saat berumur 86 tahun di Lafayette, California.

Penutup

Itulah biodata Glenn T. Seaborg seorang penemu sepuluh unsur transuranium. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org