Biodata Gottlieb Wilhelm Daimler Penemu Mobil Dan Sepeda Motor

Biodata Gottlieb Wilhelm Daimler Penemu Mobil Dan Sepeda Motor

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Gottlieb Wilhelm Daimler seorang penemu mobil dan sepeda motor. Penasaran ingin tahu tentang penemu mobil dan sepeda motor, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Gottlieb Wilhelm Daimler :

Lahir :  17 Maret 1834, Schorndorf , Württemberg

Meninggal : 6 Maret 1900 (umur 65)

Kebangsaan :  Jerman

Pendudukan Engineer, industrialis, pelopor otomotif

Dikenal atas : Daimler Motoren-Gesellschaft (Daimler Motors Corporation, DMG)

 

Gottlieb Wilhelm Daimler (17 Maret 1834 – 6 Maret 1900) adalah seorang penemu dan pionir di bidang otomotif Jerman. Pada tahun 1890 Daimler berhasil mengembangkan mesin pembakaran internal, dan pada tahun 1883 Daimler menciptakan mesin yang bertenaga bensin, dan mematenkan mesin empat tak. Daimler membuat mobil pertama (bersama dengan Carl Friedrich Benz).

Pada tahun 1890, Daimler mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG). Dua puluh empat tahun setelah kematian Daimler, manajemen DMG menandatangani persetujuan kooperatif jangka panjang dengan Benz & Cie. milik Carl Benz, dan pada tahun 1926 kedua perusahaan itu bergabung untuk membentuk Daimler-Benz AG, yang kini bagian Daimler AG.

Motor pertama bermesin bensin

Pada tahun 1885, Gottlieb Daimler menciptakan sepeda motor pertama  bermesin bensin, merupakan mesin yang melekat pada sepeda kayu. Itu menandai momen dalam sejarah ketika pengembangan dual mesin bertenaga bensin yang layak dan sepeda modern.

Gottlieb Daimler memakai mesin yang telah diciptakan oleh insinyur, Nicolaus Otto. Otto menemukan “Four-Stroke Internal-Combustion Engine” pertama pada tahun 1876. Dia menyebutnya “Siklus Otto Mesin” Segera setelah dia menyelesaikan mesinnya, Daimler (mantan karyawan Otto) membangun sebuah sepeda motor. (Daimler bekerja sebagai direktur teknis Deutz Gasmotorenfabrik, yang dimiliki Nicolaus Otto co pada tahun 1872).

Baca Juga :  Biodata Thomas Davenport Penemu Motor Listrik Pertama Kali

Mobil roda empat pertama di dunia

Pada tahun 1885 Daimler-Maybach membuat mesin yang memiliki spesifikasi:  kecil, ringan, cepat, menggunakan karburator bensin injeksi, dan memiliki silinder vertikal. Ukuran, kecepatan, dan efisiensi dari mesin diperbolehkan untuk sebuah revolusi dalam desain mobil.

Pada tanggal 8 Maret 1886, Daimler mengambil sebuah stagecoach(perhentian) (dibuat oleh Wilhelm Wimpff & Sohn) dan diadaptasi untuk menahan mesinnya, kemudian dirancanglah mobil roda empat pertama di dunia.
Pada tahun 1889, Gottlieb Daimler menciptakan V-miring dua silinder, mesin empat-stroke dengan katup berbentuk jamur. Sama seperti mesin Otto yang dibuat 1876, mesin baru Daimler menetapkan dasar untuk semua mesin mobil masa depan.

Transmisi Empat Kecepatan

Pada tahun 1889, Daimler dan Maybach membangun mobil pertama mereka. mobil baru Daimler mempunyai transmisi empat percepatan dan memperoleh kecepatan 10 mph.

Daimler Motoren Gesellschaft

Pada tahun 1890 Gottlieb Daimler membangun Daimler Motoren Gesellschaft untuk memproduksi desainnya. Wilhelm Maybach berada di balik desain mobil Mercedes. Maybach akhirnya meninggalkan Daimler untuk membangun pabrik sendiri membuat mesin untuk Zeppelin airships.

Pada tahun 1894 diadakan balapan mobil pertama di dunia yang dimenangkan oleh mobil dengan mesin yang dibuat oleh Daimler. Gottlieb Daimler meninggal pada tanggal 6 Maret 1900 saat berusia 65 tahun.

Penutup

Itulah biodata Gottlieb Wilhelm Daimler seorang penemu mobil dan sepeda motor. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

baca juga : Biodata George Eastman Penemu Film Gulung

sumber : Biografi.Penemu

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski