Biodata Heinrich Rudolf Hertz Penemu Electric Charge Jump

Biodata Heinrich Rudolf Hertz Penemu Electric Charge Jump

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Heinrich Rudolf Hertz seorang penemu electric charge jump. Penasaran ingin tahu tentang penemu electric charge jump, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Heinrich Rudolf Hertz :

  • Lahir : 22 Februari 1857 Hamburg
  • Meninggal : 1 Januari 1894 (umur 36) Bonn, Germany
  • Tempat tinggal : Jerman
  • KebangsaanJerman
  • BidangFisika, Elektronika
  • Institusi University of Kiel, University of Karlsruhe, University of Bonn
  • Alma mater : University of Munich, University of Berlin
  • Dikenal atas : Radiasi Elektromagnetik, Efek fotolistrik

Heinrich Rudolf Hertz (22 Februari 1857 – 1 Januari 1894) ialah fisikawan asal  Jerman yang menemukan pengiriman energi listrik dari 2 titik (point) tanpa kabel (nirkabel). Penemuannya yang paling mutakhir adalah electric charge jump.

Namanya diabadikan dalam satuan frekuensi hertz.

Hertz adalah unit SI untuk frekuensi. Kata Hertz dipilih untuk menghargai jasa Heinrich Rudolf Hertz atas kontribusinya dalam bidang elektromagnetisme. Hertz menyatakan banyaknya gelombang dalam waktu satu detik (1 Hertz = 1 gelombang per detik). Unit ini dapat digunakan untuk mengukur gelombang apa saja yang periodik. Contoh: Frekuensi dari gerak bandul jam dinding adalah 1 Hz.

Heinrich Rudolf Hertz bersekolah di Institusi University of Kiel, University of Karlsruhe, University of Bonn. Almamaternya di University of Munich, University of Berlin. Dia seorang Pembimbing doktoral dari Hermann von Helmholtz. Dia juga dikenal atas penemuan tentang Radiasi Elektromagnetik dan Efek fotolistrik.

Heinrich Rudolf Hertz dianggap sebagai Tokoh yang paling berjasa dalam bidang Elektromagnetisme, cabang fisika tentang medan elektromagnetik yang mempelajari mengenai medan listrik dan medan magnet. Medan listrik dapat diproduksi oleh muatan listrik statik, dan dapat memberikan kenaikan pada gaya listrik. Medan magnet dapat diproduksi oleh gerakan muatan listrik, seperti arus listrik yang mengalir di sepanjang kabel dan memberikan kenaikan pada gaya magnetik.

Baca Juga :  Identifikasi jenis-jenis iklan elektronik dilihat dari isinya Sertakan gambar iklannya. Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 96

Istilah “elektromagnetisme” berasal dari kenyataan bahwa medan listrik dan medan magnet adalah saling “berpelintiran”/terkait, dan dalam banyak hal, sangat tidak mungkin untuk memisahkan keduanya. Contohnya, perubahan dalam medan magnet dapat memberikan kenaikan kepada medan listrik; yang merupakan fenomena dari induksi elektromagnetik, dan merupakan dasar dari operasi generator listrik, motor induksi, dan transformer.

Istilah elektrodinamika kadangkala digunakan untuk menunjuk kepada kombinasi dari elektromagnetisme dengan mekanika. Subjek ini berkaitan dengan efek dari medan elektromagnetik dalam sifat mekanika dari partikel yang bermuatan listrik.

Heinrich Rudolf Hertz meninggal di Bonn, Germany, pada tanggal 1 Januari 1894 saat berusia 36 tahun.

Penutup

Itulah biodata Heinrich Rudolf Hertz seorang penemu electric charge jump. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

baca juga : Biodata Heinrich Gobel Penemu Bola Lampu

Biodata Henrich Focke Penemu Propulsi Poros Turbo

sumber : wikipedia.org & Biografi Penemu

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski