Biodata Henry Louis Le Chatelier Penemu Prinsip Le Châtelier

Biodata Henry Louis Le Chatelier Penemu Prinsip Le Châtelier

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Henry Louis Le Chatelier seorang penemu prinsip Le Châtelier. Penasaran ingin tahu tentang penemu prinsip Le Châtelier, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Henry Louis Le Chatelier :

  • Lahir : 8 Oktober 1850 Paris, Perancis
  • Meninggal : 7 September 1936
  • Kebangsaan : Perancis
  • Orang tua : Louis Le Châtelier dan Louise Durand
  • Bidang : Kimia
  • Dikenal atas : Prinsip Le Châtelier 
  • Penghargaan terkemuka : Davy Medal (1916) 

Henry Louis Le Châtelier adalah seseorang  kimiawan asal Perancis yang berpengaruh dari akhir abad ke-19 dan awal abad 20. Pada tahun 1888 dia menerbitkan buku yang berjudul Recherches sur les Equilibre Chimiques (Penelitian Mengenai Kesetimbangan Kimia).

Dalam bukunya, Chatelier sukses merumuskan hubungan antara reaksi yang terjadi pada sistem kesetimbangan kimia dengan aksi atau pengaruh yang diberikan dari luar.

Hubungan yang lebih dikenal dengan asas yang diberi nama dengan namanya itulah yang lebih memopulerkan namanya, Asas itu berbunyi bahwa “apabila pada sistem kesetimbangan yang sedang berlangsung dilakukan suatu aksi, timbul reaksi dari sistem sehingga pengaruh aksi tersebut dapat diperkecil”.

Kehidupan awal

Henri Louis le Châtelier lahir pada tanggal 8 Oktober 1850 di Paris dan merupakan anak dari seorang insinyur Perancis Louis Le Châtelier dan Louise Durand.

Ayah Châtelier adalah seorang tokoh berpengaruh yang memainkan peran penting dalam lahirnya industri aluminium Perancis, pengenalan proses Martin-Siemens ke industri besi dan baja, dan munculnya transportasi kereta api. Ayah Le Châtelier yang sangat mempengaruhi masa depan anaknya.

Baca Juga :  Biodata Jack Kilby Penemu Sirkuit Terpadu (integrated circuit atau IC)

Le Chatelier ialah anak pertama dari enam bersaudara. Datang dari keluarga borjuis Katolik Roma. Le Chatelier mempunyai satu saudara perempuan (Marie) dan empat saudara (Louis, Alfred, George dan André).

Le Châtelier menghadiri College Rollin di Paris. Pada usia 19 tahun, setelah hanya satu tahun pengajaran di bidang teknik khusus, dia mengikuti jejak ayahnya dengan mendaftar di École polytechnique pada tanggal 25 Oktober 1869.

Le Châtelier menikah dengan Geneviève Nicolas. Mereka mempunyai tujuh anak, empat perempuan dan tiga anak laki-laki, lima di antaranya memasuki bidang ilmiah, dua hilang sebelum kematian Le Châtelier.

Karir

Le Châtelier memilih untuk mengajar kimia daripada mengejar karir di industri. Pada tahun 1887, dia diangkat sebagai kepala kimia umum untuk kursus persiapan dari École des Mines di Paris.

Le Châtelier gagal untuk mencoba mendapatkan posisi sebagai pengajar kimia di École polytechnique pada tahun 1884 dan pada tahun 1897 di College de France, Le Châtelier berhasil sebagai ketua kimia anorganik. Kemudian ia mengajar di universitas Sorbonne.

Di College de France, Le Châtelier mengajarkan: •Fenomena pembakaran (1898); •Teori saldo kimia, pengukuran tinggi suhu dan fenomena disosiasi (1898-1899); •Sifat campuran logam (1899-1900); •Paduan besi (1900-1901); •Metode umum kimia analitik (1901-1902); •Hukum-hukum umum dari kimia analitik (1901-1902); •Hukum-hukum umum mekanika kimia (1903); •Silica dan senyawanya (1905-1906); •Beberapa aplikasi praktis dari prinsip-prinsip dasar kimia (1906-1907); •Sifat logam dan beberapa paduan (1907).

Setelah empat kampanye gagal (1884, 1897, 1898 dan 1900), Le Châtelier terpilih untuk Académie des (Academy of Science) pada tahun 1907. Ia juga terpilih untuk Royal Swedish Academy of Sciences pada tahun 1907.

Baca Juga :  Biodata Tjokorda Raka Sukawati Penemu Tiang dan Landasan Putar Bebas Hambatan

Karya ilmiah

Le Châtelier paling dikenal untuk karyanya pada prinsip kesetimbangan kimia (prinsip Le Châtelier) dan pada berbagai kelarutan garam dalam larutan ideal. Dia menerbitkan tidak kurang dari tiga puluh paper tentang topik ini antara 1884 dan 1914.

Hasilnya pada tahun 1885 di Académie des ilmu di Paris, dia mempresentasikan kesetimbangan kimianya.
Le Châtelier juga melakukan penelitian yang luas pada metalurgi dan merupakan salah satu pendiri surat kabar teknis “La revue de Metallurgie.”

Bagian dari pekerjaan Le Châtelier yang dikhususkan untuk industri. Misalnya, dia adalah seorang insinyur konsultan untuk sebuah perusahaan semen, Société des chaux et ciments Pavin de Lafarge, yang sekarang dikenal sebagai Lafarge Cement.

Pada tahun 1887 Tesis doktornya didedikasikan untuk subjek mortir: Recherches expérimentales sur la konstitusi des mortiers Hydrauliques (Experimental Research pada Komposisi Hydraulic Mortar).

Pada tahun 1901 Le Chatelier  mencoba mengkombinasikan langsung dari dua gas nitrogen dan hidrogen pada tekanan 200 atm dan 600 ⁰ C di hadapan besi metalik.

Campuran gas dipaksa oleh kompresor udara menjadi bom Berthelot baja, di mana mereka dan katalis besi berkurang dipanaskan oleh platinum spiral [dari 4 “Henri Le Chatelier: Publikasinya,”. Seram. Abs., 16, (Oktober, 1937)].

Sebuah ledakan hebat terjadi dan hampir membunuh seorang asisten. Beberapa waktu kemudian Le Chatelier menemukan bahwa ledakan itu disebabkan oleh adanya udara dalam peralatan yang digunakan.

Dalam waktu kurang dari lima tahun kemudian, Haber dan Claude berhasil memproduksi amonia dalam skala komersial. Menjelang akhir hidupnya, Le Chatelier menulis, “Aku membiarkan penemuan sintesis amonia menyelinap melalui tangan saya. Itu adalah kesalahan terbesar dalam karir ilmiah saya”

Baca Juga :  Biodata Seki Takakazu Penemu Determinan

Prinsip Le Châtelier

 ”Prinsip Le Châtelier menyatakan bahwa sistem selalu bertindak untuk menentang perubahan kesetimbangan kimia; untuk mengembalikan keseimbangan, sistem akan mendukung jalur kimia untuk mengurangi atau menghilangkan gangguan untuk menstabilkan kembali kesetimbangan termodinamika.”

Dengan kata lain, Jika sistem kimia pada kesetimbangan mengalami perubahan konsentrasi, suhu atau tekanan total, kesetimbangan akan bergeser untuk meminimalkan perubahan itu.

Hukum kualitatif ini memungkinkan seseorang untuk membayangkan perpindahan dari kesetimbangan reaksi kimia.

Sebagai contoh: Perubahan konsentrasi reaksi dalam kesetimbangan untuk persamaan berikut:

N 2 (g) + 3H 2 (g)  2NH 3 (g)

Jika salah satu meningkatkan tekanan reaktan (Nitrogen, N 2 dan Hidrogen, H 2) reaksi akan cenderung bergerak ke arah produk untuk mengurangi tekanan reaksi.

Namun mempertimbangkan contoh lain: Dalam proses kontak untuk produksi asam sulfat, tahap kedua adalah reaksi reversibel:

2SO 2 (g) + O 2 (g)  2SO 3 (g)

Reaksi maju adalah eksotermik dan reaksi reverse endotermik. Dilihat oleh prinsip Le Chatelier jumlah yang lebih besar dari energi panas dalam sistem akan mendukung reaksi endotermik sebaliknya, karena hal ini akan menyerap energi meningkat, dengan kata lain kesetimbangan akan bergeser ke reaktan untuk menghilangkan stres panas yang ditambahkan.

Untuk alasan yang sama, suhu yang lebih rendah akan mendukung reaksi eksotermis maju, dan menghasilkan lebih banyak produk. Ini bekerja dalam kasus ini, karena kehilangan reaksi entropi menjadi kurang eksotermik dengan meningkatnya suhu, Namun reaksi yang menjadi lebih eksotermik dengan meningkatnya suhu tampaknya akan melanggar prinsip ini.

Penutup

Itulah biodata Henry Louis Le Chatelier seorang penemu prinsip Le Châtelier. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Blog.Penemu