Biodata James Watt Penemu Mesin Uap

Biodata James Watt Penemu Mesin Uap

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata James Watt seorang penemu mesin uap. Penasaran ingin tahu tentang penemu mesin uap, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata James Watt :

  • lahir :19 Januari 1736 Greenock , Renfrewshire , Skotlandia
  • Meninggal 25 Agustus 1819 (umur 83) Handsworth , Birmingham , Inggris
  • Tempat tinggalGlasgow , Skotlandia , kemudian Handsworth , Inggris
  • KebangsaanSkotlandia
  • orang tua : James Watt, Agnes Muirhead
  • Pasangan : Ann MacGregor (m. 1777–1819), Margaret Miller (m. 1764–1772)
  • Anak : Gregory Watt, James Watt Junior, Janet Watt, Margaret Watt.
  • Dikenal atas : Mesin uap Watt , kondensor terpisah , gerak paralel , Sun dan planet gigi (dengan William Murdoch ) , Gubernur sentrifugal , Diagram indikator (dengan John Southern ), James Watt

James Watt (19 Januari 1736 – 19 Agustus 1819) adalah seorang insinyur besar dari Skotlandia, Britania Raya. Pada awal James Watt tertarik dengan mesin uap karena memperhatikan mesin uap buatan Newcome yang kurang efisien. Lalu dia terus melakukan beberapa percobaan dan penelitian. Watt berhasil menciptakan mesin uap pertama yang efisien.

Ternyata mesin uap ini merupakan salah satu kekuatan yang mendorong terjadinya Revolusi Industri, khususnya di Britania dan Eropa pada umumnya. Untuk menghargai jasanya, nama belakangnya yaitu watt digunakan sebagai nama satuan daya, misalnya daya mesin dan daya listrik.

kehidupan Awal

James Watt lahir pada tanggal 19 Januari 1736 di Greenock , Renfrewshire , sebuah pelabuhan di Firth of Clyde. Ayahnya berprofesi sebagai pembuat kapal , pemilik kapal dan kontraktor, dan menjabat sebagai kota Kepala Baillie , sementara ibunya, Agnes Muirhead, datang dari keluarga terhormat dan berpendidikan. kakek Watt, Thomas Watt, adalah seorang guru matematika dan Baillie ke Baron dari Cartsburn .

Baca Juga :  Biodata Charles Brace Darrow Penemu Permainan Monopoli

Saat Watt berusia delapan belas tahun, ibunya meninggal dan kesehatan ayahnya mulai terganggu. Watt melakukan perjalanan ke London untuk belajar instrumen  selama setahun, lalu kembali ke Skotlandia, menetap di kota komersial utama Glasgow berniat membangun bisnisnya pembuatan instrumen sendiri.

Watt diselamatkan dari kebuntuan oleh kedatangan instrumen astronomi di University of Glasgow , instrumen yang membutuhkan perhatian ahli.  Instrumen ini akhirnya dipasang di Observatorium Macfarlane . Selanjutnya tiga profesor menawarinya kesempatan untuk mendirikan sebuah bengkel kecil di lingkungan universitas. Ini dimulai pada tahun 1757 dan dua profesor, fisikawan dan kimiawan Joseph Black serta terkenal Adam Smith , menjadi teman Watt.

Pada tahun 1759 Watt membentuk kemitraan dengan John Craig, seorang arsitek dan pengusaha, untuk memproduksi dan menjual lini produk termasuk alat musik dan mainan. Kemitraan ini berlangsung selama enam tahun ke depan, dan mempekerjakan hingga enam belas pekerja. Craig meninggal pada 1765. Satu karyawan, Alex Gardner, akhirnya mengambil alih bisnis, yang berlangsung dalam abad kedua puluh.

Pada tahun 1764, Watt menikahi sepupunya Margaret (Peggy) Miller, dan dikaruniai lima anak, dua di antaranya hidup sampai dewasa: James Jr (1769-1848) dan Margaret (1767-1796). Istrinya meninggal saat melahirkan pada tahun 1772.

Pada tahun 1777 Watt menikah lagi, dengan Ann MacGregor, putri seorang Glasgow dye-maker, dan di karuniai dua anak: Gregory (1777-1804), yang menjadi seorang ahli geologi dan mineralogi,  dan Janet (1779-1794). Ann meninggal pada 1832. Antara 1777 dan 1790 dia tinggal di Regent Place, Birmingham.

Penemuan mesin uap

James Watt menjadi tertarik dengan  mesin uap di tahun 1764 saat dia sedang membetulkan mesin ciptaan Newcomen. Meskipun Watt cuma mendapat pendidikan setahun sebagai tukang pembuat perkakas, tetapi dia punya bakat pencipta yang besar.

Penyempurnaan-penyempurnaan yang dilakukannya terhadap mesin buatan Newcomen begitu penting, sehingga layaklah menganggap sesungguhnya Watt lah pencipta pertama mesin uap yang praktis.

Keberhasilan Watt pertama yang dipatenkannya di tahun 1769 adalah penambahan ruang terpisah yang diperkokoh. Dia juga membuat isolasi pemisah untuk mencegah menghilangnya panas pada silinder uap, dan di tahun 1782 dia menemukan mesin ganda.

Baca Juga :  Biodata Al-Nairizi, Penghitung Arah Ka'bah di Mekah dengan Fungsi Tangen

Dengan beberapa perbaikan kecil, pembaruan ini menghasilan peningkatan efisiensi mesin uap dengan empat kali lipat atau lebih. Dalam praktek, peningkatan efisiensi ini memang merupakan hasil dari suatu kecerdasan namun tidaklah begitu merupakan peralatan yang bermanfaat dan bukan pula punya kegunaan luar biasa dilihat dari sudut industri.

Pada tahun 1781 Watt juga menemukan seperangkat gerigi untuk mengubah gerak balik mesin sehingga menjadi gerak berputar. Alat ini meningkatkan secara besar-besaran penggunaan mesin uap.

Watt juga sukses menciptakan pengontrol gaya gerak melingkar otomatis pada tahun 1788, yang menyebabkan kecepatan mesin dapat secara otomatis diawasi.

Pada tahun 1790 Watt Juga menciptakan alat pengukur bertekanan, alat penghitung kecepatan, alat petunjuk dan alat pengontrol uap sebagai tambahan perbaikan lain-lain peralatan.

Watt sendiri tidak punya bakat bisnis. Tetapi, di tahun 1775 dia melakukan kerjasama dengan Matthew Boulton, seorang insinyur, dan seorang pengusaha yang cekatan. Selama dua puluh lima tahun sesudah itu, perusahaan Watt dan Boulton memproduksi sejumlah besar mesin uap dan keduanya menjadi kaya raya.

Pesatnya revolusi industri

Mesin uap juga mempunyai manfaat yang besar di bidang-bidang lain. Di tahun 1783, Marquis de Jouffroy di Abbans berhasil menggunakan mesin uap untuk penggerak kapal. Di tahun 1804, Richard Trevithick menciptakan lokomotif uap pertama.

Tak satu pun dari model-model pemula itu berhasil secara komersial. Dalam tempo beberapa puluh tahun, barulah baik kapal maupun kereta api menghasilkan revolusi baik di bidang pengangkutan darat maupun laut.

Revolusi Industri berlangsung hampir bersamaan dengan Revolusi Amerika maupun Perancis. Meskipun waktu itu tampaknya sepele, kini tampak jelas betapa Revolusi Industri itu seakan digariskan mempunyai makna jauh lebih penting ketimbang arti penting revolusi politik. James Watt, oleh sebab itu tergolong salah seorang yang punya pengaruh penting dalam sejarah.

Baca Juga :  Biodata Charles Goodyear Penemu Sisir Berbahan Karet

Watt Penemu paling berpengaruh di dunia

Permintaan mesin uap milik James Watt datang dengan cepat dari pabrik kertas, pabrik tepung, pabrik kapas, pabrik besi, penyulingan, kanal, dan pengairan.

Menurut Biografi James Watt yang dikutip dari Britannica diketahui bahwa pada tahun 1790, James Watt menjadi orang kaya berkat temuannya. Dia kemudian menerima royalti £ 76.000 atas hak patennya. Namun, mesin uap tidak menyerap semua perhatiannya.

James Watt menjadi Ilmuwan anggota Lunar Society di Birmingham, Inggris. Watt bereksperimen pada kekuatan material, dan dia sering terlibat dalam proses hukum untuk melindungi hak patennya.

Penghargaan Watt

Pada tahun 1785 James Watt dan Boulton terpilih sebagai anggota Royal Society of London. Setelah sukses, James Watt kemudian mulai berlibur, membeli perkebunan di Doldowlod, Radnorshire, dan sejak tahun 1795 dan seterusnya secara bertahap menarik diri dari bisnis mesin uapnya.

Pada tahun 1794, James Watt kemudian mendirikan firma baru yang bernama Boulton & Watt. Dia juga membangun Soho Foundry untuk memproduksi mesin uap dengan lebih kompetitif.

Prestasi James Watt sangat diakui selama masa hidupnya. Dia diangkat menjadi doktor hukum di Universitas Glasgow, Skotlandia pada tahun 1806. Dia menjadi ilmuwan asing di Akademi Ilmu Pengetahuan Prancis pada tahun 1814. Sempat ditawari gelar baronet, namun ditolaknya.

Kematian Watt

James Watt, Penemu mesin uap sekaligus tokoh penting yang berhasil merevolusi industri di Inggris serta dunia ini akhirnya meninggal pada usia 83 tahun.

Watt meninggal karena penyakit TBC yang dia derita. James Watt meninggal pada tanggal 25 August 1819 di Birmingham, Inggris. Dalam biografi James Watt diketahui bahwa jasadnya dimakamkan di halaman Gereja St. Mary, Handsworth, di Birmingham.

Penutup

Itulah biodata James Watt seorang penemu mesin uap. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

baca juga : Biodata Jacques Charles Penemu Balon Hidrogen

sumber : Biografi.Penemu & Biografiku