Biodata John Ericsson Penemu Baling-Baling

Biodata John Ericsson Penemu Baling-Baling

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata John Ericsson seorang penemu baling-baling. Penasaran ingin tahu tentang penemu baling-baling, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata John Ericsson :

Lahir : 31 Juli 1803, Långbanshyttan

Meninggal : 8 Maret 1889, New York, Amerika

Orang tua : Olaf Ericsson

Penghargaan : Hadiah Rumford

Saudara kandung : Nils Ericson

Keponakan Laki-Laki : Carl Ericson, John Ericson

 

John Ericsson (31 Juli 1803 – 8 Maret 1889) adalah seorang Penemu berkebangsaan Swedia-Amerika, yang aktif di Inggris dan Amerika Serikat. Ericssondianggap sebagai salah satu insinyur mekanik yang paling besar lengan berkuasa yang pernah.

John Ericsson lahir pada tanggal 31 Juli 1803, di Långbanshyttan. Di Amerika Ericsson merancang pertamakali screw-propelled steam-frigate USS Princeton Angkatan maritim AS.

John Ericsson menemukan baling-baling pada tahun 1837 yang dipakai untuk menjalankan kapal atau pesawat terbang.

Baling-baling ini memindahkan tenaga dengan mengkonversi gerakan rotasi menjadi daya dorong untuk menggerakkan sebuah kendaraan menyerupai pesawat terbang, kapal atau kapal selam untuk melalui suatu massa menyerupai air atau udara, dengan memutar dua atau lebih bilah kembar dari sebuah poros utama.

Bilah-bilah dari sebuah propeler berperan sebagai sayap berputar, dan memproduksi gaya yang mengaplikasikan Prinsip Bernoulli dan Hukum gerak Newton, menghasilkan sebuah perbedaan tekanan antara permukaan depan dan belakang bilah tersebut.

John Ericsson lalu meningkatkan desain kapal dengan baling-baling dua sekrup yang bergerak dalam arah yang berbeda (teknologi ini sebagai tes awal terhadap teknologi yang memakai satu sekrup).

Kemudian, Admiralty menyetujui penemuannya, lalu kapten Amerika, Robert Stockton mendorong Ericsson untuk merancang kapal dengan baling-baling untuknya dan mengundangnya untuk membawa penemuannya ke Amerika Serikat.

Baca Juga :  Biodata John Harrison Penemu Kronometer Laut

Robert Stockton beropini bahwa penemuan John Ericsson akan lebih diterima di AS. Akhirnya, Ericsson pindah ke New York pada tahun 1839.

Pembuatan USS Princeton

Saat diluncurkan pertama kali, Princeton sangat sukses besar. Pada tanggal 20 Oktober 1843, memenangkan uji kecepatan terhadap kapal uap SS Great Western, hingga ketika itu dianggap sebagai kapal tercepat yang mengapung.

Sayangnya, ketika demonstrasi penembakan pistol Stockton, bab belakang kapal pecah dan menewaskan Sekretaris Negara Abel P. Upshur dan Sekretaris Angkatan Laut Thomas Walker Gilmer, serta enam orang lainnya. Akibatnya John Ericsson disalahkan dalam insiden ini

Kematian

John Ericsson meninggal dunia pada tanggal 8 Maret 1889, di New York, Amerika.

Penutup

Itulah biodata John Ericsson seorang penemu baling-baling. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/John_Ericsson

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski