Biodata John Gorrie Penemu Air Conditioning (AC) Pertama

Biodata John Gorrie Penemu Air Conditioning (AC) Pertama

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata John Gorrie seorang penemu air conditioning (AC) pertama. Penasaran ingin tahu tentang penemu air conditioning (AC) pertama, simak penjelasannya berikut ini.

John Gorrie adalah seorang dokter, ilmuwan, penemu, dan kemanusiaan. Gorrie lahir di Pulau Nevis pada tanggal 3 Oktober 1803, ia menghabiskan masa kecilnya di Carolina Selatan.

Gorrie mendapat pendidikan medis di College of Physicians dan Surgeons Distrik Barat New York di Fairfield, New York . Pada tahun 1833, Gorrie pindah ke Apalachicola , Florida , sebuah kota pelabuhan di Teluk pantai.

Selain sebagai dokter penduduk di dua rumah sakit, Gorrie aktif di masyarakat. Pada berbagai kesempatan ia menjabat sebagai anggota dewan, Postmaster, Presiden Bank of Pensacola di Apalachicola Branch, Sekretaris Masonic Lodge, dan merupakan salah satu vestrymen pendiri Gereja Trinity Episcopal.

Penelitian medis Dr Gorrie yang terlibat studi tentang penyakit tropis. Sebuah teori menyebutkan bahwa udara yang buruk menyebabkan penyakit adalah hipotesis lazim dan berdasarkan teori ini, ia mendesak pengeringan rawa-rawa dan pendinginan sickrooms.

Untuk itu Gorrie mendinginkan kamar dengan es dalam baskom yang digantung di langit-langit. Udara dingin, menjadi lebih berat, mengalir turun di seluruh pasien dan melalui sebuah lubang di dekat lantai.

Karena es harus dibawa dengan perahu dari danau utara, Gorrie bereksperimen dengan membuat es buatan.
Setelah tahun 1845, Gorrie melepaskan praktek medisnya untuk mengejar proyek pendinginan.

mesin es John Gorrie

Pada tanggal 6 Mei 1851, Gorrie diberikan Paten No 8080 untuk sebuah mesin Pembuat es. Model asli dari mesin ini dan artikel ilmiah yang ditulisnya berada di Smithsonian Institution.

Baca Juga :  Biodata Fuad Effend Penemu Pupuk Alami dari Air Liur

Gorrie berusaha untuk mengumpulkan uang untuk memproduksi mesinnya, tetapi usaha itu gagal ketika istrinya meninggal. Gorrie meninggal dalam pengasingan pada tanggal 29 Juni 1855. Ia dimakamkan di Gorrie Square Apalachicola.

Atas jasa Gorrie, saat ini AC sudah digunakan disemua sektor, tidak hanya industri saja tetapi juga sudah di perkantoran dan perumahan dengan berbagai macam bentuk, dari mulai yang besar hingga yang kecil. Semuanya masih berfungsi sama yaitu untuk mendinginkan suhu ruangan.

Sejarah Penemu Air Conditioning (AC)

Tekhnik pendinginan sudah ada sejak jaman Romawi yaitu dengan membuat penampung air yang mengalir di dalam dinding rumah sehingga menurunkan suhu ruangan, namun saat itu hanya orang tertentu saja yang bisa menggunakannya sebab biaya membangunnya sangatlah mahal karena membutuhkan air dan juga bangunan yang tidak biasa. Hanya para raja dan orang kaya saja yang dapat membangunnya.

Baru pada tahun 1820 ilmuwan Inggris bernama Michael Faraday menemukan cara baru mendinginkan udara dengan menggunakan Gas Amonia dan pada tahun 1842 seorang dokter menemukan cara mendinginkan ruangan dirumah sakit Apalachicola yang berada di Florida Ameika Serikat.

Dr.John Gorrie adalah yang menemukannya dan ini adalah cikal bakal dari tehnologi AC (air conditioner) tetapi sayangnya sebelum sempurna beliau sudah meninggal pada tahun 1855.

Willis Haviland Carrier seorang Insinyur dari New York Amerika yang juga terkenal dengan sebutan penemu AC moderen telah menyempurnakan penemuan dari Jhon Gorrie, namun AC ini digunakan bukan untuk kepentingan atau kenyamanan manusia melainkan untuk keperluan percetakan dan industri lainnya.

Penggunaan AC untuk perumahan baru dikembangkan pada tahun 1927 dan pertama dipakai disbuah rumah di Mineapolis, Minnesota.

Baca Juga :  Biodata Galileo Galilei Penemu Termometer Pertamakali

Penutup

Itulah biodata John Gorrie seorang penemu air conditioning (AC) pertama. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski