Biodata Joseph Black Penemu Magnesium, Panas laten, Panas Spesifik, dan Karbon Dioksida

Biodata Joseph Black Penemu Magnesium, Panas laten, Panas Spesifik, dan Karbon Dioksida

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Joseph Black seorang penemu magnesium, panas laten, panas spesifik, dan karbon dioksida. Penasaran ingin tahu tentang penemu magnesium, panas laten, panas spesifik, dan karbon dioksida, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Joseph Black :

  • Lahir : 16 April 1728 Bordeaux, Prancis 
  • Meninggal : 6 Desember 1799 Edinburgh, Skotlandia
  • Kebangsaan : Skotlandia 
  • Bidang : Kedokteran, fisika, dan kimia
  • Alma mater : University of Glasgow, University of Edinburgh
  • Dikenal atas : penemu magnesium, panas laten, panas spesifik, dan karbon dioksida

 

Joseph Black adalah seorang dokter dan ahli kimia asal Skotlandia, yang dikenal karena penemuan magnesium, panas laten, panas spesifik, dan karbon dioksida.

Joseph adalah Profesor Anatomi dan kimia di University of Glasgow selama 10 tahun sejak 1756, Profesor Kedokteran dan kimia di University of Edinburgh dari tahun 1766, ia mengajar di sana selama lebih dari 30 tahun.

Joseph merupakan seorang guru yang terkenal. Sebagian besar muridnya di Glasgow mengikuti dia ke Edinburg ketika pindah pada tahun 1766. Joseph banyak melakukan penelitian pada magnesia alba dan efek dari kalor.

Awal kehidupan

Joseph Black lahir pada tanggal 16 April 1728 di Bordeaux, Prancis. Ayahnya berasal dari Belfast, Irlandia yang terlibat dalam perdagangan anggur. Ibunya berasal dari Aberdeenshire, Skotlandia yang juga merupakan keturunan dari keluarga pebisnis anggur. Joseph Black mempunyai dua belas bersaudara.

Pendidikan

Saat berumur 12 tahun, Josep dikirim ke sekolah di Belfast untuk mempelajari bahasa Latin dan Yunani. Empat tahun kemudian, Josep masuk Glasgow University pada tahun 1744 untuk mempelajari seni.

Baca Juga :  Berbagai Jenis Pepaya Favorit di Indonesia

Setelah empat tahun mempelajari seni, ayahnya menyarankan pada Joseph untuk mempelajari sesuatu yang lebih berguna, dan karena itu dia memilih kedokteran.

Josep menjadi Asisten William Cullen, Profesor Kedokteran yang pada tahun 1747 mempunyai institusi yang mengajarkan kimia.

Joseph Blach pindah ke Edinburg pada tahun 1752 untuk melanjutkan pendidikan dokternya dan pada bulan Juni 1754 mempresentasikan disertasinya, On the Acid Humour Arising from Food and Magnesia alba.

Tesisnya berurusan dengan pronsip magnesia sebagai antasid. Dua tahun kemudian, Josep kembali ke Glasgow sebagai Profesor Anatomi dan Botani dan memberikan kuliah Kimia ketika William Cullen ditunjuk sebagai Profesor Kedokteran di Edinburg.

Penelitian

Joseph Black memulai penelitian mengenai sifat kimia magnesia alba (magnesium karbonat) dan menemukan sesuatu yang disebutnya dengan fixed air (karbon dioksida).

Eksperimen ini melibatkan pengukuran gravimetrik pertama yang dilakukan dengan sangat hati-hati pada suatu perubahan ketika magnesia alba (dengan melepaskan CO2) dan bereaksi menghasilkan produk berupa asam atau basa.

Hal ini memberikan pertanda pada penelitian Lavoisier dan membuat pondasi pada kimia modern. Sekembalinya ke Glasgow, sebagai profesor pada tahun 1756, Joseph bertemu James Watt (penemu mesin uap) dan memulai bekerja mengembangkan kalor laten, dan bagian pertama dari kalorimetri.

Penelitiannya melibatkan aspek kuantitatif, yang menjadikannya jalan untuk penemuannya, terutama pengukuran kalor. Karena dia tinggal di Glasgow, Joseph melakukan eksperimen pada proses pembekuan dan pendidihan air dan campuran air-alk0h0l yang mengawalinya pada konsep kalor laten leburan.

Joseph Black melakukan penelitian yang sama untuk kalor laten penguapan, yang merupakan awal dari konsep kapasitas kalor atau kalor spesifik.

Es kalorimeter pertama di dunia, yang digunakan pada musim dingin tahun 1782-1783, oleh Antoine Lavoisier dan Pierre-Simon Laplace, untuk menentukan panas berkembang di berbagai perubahan kimia, perhitungan yang didasarkan pada penemuan sebelumnya yakni Joseph Black dari panas laten.

Baca Juga :  Biodata Eugène Anatole Demarçay Penemu Europium

Kematian

Kesehatan Joseph Black tidak selalu baik, dia menderita masalah pada paru-paru yang dideritanya dari semasa muda dan rematik pada akhir masa hidupnya.

Joseph Black menjadi seorang vegetarian pada akhir masa hidupnya dan mengalami kekurangan vitamin D sejak dia pindah negara.

Joseph Black meninggal dengan tenang di rumahnya di Edinburgh pada tanggal 6 Desember 1799 pada usia 71 tahun dan dimakamkan di Greyfriars Kirkyard.

Pada tahun 2011 peralatan ilmiah diyakini milik Joseph Black ditemukan selama penggalian arkeologi di University of Edinburgh

Penutup

Itulah biodata Joseph Black seorang penemu magnesium, panas laten, panas spesifik, dan karbon dioksida. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : (Sumber)

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski