Biodata Louis Victor duc de Broglie Penemu Sifat Gelombang Elektron

Biodata Louis Victor duc de Broglie Penemu Sifat Gelombang Elektron

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Louis Victor duc de Broglie seorang penemu sifat gelombang elektron. Penasaran ingin tahu tentang penemu sifat gelombang elektron, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Louis Victor duc de Broglie :

  • Lahir : 15 Agustus 1892 Dieppe, Prancis
  • Meninggal : 19 Maret 1987 (umur 94) Louveciennes, Prancis
  • Kebangsaan : Prancis
  • Bidang : Fisika
  • Lembaga : Sorbonne, Universitas Paris
  • Almamater : Sorbonne
  • Dikenal atas : Sifat gelombang elektron, Teori De Broglie-Bohm, panjang gelombang de Broglie
  • Penghargaan : Penghargaan Nobel dalam Fisika (1929), Kalinga Prize (1952)

 

Louis Victor duc de Broglie adalah ahli fisika murni asal Perancis, penemu sifat gelombang elektron, pengarang, guru besar, doktor, pemenang Hadiah Nobel dalam Fisika (1929), anggota Lembaga Ilmu Pengetahuan Prancis dan bangsawan Inggris.

Louis de Broglie ialah seorang fisikawan berkebangsaan Perancis yang membuat kontribusi inovatif untuk teori kuantum. Dalam tesis PhD 1924 ia mendalilkan sifat gelombang elektron dan menyarankan bahwa semua materi memiliki sifat gelombang. Konsep ini dikenal sebagai Dualitas gelombang-partikel atau hipotesis de Broglie.

Sifat seperti gelombang partikel ditemukan oleh de Broglie dan digunakan oleh Erwin Schrodinger dalam perumusan tentang gelombang mekanik.

Louis de Broglie adalah anggota keenam belas terpilih untuk menduduki kursi 1 dari française Académie pada tahun 1944, dan menjabat sebagai Perpetual Sekretaris Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis.

Biografi

De Broglie lahir dari keluarga bangsawan di Dieppe, Seine-Maritime, anak bungsu dari Victor, 5 duc de Broglie. Dia menjadi 7duc de Broglie setelah kematian tanpa pewaris pada tahun 1960 dari kakaknya, Maurice, 6 duc de Broglie, juga ahli fisika.

Baca Juga :  Biodata Otto von Guericke Penemu Pompa Udara (Kompresor)

De Broglie tidak menikah. Ketika ia meninggal di Louveciennes, ia digantikan sebagai adipati oleh sepupu jauh, Victor-François, 8 duc de Broglie.

De Broglie dan rekan-rekannya berniat berkarir di humaniora, dan menerima gelar pertamanya di sejarah. meskipun setelah itu  ia mengalihkan perhatiannya terhadap matematika dan fisika dan menerima gelar di bidang fisika.

Dengan pecahnya Perang Dunia Pertama pada tahun 1914, De Broglie menawarkan jasanya kepada tentara dalam pengembangan radio komunikasi.

Teori penting

Pada tahun 1924, tesis doktoralnya mengemukakan usulan bahwa benda yang bergerak mempunyai sifat gelombang yang melengkapi sifat partikelnya.

Dua tahun kemudian Erwin Schrodinger  menggunakan konsep gelombang de Broglie untuk mengembangkan teori umum yang dipakai olehnya bersama dengan ilmuwan lain untuk menjelaskan berbagai gejala atomik.

Keberadaan gelombang de Broglie dibuktikan dalam eksperimen difraksi berkas elektron pada tahun 1927 dan pada tahun 1929 ia menerima Hadiah Nobel Fisika.

Dalam karir terakhirnya, de Broglie bekerja untuk mengembangkan penjelasan kausal dari gelombang mekanik, bertentangan dengan model probabilistik yang mendominasi teori mekanik kuantum, itu disempurnakan oleh David Bohm pada 1950-an.

Sejak itu Teori itu dikenal sebagai teori De Broglie-Bohm. Selain karya ilmiah, de Broglie berpikir dan menulis tentang ilmu filsafat, termasuk nilai penemuan-penemuan ilmiah modern.

Kematian

Louis Victor duc de Broglie meninggal dunia pada tanggal 19 Maret 1987  pada umur 94 tahun di Louveciennes, Prancis.

Penutup

Itulah biodata Louis Victor duc de Broglie seorang penemu sifat gelombang elektron. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : (en.wikipedia.org)