Biodata Joseph dan Jacques Penemu Balon Udara

Biodata Joseph dan Jacques Penemu Balon Udara

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Joseph dan Jacques dua bersaudara penemu balon udara. Penasaran ingin tahu tentang dua bersaudara penemu balon udara, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Joseph-Michel Montgolfier :             Biodata Jacques-Étienne Montgolfier :

Lahir : 26 Agustus 1740                                                                 Lahir : 6 Januari 1745

Meninggal : 26 Juni 1810                                                               Meninggal : 2 Agustus 1799

Dikenal atas : salah satu penemu balon udara                         Dikenal atas : salah satu penemu balon udara

 

Joseph-Michel Montgolfier (26 Agustus 1740 – 26 Juni 1810) dan Jacques-Étienne Montgolfier (6 Januari 1745 – 2 Agustus 1799) yang disebut “Montgolfier bersaudara” adalah penemu dari balon udara gaya panas Montgolfiere, globe aérostatique.

Montgolfier bersaudara sukses meluncurkan penerbangan berpenumpang pertama, membawa Étienne ke langit. Lalu, pada bulan Desember 1783, sebagai pengakuan atas prestasi mereka, Pierre ayah mereka diangkat menjadi bangsawan secara turun-temurun dengan sebutan de Montgolfier oleh Raja Louis XVI dari Perancis.

Baca Juga :  Biodata Alexander Fleming Penemu Penisilin

Montgolfier bersaudara merupakan ilmuwan yang hidup pada abad ke-18, mereka berasal dari keluarga pembuat kertas di Annonay, di Ardèche, Perancis. Orang tua mereka adalah Pierre Montgolfier (1700-1793) dan istrinya, Anne Duret (1701-1760), yang memiliki enam belas anak-anak.

Penemuan awal

Diantara dua bersaudara, Josephlah yang pertama kali berfikir tentang penemuannya. Pada tahun 1777, ketika dia mengamati pengeringan laundry, dia melihat jelaga (sisa pembakaran) yang ada di perapian yang telah terbakar, dapat terbang ke atas cerobong karena terbawa asap, dan membentuk kantung yang mengepul ke atas.

Joseph membuat eksperimen definitif pertama pada bulan November 1782 ketika tinggal di kota Avignon. Sebelum memulai percobaan dia mendapat ide saat merenung tentang suatu kejadian sejarah, yaitu salah satu isu militer tentang serangan besar besaran terhadap benteng Gibraltar, yang telah terbukti ditembus dari kedua sisi yaitu laut dan darat.

Joseph merenung mengenai kemungkinan serangan udara dengan menggunakan pasukan yang terangkat oleh kekuatan yang sama yang mengangkat bara dari api. Dia percaya bahwa yang terkandung dalam asap adalah gas khusus, yang dia sebut Montgolfier Gas, dengan properti khusus yang dia sebut kesembronoan.

Sebagai hasil dari renungan ini, Joseph mulai membuat kotak dari kayu yang sangat tipis berukuran 1 × 1 × 1,3 m (3 ft dengan 3 ft (0,91 m) dengan 4 ft), Joseph menutupi bagian samping dan atas dengan kain taffeta  ringan. Kemudian menyalakan beberapa kertas di bawah bagian bawah kotak. Aneh dengan cepat kotak dari kayu tersebut lepas landas terbang ke atas dan bertabrakan dengan langit-langit rumah. Joseph kemudian mengajak saudaranya untuk melanjutkan percobaannya.

Montgolfier bersaudara kemudian membuat sebuah perangkat yang mirip, dengan ukuran lebih besar dari sebelumnya  (jadi 27 kali lebih besar). Gaya angkat begitu besar sehingga mereka kehilangan kendali pada perangkat mereka yang diuji terbang pertama pada tanggal 14 Desember 1782. Perangkat mereka dapat melayang hampir sejauh dua kilometer (sekitar 1,2 mil). dan akhirnya hancur setelah mendarat.

Baca Juga :  Biodata Clemens Winkler Penemu Germanium

Demonstrasi publik

Montgolfier bersaudara memutuskan untuk membuat demonstrasi balon ke publik dalam rangka membangun klaim mereka atas penemuan itu. Mereka membangun sebuah balon dunia yang dibentuk dari kain kabung dengan tiga lapisan kertas tipis di dalamnya.

Perangkat sanggup menampung hampir 790 m³ (28.000 kaki kubik) udara dan beratnya 225 kg (£ 500). Dibangun dari empat potong (kubah dan tiga band lateral) dan diselenggarakan bersama oleh 1.800 tombol. Dan diperkuat dengan tali jaring yang menutupi bagian luar balon.

Penerbangan yang terjadi pada tanggal 4 Juni 1783 merupakan demonstrasi publik pertama mereka di Annonay di depan sekelompok pejabat dari particuliers États. Penerbangannya mencapai 2 km (1,2 mil), berlangsung selama 10 menit, dan memiliki ketinggian sekitar 1,600-2,000 m (5,200-6,600 ft). Setelah berhasil dengan balon udara itu, lalu mereka mengundang saudara-saudaranya untuk datang ke Paris.

Percobaan penerbangan berpenumpang binatang

Bekerja sama dengan produsen wallpaper sukses Jean-Baptiste Réveillon, Étienne membangun 37.500-kubik kaki (1.060 m 3) perangkat dari taffeta yang dilapisi dengan pernis dari tawas (yang memiliki sifat tahan api). Balon tersebut berwarna biru langi dan dihiasi dengan flourishes emas, tanda-tanda zodiak, dan matahari. Desain menunjukkan intervensi Réveillon.

Pada tanggal 19 September 1783, aerostat Réveillon diterbangkan dengan makhluk hidup pertama dalam keranjang, melekat pada balon, yaitu seekor domba, bebek dan ayam. .Demonstrasi ini dilakukan di depan orang banyak di istana kerajaan di Versailles. Penerbangan ini berlangsung sekitar delapan menit, sejauh dua mil (3 km), dengan ketinggian sekitar 1.500 kaki (460 m). Balon udara tersebut mendarat dengan selamat setelah terbang.

Perusahaan The Montgolfier

The Montgolfier masih ada di Annonay (Ardèche, Prancis). Pada tahun 1799, Etienne de Montgolfier meninggal. Kemudian anaknya yakni, Barthélémy Barou de la Lombardière de Canson (1774-1859). Pada tahun 1801 Perusahaan ini berganti nama menjadi ” Montgolfier et Canson “, kemudian” Canson-Montgolfier “pada tahun 1807. Saat ini, Canson masih memproduksi kertas seni rupa, makalah menggambar sekolah dan digital art dan fotografi kertas halus dan dijual di 120 negara

Baca Juga :  Biodata Adolphe Sax Penemu Saksofon, Saxotromba, Saxhorn dan Saxtuba

Penutup

Itulah biodata Joseph dan Jacques dua bersaudara penemu balon udara. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

baca juga : Biodata Johann Philipp Reis Penemu Telepon

sumber : dariberbagai sumber.