Biodata Joseph Stalin, Diktator Uni Soviet

Biodata Joseph Stalin, Diktator Uni Soviet

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Joseph Stalin seorang Diktator Uni Soviet. Penasaran ingin tahu tentang biodata Joseph Stalin, simak penjelasannya berikut ini.

Joseph Stalin

Joseph Stalin atau Iosif Vissarionovich Stalin adalah pemimpin Uni Soviet dari pertengahan tahun 1920-an sampai kematiannya pada tahun 1953.

Joseph lahir di Gori, Kegubernuran Tiflis, Kekaisaran Rusia, pada tanggal 18 Desember 1878 dan meninggal pada tanggal 5 Maret 1953 di Kuntsevo, Moskwa, Uni Soviet, saat berumur 74 tahun.

Joseph Stalin adalah seorang diktator yang sangat lalim, dikenal juga dengan sebutan “Manusia Baja” sebagai namanya (Stalin atau Steel Man). Ia diperkirakan telah memerintahkan pembunuhan sekitar 30 juta jiwa penduduk Rusia dan negara-negara sekitarnya.

Stalin juga dikenal sebagai orang yang membenci agama. Awalnya ia masuk seminari di Tbilisi, namun ia kemudian menjadi tidak percaya adanya Tuhan setelah membaca buku Asal-usul Spesies karya Charles Darwin.

Di bawah pemerintahan Stalin, konsep ” sosialisme di satu negara “menjadi prinsip utama dari masyarakat Soviet. Dia menggantikan Kebijakan Ekonomi Baru yang diperkenalkan oleh Lenin pada awal tahun 1920 dengan komando ekonomi terpusat, meluncurkan periode industrialisasi dan kolektivisasi yang mengakibatkan transformasi cepat dari Uni Soviet yang merupakan masyarakat agraris menjadi kekuatan industri.

Namun, perubahan ekonomi bertepatan dengan pemenjaraan jutaan orang di kamp-kamp kerja dan deportasi orang untuk daerah-daerah terpencil.

Pergolakan awal di bidang pertanian mengganggu produksi pangan dan mengakibatkan bencana kelaparan Soviet dari 1932-1933, yang dikenal sebagai Holodomor di Ukraina.

Kemudian, dalam periode yang berlangsung 1936-1939, Stalin menerapkan kampanye melawan dugaan musuh dalam rezimnya, yang disebut Big Purge, di mana ratusan ribu orang dieksekusi.

Baca Juga :  Manfaat Anggur, Si Mungil Kaya Nutrisi

Tokoh utama dalam Partai Komunis, seperti Bolshevik, Leon Trotsky, dan beberapa pemimpin Tentara Merah tewas setelah dinyatakan bersalah bersekongkol untuk menggulingkan pemerintah dan Stalin.

Pada bulan Agustus tahun 1939, Stalin menandatangani pakta non-agresi dengan Nazi Jerman yang membagi pengaruh dan wilayah mereka di Eropa Timur, yang mengakibatkan invasi mereka ke Polandia pada bulan September tahun itu, tapi kemudian Jerman melanggar perjanjian dan meluncurkan invasi besar ke Uni Soviet pada bulan Juni 1941.

Pasukan Soviet berhasil menghentikan serbuan Nazi setelah Pertempuran yang menentukan di Moskow dan Stalingrad.

Setelah mengalahkan kekuatan Poros di Front Timur, Tentara Merah ditangkap di Berlin pada bulan Mei 1945, secara efektif mengakhiri perang di Eropa untuk Sekutu.

Uni Soviet kemudian muncul sebagai salah satu dari dua negara adidaya yang diakui dunia, selain Amerika Serikat. konferensi Yalta dan Potsdam mendirikan pemerintahan komunis yang setia kepada Uni Soviet di Blok Timur sebagai negara penyangga, yang diperlukan Stalin untuk invasi lain.

Stalin memimpin Uni Soviet melalui tahap rekonstruksi pasca-perang, yang mengakibatkan ketegangan dengan dunia Barat yang dikenal sebagai Perang Dingin.

Selama periode ini, Uni Soviet menjadi negara kedua di dunia yang berhasil mengembangkan senjata nuklir, serta meluncurkan Rencana Besar untuk Transformasi Alam dalam menanggapi kelaparan luas yang lain dan Proyek Konstruksi Besar Komunisme.

Pada tahun-tahun setelah kematiannya, Stalin dan rezimnya telah dikutuk dalam berbagai kesempatan, terutama pada tahun 1956 ketika penggantinya Nikita Khrushchev mengecam warisannya dan memulai prosesde-Stalinisasi.

Dia tetap menjadi tokoh kontroversial hingga saat ini, banyak orang menganggapnya sebagai seorang tirani mirip dengan musuh masa perang Adolf Hitler.

Stalin berkuasa sampai saat kematiannya pada usia 74 tahun. Kematiannya ini diduga kuat karena diracun oleh komplotan pimpinan Lavrenty Beria. Pada masa pemerintahannya ia tidak hanya mengawasi seluruh negara Soviet, melainkan juga negara-negara di luar Uni Soviet.

Baca Juga :  Biodata Rivai Apin, Sastrawan Indonesia

Penutup

Itulah biodata Joseph Stalin seorang Diktator Uni Soviet. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : id.wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski