Biodata Karim Halim, Sastrawan Indonesia

Biodata Karim Halim, Sastrawan Indonesia

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Karim Halim seorang Sastrawan Indonesia. Penasaran ingin tahu tentang biodata Karim Halim, simak penjelasannya berikut ini.

Karim Halim

Karim Halim adalah seorang sastrawan Indonesia yang termasuk dalam kelompok Angkatan Pujangga Baru. Ia lahir pada tanggal 18 Desember 1918 di Balingka, Agam, Sumatera Barat.

Beliau merupakan sastrawan Indonesia yang memiliki nama samaran R.O. Hanka, Atma Anoma, dan Sekarijadi. Karim Halim memulai Sekolah Dasar di Sekolah Melayu, pendidikan dasar Karim ini diselesaikan di tanah kelahirannya.Selanjutnya Karim bersekolah di Sachakel dan dilanjutkan ke sekolah Mulo.

Pada tahun 1941, Beliau melanjutkan sekolah di HIK Muhammadiyah di Kota Solo. Tahun 1955, Karim memperoleh sertifikat UNESCO.

Karim Halim dalam berkarya kadang-kadang menggunakan nama samaran RO Hanka. Kegemaran menulis sejak berada di sekolah. Puisi-puisi Karim sering dimuat dalam Adil, Panji Islam, Pedoman Masyarakat, Islam Raja, dan Pujangga Baru, yaitu nama koran dan majalah yang terbit sebelum zaman Jepang.

Puisi-puisi Karim yang diciptakan pada masa itu bernada sedih. Pada masa pujangga baru, puisinya banyak dilatarbelakangi oleh pendidikannya, yaitu bernapaskan Islam, seperti salah satu puisinya yang berjudul “Goda“.

Karim Halim menerbitkan sebuah roman pada awal tahun 1945, Roman-Pantjaroba-Palawidja yang menceritakan kejadian pada awal pendudukan Jepang, dan yang mungkin dimaksudkan sebagai propaganda untuk PETA yang baru didirikan waktu mulai ditulis.

Karim Halim menghembuskan nafas terakhirnya pada tahun 1989 pada usia 71 tahun.

Penutup

Itulah biodata Karim Halim seorang Sastrawan Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : biografi-tokoh-ternama.blogspot.com

Baca Juga :  Biodata Ratno Nuryadi Penemu Mikroskop Nano Pertama di Indonesia