Biodata Lars Fredrik Nilson Penemu Skandium

Biodata Lars Fredrik Nilson Penemu Skandium

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Lars Fredrik Nilson seorang penemu Skandium. Penasaran ingin tahu tentang penemu Skandium, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Lars Fredrik Nilson :

Lahir : 27 Mei 1840 Östergötland, Swedia 

Meninggal : 14 Mei 1899 (umur 58) Stockholm, Swedia

Kewarganegaraan : Swedia

Dikenal atas : penemu Skandium

 

Lars Fredrik Nilson ialah seorang ahli kimia asal Swedia yang menemukan skandium pada tahun 1879. Lars Fredrik lahir di Paroki Skönberga di Östergötland, Swedia pada tanggal 27 Mei 1840.

Ayahnya Lars Fredrik, berprofesi sebagai seorang petani. Keluarganya pindah ke Gotland saat Lars Fredrik masih muda. Setelah lulus dari sekolah, Lars Fredrik mendaftarkan diri di Universitas Uppsala, dan di sana ia belajar ilmu alam.

Bakatnya dalam kimia menarik perhatian profesor kimia Lars Fredrik Svanberg, yang merupakan mantan murid Jons Jakob Berzelius.

Pada tahun 1874 Lars Fredrik menjadi profesor kimia, dan sejak saat itu ia dapat mencurahkan lebih banyak waktu untuk meneliti. Saat bekerja di tanah jarang, pada tahun 1879 Lars Fredrik menemukan skandium.

Selama waktu ini Lars Fredrik juga mempelajari kerapatan gas logam yang memungkinkan untuk menentukan valensi berbagai logam.

Pada tahun 1882 Lars Fredrik menjadi direktur departemen penelitian kimia dari Royal Swedish Academy of Agriculture and Forestry. Penelitiannya sebagian mengambil arah baru sejak saat itu.

Lars Fredrik melakukan penelitian tentang susu sapi dan berbagai tanaman pakan ternak. Lars Fredrik adalah anggota beberapa akademi dan mendapatkan beberapa penghargaan, termasuk Order of the Polar Star.

Baca Juga :  Khasiat Jambu Air Untuk Ibu Hamil

Skandium

Skandium ialah salah satu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Sc dan nomor atom 21. Skandium berupa logam transisi yang lembut dan warnanya putih keperakan, merupakan mineral yang langka dari Skandinavia dan kadang-kadang diklasifikasikan bersama yttrium dan lantanida sebagai elemen mineral langka.

Kematian

Lars Fredrik Nilson meninggal pada tanggal 14 Mei 1899 saat umur 58 tahun di Stockholm, Swedia.

Penutup

Itulah biodata Lars Fredrik Nilson seorang penemu Skandium. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Lars_Fredrik_Nilson

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski