Biodata Leonhard Euler Penemu Rumus Matematika

Biodata Leonhard Euler Penemu Rumus Matematika

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Leonhard Euler seorang penemu rumus matematika. Penasaran ingin tahu tentang penemu rumus matematika, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Leonhard Euler :

  • Lahir : 15 April 1707 Basel, Switzerland 
  • Meninggal : 18 September 1783 (umur 76) St. Petersburg, Kekaisaran Rusia 
  • Tempat tinggal : Kerajaan Prusia, Kekaisaran Rusia. Switzerland 
  • Kebangsaan : Swiss 
  • Orangtua : Paul Euler dan Marguerite Brucker
  • Bidang : Matematika dan fisika 
  • Alma mater : Universitas Basel 

 

Leonhard Euler adalah seorang perintis matematika dan fisika asal Swiss. Leonhard membuat penemuan penting di bidang-bidang yang beragam seperti kalkulus dan teori graf. Leonhard juga memperkenalkan banyak terminologi matematika modern dan notasi, terutama untuk analisis matematika, seperti gagasan tentang fungsi matematika.

Leonhard juga terkenal karena karyanya dalam mekanika, dinamika fluida, optik, astronomi, dan teori musik. Leonhard dianggap matematikawan unggulan dari abad ke-18 dan salah satu matematikawan terbesar yang pernah ada.

Leonhard juga salah satu matematikawan paling produktif; hasil karyanya termuat dalam 60–80 jilid kuarto. Leonhard menghabiskan sebagian besar waktu dewasanya di St Petersburg , Rusia, dan di Berlin, Prussia.

Kehidupan Awal dan pendidikan

Leonhard Euler lahir pada tanggal 15 April 1707 di Basel, Switzerland. Ayahnya bernama Paul Euler, seorang pastur Calvinisme. Ibunya bernama Marguerite Brucker, anak dari seorang pastur.

Pendidikan formal Euler berawal di Basel. Di sana Leonhard tinggal bersama nenek dari pihak ibunya. Di usianya yang ketigabelas, Leonhard mendaftar di Universitas Basel, dan pada tahun 1723, dia menerima gelar ‘’Master of Philosophy’’ dengan disertasi yang membandingkan filsafat dari Descartes dan Newton.

Baca Juga :  Biodata Randall Hartolaksono Penemu Formula Kimia Pemadam Api Ramah Lingkungan

Setelah lulus Leonhard mengambil les Sabtu sore dari Johann Bernoulli, yang dengan cepat menemukan bakat luar biasa dari murid barunya itu dalam matematika.

Dari sini, Leonhard mempelajari teologi, bahasa Yunani, dan bahasa Ibrani karena desakan ayahnya, agar ia menjadi seorang pastor, tapi Bernoulli meyakinkan Paul Euler bahwa Leonhard telah ditakdirkan untuk menjadi seorang matematikawan hebat.

Pada tahun 1726, Leonhard menyelesaikan disertasi tentang perambatan suara dengan gelar De Sono. Lalu, Leonhard berusaha mendapatkan posisi di Universitas Basel (yang akhirnya gagal).

Pada tahun 1727, Leonhard mengikuti kompetisi Paris Academy Prize Problem (kompetisi memecahkan masalah), yang pada saat itu tantangannya adalah menemukan cara terbaik untuk menempatkan tiang kapal pada sebuah perahu.

Leonhard mendapat juara kedua, kalah dari Pierre Bouguer yang sekarang dikenal sebagai “bapak arsitekur angkatan laut.” Euler kemudian memenangkan kompetisi tahunan yang didambakan ini dua belas kali sepanjang karirnya.

Pada tanggal 7 Januari 1734, Leonhard menikah dengan Katharina Gsell, putri dari Georg Gsell, seorang pelukis dari ‘’Academy Gymnasium’’.  Pasangan muda ini membeli rumah dekat Sungai Neva. Dari ketigabelas anak mereka, hanya lima anak yang masih hidup hingga masa kanak-kanak.

Karir 

Leonhard Euler tiba di ibukota Rusia pada tanggal 17 Mei 1727. Dia naik jabatan dari posisi junior di departemen kesehatan ke salah satu posisi di departemen matematika di akademi itu. Leonhard menguasai bahasa Rusia dan hidup menetap di St Petersburg. Leonhard juga mengambil kerja sampingan sebagai pembantu medis di Angkatan Laut Rusia.

Akademi di St. Petersburg itu, yang didirikan oleh Peter Yang Agung, memiliki visi memajukan pendidikan di Rusia dan menghilangkan kesenjangan ilmiah dengan dunia barat. Hasilnya, akademi tersebut secara khusus menjadi perhatian para sarjana asing seperti Leonhard.

Baca Juga :  Biodata Paul Kollsman Penemu Altimeter

Akademi itu memiliki sumber daya keuangan yang mencukupi dan sebuah perpustakaan yang lengkap yang meniru perpustakan pribadi Peter dan juga seperti perpustakaan peribadi milik kaum bangsawan lain.

Hanya beberapa murid yang mendaftar di akademi itu untuk menjadi pengajar di fakultas yang ada, dan akademi tersebut menekankan terhadap pengadaan riset dan memberikan waktu dan kebebasan kepada fakultas-fakultasnya untuk mengikuti berbagai pertanyaan ilmiah.

Catherine I, seorang donatur wanita dari akademi tersebut yang telah meneruskan kebijakan progressif mendiang suaminya, meninggal pada hari kedatangan Leonhard. Kemudian para bangsawan Rusia mendapat kekuasaan lebih atas naik tahtanya Peter II yang baru berumur dua belas tahun.

Para bangsawan pun menaruh curiga pada para ilmuwan asing yang mengajar di akademi itu, dan oleh sebab itu mereka memotong pemberian. Hal ini memunculkan kesulitan lain bagi Euler dan koleganya.

Kondisi ini perlahan mulai membaik setelah kepergian Peter II, dan Euler segera naik pangkat menjadi profesor fisika pada tahun 1731. Dua tahun kemudian, Daniel Bernoulli, yang sudah tidak betah dengan adanya pembatasan dan permusuhan yang ia dapati di St. Petersburg, pergi menuju Basel. Leonhard menggantikannya sebagai kepala departemen matematika.

Kontribusi Terhadap Matematika dan Fisika

Leonhard Euler juga dikenal dengan hasil karyanya berupa kurva tertutup untuk menggambarkan pemikiran silogisme tahun 1768. Leonhard dan temannya Daniel Bernoulli bertolak belakang dengan monadisme Leibniz dan filosofi Christian Wolff.

Leonhard bersikeras bahwa pengetahuan didirikan atas dasar hukum kuantitatif yang tepat, hal yang tidak dapat dijelaskan oleh monadisme dan ilmu pengetahuan Wolffian. Kecenderungan religius Leonhard mungkin juga menjadi alasan ketidaksukaannya terhadap doktrin, dia bertindak lebih jauh dan menyebut ideologi Wolff sebagai “kafir dan ateis”.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Dekat Palang Merah Indonesia

Kematian 

Leonhard Euler meninggal pada tanggal 18 September 1783 saat umur 76 tahun di St. Petersburg, Kekaisaran Rusia. Leonhard Euler muncul pada seri keenam uang kertas Swiss pecahan 10-franc dan pada beberapa prangko Swiss, Jerman, dan Rusia. Asteroid Euler 2002 mengambil namanya sebagai penghormatan atasnya.

Penutup

Itulah biodata Leonhard Euler seorang penemu rumus matematika. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Wikipedia & Blog Penemu

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski