Biodata Ralph Henry Baer Penemu Video Game Pertama di Dunia

Biodata Ralph Henry Baer Penemu Video Game Pertama di Dunia

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Ralph Henry Baer seorang penemu video game pertama di dunia. Penasaran ingin tahu tentang penemu video game pertama di dunia, simak penjelasannya berikut ini.

Ralph H. Baer adalah seorang warga Jerman yang tinggal di Amerika Serikat. Ralph Baer, salah satu perintis dunia video game dan penemu Video game pertama di dunia.

Ralph H. Baer lahir pada tanggal 8 Maret 1922. Ide memainkan game di layar televisi digagas Baer pada tahun 1966. Pada tahun 1968 Baer berhasil menciptakan sebuah prototipe konsol video game pertama di dunia, yang disebut Brown Box.

Pada tahun 1972 teknologi digunakan dalam Mangnavox Odyssey, konsol video game pertama di dunia yang dijual secara komersial. Dengan pencapainnya tersebut, Baer dianugerahi National Medal of Technology pada tahun 2006 di Amerika Serikat. Pada tahun 2010 namanya diabadikan dalam National Inventor’s Hall of Fame.

Cerita Baer dimulai dari masa kecilnya yang kelam sebagai anak seorang pekerja pabrik sepatu Yahudi. Karena terancam oleh Hitler dan pasukan Nazi, dia dan seluruh keluarganya hijrah ke Bronx di New York pada tahun 1938.

Ketika Baer berusia 16 tahun, ia melihat sebuah iklan kursus korespondensi. Dengan mengumpulkan uang nya selama bekerja di pabrik, akhirnya Baer bisa mengikuti kursus tersebut.

Ralph H. Baer menjadi salah satu tentara Amerika pada tahun 1943, ia mendapatkan posisi sebagai perwira intelijen. Baer menulis dokumen pelatihan untuk pasukan sekutu yang mempersiapkan D-Day, yang kemudian dieksekusi oleh markas Jenderal Eisenhower.

Saat sudah pensiun dari dunia militer, Baer kembali mengisi harinya dengan dunia merancang mesin dan menggali lebih dalam potensi yang sudah ia miliki. Bill Harrison dan Bill Rusch adalah sosok yang ikut bergabung dengan Baer saat itu.

Baca Juga :  Biodata Thomas Midgley Jr, Pengembang Tetraethyllead (TEL) Aditif dan Chlorofluorocarbons (CFC)

Mereka dibekali dengan anggaran 2.500 dolar AS dan bekerja di sebuah ruangan sempit, dan kemudian berhasil menciptakan tujuh prototipe konsol game. Pada tahun 1975, sekitar 330.000 unit Odyssey yang terjual dan sejak itu industri video game mulai tumbuh dan berkembang pesat hingga saat ini.

Ralph Henry Baer meninggal dunia pada usia 92 tahun, pada tahun 2014 lalu. Sedangkan istrinya sudah meninggal pada tahun 2006 saat berusia 53 tahun. Baer mempunyai 2 orang putra, seorang putri dan 4 cucu.

Penutup

Itulah biodata Ralph Henry Baer seorang penemu video game pertama di dunia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Bcyellowpages.com

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski