Biodata Marianne Katoppo, Penulis dan Teolog Indonesia

Marianne Katoppo

Biodata Marianne Katoppo, Penulis dan Teolog Indonesia

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Marianne Katoppo seorang Penulis dan Teolog Indonesia. Penasaran ingin tahu tentang biodata Marianne Katoppo, simak penjelasannya berikut ini.

Marianne Katoppo

Henriette Marianne Katoppo  adalah seorang penulis dan teolog asal  Indonesia. Beliau lahir pada tanggal 9 Juni 1943 di Tomohon, Sulawesi Utara. Marianne Katoppo merupakan anak bungsu pasangan Elvianus Katoppo dan Pitong Agnes Stientje Rumokoij.

Saat berusia delapan tahun, Marianne Katoppo telah aktif menulis. Di usia tersebut, karya pertamanya diterbitkan dalam rubrik anak-anak harian berbahasa Belanda Nieuwsgier di Jakarta.

Sejumlah novel yang ditulisnya di antaranya Dunia Tak Bermusim (1974), Anggrek Tak Pernah Berdusta, (1979), Terbangnya Punai (1978), Rumah di Atas Jembatan (1981), dan Dunia Tak Bermusim (1984).

Pada tahun 1960-an Katoppo menulis beberapa cerita pendek untuk harian Sinar Harapan dan majalah bulanan Ragi Buana.

Novelnya, Raumanen, mendapat penghargaan dari Dewan Kesenian Jakarta (1975), Yayasan Buku Utama (1978), dan SEA Write Award (1982) sebagai perempuan pertama. Novel ini diterbitkan kembali pada tahun 2006 oleh Penerbit Metafor.

Marianne Katoppo menyelesaikan studi teologinya pada tahun 1963 di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta dengan gelar Sarjana Muda Theologia.

Kemudian, pada tahun 1977 dari sekolah yang sama dengan gelar Sarjana Theologia. Ia pernah kuliah di International Christina University, Tokyo (1964) dan Shingakubu Doshiha Daigaku, Kyoto pada tahun 1965.

Selain itu, ia pernah mengikuti kursus malam di Universitas Stockholm (1970-1974). lalu, pada tahun 1978 ia mengikuti pendidikan di Institut Ekumenis, di Bossey, Swiss, dan pada tahun 1992 memperoleh gelar theol.lic.

Baca Juga :  Biodata Roestam Effendi, Sastrawan Indonesia

Ia pernah bekerja di British and Foreign Bible Society, London (1966-1969), dan di AB Svenska Pressbyterian, Stockholm (1970-1974). Marianne Katoppo juga pernah bekerja di Yayasan Obor Indonesia.

Marianne Katoppo dikenal sebagai teolog feminis pertama di Indonesia dan Asia. Karya teologinya Compassionate and Free: An Asian Woman’s Theology (1979) diterjemahkan ke dalam bahasa Belanda, bahasa Jerman, bahasa Swedia dan bahasa Tagalog, dan dipakai sebagai buku ajar di berbagai sekolah teologi dan seminari di seluruh dunia.

Marianne Katoppo juga merupakan anggota pendiri dan mantan Koordinator Ecumenical Association of Third World Theologians (EATWOT) Indonesia (1982), Forum Demokrasi (1991), Kelompok HATI (1980), International Council WCRP.

Marianne Katoppo giat sebagai aktivis dan pencetak opini. Pada tahun 1995, ia mewakili Pramoedya Ananta Toer dalam menerima Penghargaan Magsaysay di Manila, Filipina karena adanya pertentangan di Indonesia, terkait dengan penolakan sejumlah sastrawan, di antaranya Mochtar Lubis, terhadap kemungkinan Pramoedya menerima penghargaan tersebut.

Wafat

Marianne Katoppo meninggal dunia pada tanggal 12 Oktober 2007 di Bogor, di sisi kakaknya, Pericles Katoppo. Penyebabnya diduga serangan jantung.

Jenazahnya dikremasikan pada tanggal 13 Oktober 2007 di Krematorium Oasis, Tangerang. Hingga akhir hayatnya, Marianne Katoppo memilih untuk tidak menikah.

Penghargaan

  • Cerpennya “Supiya” mendapat Hadiah Hiburan Sayembara Kincir Emas Radio Nederland Wereldomroep 1975.
  • Novel Raumanen mendapat Hadiah Harapan Sayembara Mengarang Roman DKJ 1975 dan Hadiah Yayasan Buku Utama Departemen P & K tahun 1977.
  • Pada tahun 1982 ia menerima Hadiah Sastra ASEAN.

Penutup

Itulah biodata Biodata Marianne Katoppo seorang Penulis dan Teolog Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : id.wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski