Biodata Martin Heinrich Klaproth Penemu Uranium, Zirkonium, dan Serium

Biodata Martin Heinrich Klaproth Penemu Uranium, Zirkonium, dan Serium

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Martin Heinrich Klaproth seorang penemu uranium, zirkonium, dan serium. Penasaran ingin tahu tentang penemu uranium, zirkonium, dan serium, simak penjelasannya berikut ini.

Martin Heinrich Klaproth adalah seorang ahli kimia asal Jerman yang menemukan uranium tahun 1789, zirkonium tahun 1789, dan serium tahun 1803.

Klaproth lahir di Wernigerode pada tanggal 1 Desember 1743. Sebagian besar hidupnya ia menjalankan profesi sebagai seorang apoteker. Setelah bertindak sebagai asisten di apotek di Quedlinburg, Hanover, Berlin dan Danzig berturut-turut ia datang ke Berlin pada saat kematian Valentin Rose the Elder pada tahun 1771 sebagai manajer bisnisnya, dan pada tahun 1780 dia memulai sebuah pendirian atas namanya sendiri di kota yang sama.

Pada tahun 1782 Klaproth menjadi penilai farmasi Medumum Ober-Collegium. Pada tahun 1787 Klaproth diangkat menjadi dosen kimia ke Artileri Kerajaan Prusia, dan ketika universitas itu didirikan pada tahun 1810, ia dipilih untuk menjadi profesor kimia.

Klaproth adalah ahli kimia asal Jerman terkemuka di masanya. Seorang pekerja yang tepat dan teliti, Klaproth melakukan banyak hal untuk memperbaiki dan mensistematisasikan proses kimia analitik dan mineralogi, dan apresiasi terhadap nilai metode kuantitatif membawanya menjadi salah satu penganut doktrin Lavoisierian paling awal di luar Prancis.

Klaproth menemukan unsur titanium di bijih rutil pada tahun 1791, percaya bahwa ini adalah penemuan baru, bagaimanapun, William Gregor dikreditkan dengan penemuan titanium, setelah menemukan logam itu dalam bijih yang berbeda, ( ilmenit ), sebelum Klaproth, meskipun dalam tahun yang sama Dia adalah orang pertama yang menemukan uranium saat mempelajari mineral pitchblende.

Baca Juga :  Biodata Johannes Hans Daniel Jensen, Penggagas Model Kulit Nuklir

Selain itu, Klaproth menemukan zirkonium , dan mencirikan uranium dan zirkonium sebagai unsur yang berbeda, meskipun ia tidak memperoleh satupun dari logam murni itu dan dia menjelaskan komposisi berbagai zat sampai kemudian diketahui secara tidak sempurna, termasuk senyawa unsur yang baru dikenali: tellurium , strontium , serium dan kromium.

Makalahnya, lebih dari 200 jumlahnya, dikumpulkan oleh dirinya sendiri di Beiträge zur chemischen Kenntnis der Mineralkörper (5 jilid, 1795-1810) dan Chemische Abhandlungen gemischten Inhalts (1815). Klaproth juga menerbitkan Chemisches Wörterbuch (1807-1810), dan mengedit edisi revisi FAC Gren ‘s Handbuch der Chemie (1806).

Klaproth terpilih sebagai Anggota Perhimpunan Royal pada tahun 1795 dan anggota asing Royal Swedish Academy of Sciences pada tahun 1804.

Kematian 

Martin Heinrich Klaproth meninggal pada tanggal 1 Januari 1817 saat berumur 73 tahun di Berlin.

Penutup

Itulah biodata Martin Heinrich Klaproth seorang penemu uranium, zirkonium, dan serium. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski