Biodata Melvin Calvin Penemu Daur Calvin

Biodata Melvin Calvin Penemu Daur Calvin

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Melvin Calvin seorang penemu daur calvin. Penasaran ingin tahu tentang penemu daur calvin, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Melvin Calvin :

  • Lahir : 8 April 1911 St Paul, Minnesota, USA 
  • Meninggal : 8 Januari 1997 (umur 85) Berkeley , California, USA 
  • Kebangsaan : AS 
  • Bidang : Kimia · Biologi 
  • Dikenal atas : Siklus Calvin 
  • Penghargaan : Hadiah Nobel untuk Kimia (1961) Davy Medal (1964), Priestley Medal (1978), Medali Emas dari American Institute of Chemists (AIC) (1979) National Medal of Science (1989)
  • Pasangan : Genevieve Elle Jemtegaard (m. 1942; 3 anak-anak) (d.1987)

 

Melvin Calvin Ellis adalah seorang kimiawan asal Amerika,ia dikenal karena menemukan siklus Calvin bersama dengan Andrew Benson dan James Bassham, oleh karenanya pada tahun 1961 ia dianugerahi Nobel untuk Kimia. Calvin menghabiskan sebagian besar karirnya selama lima dekade di University of California, Berkeley.

Kehidupan awal

Melvin Calvin lahir pada tanggal 8 April 1911, di St Paul, Minnesota, USA. Calvin merupakan putra Yahudi, imigran dari Kekaisaran Rusia  Ayahnya lahir di Lithuania (kemudian bagian dari Kekaisaran Rusia) dan ibunya di Georgia (juga merupakan bagian dari Kekaisaran Rusia).

Ketika Calvin kecil keluarganya pindah ke Detroit, ia lulus dari Central High School pada tahun 1928. Melvin Calvin memperoleh gelar Bachelor of Science dari Michigan College of Mining and Technology (sekarang dikenal sebagai Michigan Technological University ) pada tahun 1931 dan gelar Ph.D. dalam kimia dari University of Minnesota pada tahun 1935.

Calvin lalu menghabiskan empat tahun berikutnya bekerja sebagai postdoctoral di University of Manchester. Calvin menikah dengan Genevieve Jemtegaard pada tahun 1942, dan memiliki tiga anak, dua putri dan seorang putra.

Baca Juga :  Biodata Shuji Nakamura Penemu LED Biru

Penelitian

Penelitiannya dalam mempelajari fotosintesis melalui penggunaan pelacaklah yang membuat Calvin terkenal. Calvin menggunakan isotop karbon-14 sebagai perunut radioaktif untuk mengungkap reaksi gelap fotosintesis, yang sekarang dikenal sebagai daur Calvin atau siklus Calvin.

Daur Calvin menggambarkan bagaimana tanaman mengubah karbon dioksida dan air menjadi gula. Pada tahun 1961 ia dijuluki “Mr. Photosynthesis” oleh majalah Time. Calvin memenangkan Hadiah Nobel bidang Kimia pada 1961 untuk penemuannya bersama Adam Benson “untuk daur Calvin atau pergerakan karbon dalam tumbuhan”.

Calvin dikenal sebagai pengurus dalam berbagai komite dan akademi yang berbeda-beda yang mengurusi penelitian ilmiah. Beberapa komite itu di antaranya Komite Penasihat Ilmiah di bawahPresiden John Kennedy dan Lyndon Johnson. Calvin juga dipilih ke Akademi Ilmiah Nasional.

Di samping menerima Hadiah Nobel, Melvin Calvin dianugerahi pula Medali Ilmiah Nasional (1989) dan Medali Davy dari Royal Society of London.

Kematian

Setelah bertahun-tahun membaktikan diri pada pengajaran dan penelitian, Calvin pensiun pada tahun 1980. Melvin Calvin meninggal pada tanggal 8 Januari 1997, dalam usia 85 tahun di Berkeley , California.

Penutup

Itulah biodata Melvin Calvin seorang penemu daur calvin. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski