Biodata Minoru Shirota Penemu Minuman Yakult

Biodata Minoru Shirota Penemu Minuman Yakult

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Minoru Shirota seorang penemu minuman yakult. Penasaran ingin tahu tentang seorang penemu minuman yakult, simak penjelasannya berikut ini.

Dr. Minoru Shirota (23 April 1899 – 1982) adalah seorang ilmuwan di bidang mikrobiologi dan dokter lulusan Kyoto Imperial University, Jepang yang berhasil menemukan bakteri asam laktat yang bermanfaat untuk menekan pertumbuhan bakteri merugikan yang hidup di dalam usus manusia.

Bakteri ini lalu dinamakan Lactobacillus casei strain Shirota. Usaha Minoru itu bermula saat masyarakat Jepang ketika itu dilanda penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan disebabkan kekurangan nutrisi, kebersihan yang kurang karena keadaan ekonomi Jepang yang kurang baik ketika itu.

Minoru mengisolasi hampir 300 jenis bakteria antara tahun 1930 dan 1935 bertujuan mencari jenis bakteria yang sesuai untuk membantu memulihkan sistem pencernaan manusia melalui beberapa uji kaji ketahanan bakteria baik.

Setiap jenis bakteria itu akan diuji dengan asid dan tahan terhadap cairan empedu. Antara 300 spesis bakteria tersebut hanya satu spesis saja yang benar-benar tahan dengan asid yaitu bakteria Lactobacillus casei dan lebih dikenali sebagai Lactobacillus casei strain Shirota sama namanya.

Dr Minoru Shirota lalu menggabungkan bakteria ke minuman susu dan berhasil jadi produk minuman susu fermentasi. Dengan dedikasinya yang tinggi untuk memberikan kontribusi terhadap kesehatan masyarakat. Pada tahun 1935 Dr. Minoru berhasil menciptakan minuman probiotik yang mengandung bakteri berguna Lactobacillus casei strain Shirota yang bermanfaat bagi pencernaan manusia.

Akhirnya Minoru mulai memasarkan produk susu yang dicampur dengan bakteria baik tersebut yang dikenali sebagai Yakult. Minuman ini kemudian dijual di Jepang dengan harga yang terjangkau. Karena itu, Yakult dikenal sebagai Pelopor Probiotik.

Baca Juga :  Biodata John Ambrose Fleming Penemu Perangkat Kelistrikan Praktis

Yakult (Yakuruto) adalah minuman probiotik mirip yogurt yang dibuat dari fermentasi skimmed milk dan gula dengan bakteri Lactobacillus casei. Karena L. casei Shirota dapat ditemui dalam sistem pencernaan, Yakult dipromosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. Namanya berasal dari jahurto, bahasa Esperanto untuk “yoghurt”.

Minuman yakult yang mengandungi sejenis bakteria baik untuk tubuh yang kita nikmati sekarang sebenarnya dihasilkan oleh seorang ahli Jepang tersebut. Yakult ditemukan oleh doktor Minoru Shirota pada 1930.

Pada tahun 1935, Minoru mendirikan Yakult Honsha Co., Ltd. untuk memasarkan minuman ini. Sejak saat itu, Yakult telah memperkenalkan berbagai minuman yang mengandung bakteri Bifidobacterium breve, dan telah menggunakan lactobacilli untuk mengembangkan kosmetika.

Yakult Honsha juga memainkan peran penting dalam penelitian obat kemotrapi irinotecan. Perusahaan perniagaan ini mengambil alih semua operasi pengeluaran dan pemasaran Yakult sehingga kini.

Seterusnya perniagaan tersebut dikembangkan ke Eropah namun negara pertama yang diperkenalkan dengan produk tersebut adalah Brazil pada tahun 1966. Untuk mendukung usaha penelitian pada bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan manusia, pada tahun 1967 didirikan Pusat Penelitian Mikrobiologi Yakult (Yakult Central Institute for Microbiology Research) di Tokyo, Jepang.

Yakult Central Institute telah melakukan beragam penelitian untuk mengembangkan produk-produk dengan menggunakan bakteri yang bermanfaat. Sejak itu, Perusahaan Yakult terus mengembangkan perniagaannya ke seluruh dunia. Yakult juga memiliki salah satu tim bisbol terbesar di Jepang, Tokyo Yakult Swallows.

Saat ini, Yakult diproduksi dan dijual di Jepang, Asia, Australia, Amerika Latin dan Eropa, walaupun bakterinya masih diimpor dari Jepang. Sekarang tercatat pertumbuhan lebih 200 perusahaan di 30 negara yang menjual produk dalam berbagai ukuran.

Jika di Australia, Eropah, India dan Indonesia, Yakult didatangkan di dalam botol berukuran 65 milimeter (ml) tapi di Amerika, Jepang, Filipina dan Korea Selatan tersedia dalam botol berukuran 80 ml. Sehingga sekarang, minuman tersebut dinikmati oleh hampir 25 juta orang pada setiap hari.

Baca Juga :  Manfaat Buah Rambutan, Buah yang Kaya Antioksidan

Penutup

Itulah biodata Minoru Shirota seorang penemu minuman yakult. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Minoru Shirota – Penemu Minuman Yakult