Biodata Nils Bohlin Penemu Seat Belt Tiga Titik

Biodata Nils Bohlin Penemu Seat Belt Tiga Titik

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Nils Bohlin seorang penemu seat belt 3 titik. Penasaran ingin tahu tentang penemu seat belt 3 titik, simak penjelasannya berikut ini.

Nils Bohlin adalah seorang insiyur kelahiran Swedia 17 Juli 1920 yang pertama kali menemukan seat belt tiga titik yang hingga kini masih banyak digunakan oleh produsen kendaraan pada umumnya. Bohlin direkrut oleh Volvo pada tahun 1958. Sebelum bergabung dengan Volvo, Bohlin bekerja untuk perusahaan pesawat tempur, dan berhasil mendesain kursi lontar dan seat belt empat titik untuk pilot bagi perusahaan itu.

Dalam kurun waktu setahun setelah bergabung dengan Volvo, Nils Bohlin telah mengembangkan sabuk pengaman tiga titik yang diperkenalkan di mobil Volvo pada tahun 1959. Sabuk baru ini dapat menjaga tubuh atas dan bawah dengan baik dan aman pada saat terjadi kecelakaan.

Menurut Bohlin, seperti dikutip The New York Times pada tahun 2002 obituarinya, “Itu hanya masalah menemukan solusi yang sederhana, efektif dan dapat digunakan dengan mudah.” Karena kepedulian yang tinggi terhadap keselamatan berkendara, Volvo lalu mendesain seat belt tiga titik baru untuk dipergunakan oleh produsen kendaraan lainnya tanpa memungut biaya sepeserpun.

Dengan kata lain, Volvo telah membagikan kekayaan intelektualnya bahkan untuk para kompetitor atas alasan kemanusiaan yaitu menyelamatkan jutaan nyawa. Setelah diaplikasikan secara luas oleh pabrikan kendaraan, Volvo mengestimasikan bahwa seat belt tiga titik telah menyelamatkan lebih dari satu juta jiwa dalam rentang waktu empat dekade terakhir.

Di Amerika, menurut badan keselamatan lalu-lintas, National Highway Traffic Safety Administration sebanyak 11 ribu jiwa terselamatkan setiap tahunnya karena penggunaan sabuk pengaman.

Baca Juga :  Resep Ayam Coca Cola | Cara Membuat Ayam Coca Cola

Penutup

Itulah biodata Nils Bohlin seorang penemu seat belt 3 titik. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : dari berbagai sumber

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski