Biodata Rasuna Said

Biodata Rasuna Said

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Rasuna Said. Penasaran ingin tahu tentang biodata Rasuna Said, simak penjelasannya berikut ini.

 

Rasuna Said

Hajjah Rangkayo Ra una Said adalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia dan juga merupakan pahlawan nasional Indonesia. Sama seperti Kartini, Beliau seorang orator perempuan yang mencoba mengangkat martabat wanita dan memperjuangkan hak-hak perempuan Indonesia kala itu.

HR Rasuna Said dikenal sebagai sosok yang berkemauan keras dan memiliki pengetahuan yang luas. Rasuna Said yang lahir di Maninjau, Agam, Sumatera Barat pada 14 September 1910, sejak kecil telah mengenyam pendidikan Islam di pesantren.

Semasa kecilnya beliau mengenyam pendidikan Islam di pesantren. Ketika mulai dewasa beliau mulai terterik dengan dunia politik. Kemudian Rasuna pun bergabung dengan Sarekat Rakyat untuk memperjuangkan hak kaumnya.

Di Sarekat Rakyat beliau menjabat sebagai sekretaris cabang kemudian setelah itu beliau bergabung dengan Persatuan Muslim Indonesia.

Rasuna Said dikenal sebagai sosok perempuan yang pandai berorasi terutama tentang hak-hak perempuan. Ia pu merupakan seorang yang sering mengkritisi pemeirntah Belanda.

Akibat dari sikap kritisnya tersebut Rasuna pernah diasingkan ke Semarang pada tahun 1932. Rasuna juga adalah wanita pertama yang mendapat hukuman speek delict yaitu hukuman bagi orang-orang yang menentang Belanda.

Pada masa penjajahan Jepang, Rasuna Said merupakan salah satu pendiri organisasi pemuda Nippon Raya.

Dalam karir politiknya, HR Rasuna Said pernah menjabat sebagai DPR RIS dan kemudian menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung sejak tahun 1959 sampai meninggal.

Wafat

Rasuna Said wafat di jakarta pada tanggal 2 November 1965 di usia 55 tahun. beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata di Jakarta.

Baca Juga :  Biodata Stephen Hawking, Fisikawan Teoritis

Dia dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 1974 oleh pemerintah Karena semua perjuangannya membela hak kaum perempuan, dan namanya digunakan sebagai jalan protokol di daerah kuningan Jakarta.

Rasuna Said memiliki kesamaan dengan RA Kartini yakni sama-sama sebagai salah satu pahlawan nasional dan sama-sama memperjuangkan hak-hak wanita Indonesia.

Dengan segala jasa-jasanya ia resmi mendapat gelar sebagai pahlawan nasional pada 13 Desember 1974 berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 084/TK/1974.

Penutup

Itulah biodata Rasuna Said. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.