Biodata William Sturgeon Penemu Elektromagnet

Biodata William Sturgeon Penemu Elektromagnet

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata William Sturgeon seorang penemu elektromagnet. Penasaran ingin tahu tentang penemu elektromagnet, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata William Sturgeon :

  • Lahir : 22 Mei 1783 Whittington, Lancashire
  • Meninggal 4 Desember 1850 (umur 67) Prestwich , Lancashire
  • Kebangsaan : Inggris
  • Lembagaelektromagnet
  • Dikenal atas : elektromagnet dan elektro bermotor
  • TerpengaruhCharles Grafton Halaman, Charles Grafton Halaman

William Sturgeon adalah seorang Fisikawan asal Inggris yang merupakan penemu pertama kali elektromagnet yang ditemukan pada tahun 1824 dan motor listrik praktis pertama.

Awal kehidupan

William Sturgeon lahir pada tanggal 22 Mei 1783 di Whittington. Ayahnya berprofesi sebagai pembuat sepatu, dan ibunya suka berburu sehingga jauh dari keluarga.

Sejak umur 10 tahun, Sturgeon bekerja menjadi tukang sepatu, namun tidak lama kemudian dia masuk ke angkatan militer tentara. Setelah masuk kedunia militer, dia mendapat inspirasi tentang kilat badai pada saat kapal yang dia tumpangi terkena badai sehingga dia menjadi tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang alam.

Pada tahun 1804 William pindah tugas ke royal artileri, disana dia banyak meminjam buku dan melakukan percobaan dengan menggunakan layang-layang yang diterbangkan untuk menerima sengatan listrik yang berasal dari petir.

Karena percobaan itu, membuat Sturgeon menjadi terkenal di taruna. Setelah keluar dari militer, Sturgeon melanjutkan study filsafat alam dan kuliah malam jurusan fisika.

William Sturgeon pernah menikah dua kali dan mengadopsi seorang anak perempuan.

Penemuan awal elektromagnet

Setelah lulus Sturgeon diangkat menjadi dosen ilmu fisika untuk East India Company’s Military Seminary di Addiscombe, Surrey. Dengan menjadi dosen Sturgeon leluasa mendapatkan suntikan dana yang digunakan untuk mengerjakan percobaan kelistrikan.

Baca Juga :  Biodata Gregor Mendel, Penggagas Teori Genetika Moderen

Pada percobaan yang dilakukan, Sturgeon membeli sebuah kumparan kawat pada batang besi yang dapat di aliri listrik, dan hasilnya adalah aliran listrik pada batang besi itu mampu menarik serbuk besi yang ada disekitarnya.

Dari percobaan itu Sturgeon menyadari bila aliran listrik dapat membentuk medan magnet yang terkonsentrasi pada inti besi.

Selanjutnya, Sturgeon memamerkan elektromagnet temuannya itu pada acara seminar fisika, dan menunjukkan kekuatan medan magnet yang dapat mengangkat 9 pounds serta 7 ons potongan besi yang telah terbungkus oleh kawat, kekuatan itu diperoleh dari arus baterai tunggal.

Dengan penemuan itu, pada tahun 1825 Sturgeon mendapatkan penghargaan silver dari Royal Society of Art. Setelah berhasil menemukan elektromagnet, Sturgeon juga telah berhasil menemukan kompas modern yang dirancang dengan menggunakan elektromagnet.

Sturgeon semakin aktif mengadakan seminar tentang temuannya, hingga pada tahun 1832 dia diangkat menjadi staff pembicara di Adelaide Gallery of Practical Science, London.

Saat menjadi staff pembicara pun Sturgeon tetap mendemonstrasikan tentang penggabungan motor listrik DC dengan komutator. Sturgeon mendirikan Journal Annals of Electrity, Magnestism dan kimia pada tahun 1836.

Pada tahun itu juga dia telah berhasil menemukan Galvanometer, yaitu sejenis ammeter yang digunakan untuk alat mendeteksi dan mengukur arus listrik melalui kumparan dalam medan magnet.

Masa masa akhir

Pada tahun 1840 diusia yang tak lagu muda, Sturgeon masih tetap aktif bekerja sebagai pengawas di Royal Victoria Gallery of Parcical Science yang ada di kota Manchester.

Namun pada saat gallery tempatnya bekerja itu di tutup pada tahun 1942, Sturgeon hanya bekerja sebagai pembicara pada seminar dan mendemonstrasikan beberapa eksperimen yang pernah dia temukan.

William Sturgeon menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 4 Desember 1850 di usia 67 tahun di Prestwich, Lancashire, Inggris.

Baca Juga :  Biodata Semaun, Ketua Umum Pertama Partai Komunis Indonesia ( PKI )

Penutup

Itulah biodata William Sturgeon seorang penemu elektromagnet. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org dan berbagai.sumber

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski