Biodata Rivai Apin, Sastrawan Indonesia

Biodata Rivai Apin, Sastrawan Indonesia

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Rivai Apin seorang Sastrawan Indonesia. Penasaran ingin tahu tentang biodata Rivai Apin, simak penjelasannya berikut ini.

 Rivai Apin

Rivai Apin adalah seorang sastrawan asal Indonesia. Beliau merupakan penyair angkatan tahun 1945. Sastrawan ini lahir pada tanggal 30 Agustus 1927di Padang Panjang, Sumatra Barat dan beliau wafat di Jakarta pada April tahun 1995.

Ayahnya bernama Moh. Apin sedangkan ibunya bernama Siti Khamelah. Rivai Apin adalah anak ketiga dari lima bersaudara, yakni Mochtar Apin (pelukis), Azwar Apin (penerbang), Rivai Apin, Yuliar Apin, dan Safrial Apin.

Rivai Apin juga menjadi salah satu personil dalam tiga serangkai penyair Indonesia. Bersama dengan dua sastrawan lain yakni Chairil Anwar dan Asrul Sani, beliau ikut serta memberikan napas baru dunia kesusastraan Indonesia melalui buku kumpulan puisi Tiga Menguak Takdir.

Rivai Apin pernah menjadi redaktur beberapa majalah kebudayaan, antara lain Gema Suasana, Siasat, Zenith, dan Zaman.

Dia juga pernah menjadi anggota KNIP, DPRD DKI Jakarta, dan juga pernah menjadi salah satu pimpinan pusat Lekra. Setelah peristiwa G30-S/PKI, ia ditahan di Pulau Buru selama 14 tahun dan dibebaskan pada akhir tahun 1979.

Karya-karya Rivai Apin dimuat dalam Gema Tanah Air (1948, ed. H.B. Jassin), Tiga Menguak Takdir (1950), Puisi-puisi Rivai Apin sendiri telah dikumpulkan oleh Harry Aveling dengan judul Dari Dua Dunia yang Belum Sudah (1972).

Menurut Harry Aveling, sebagai penyair Rivai Apin telah menulis sajak yang dapat dikelompokkan ke dalam aliran persajakan Indonesia ala Chairil Anwar yang ditandai dengan kemurungan, keresahan, dan kesepian dalam pengucapannya.

Kepengarangan Rivai Apin ditandai oleh beberapa fase perkembangan, yakni fase pertama ditandai oleh imaji laut dengan sifat kegagahan dan keberanian kaum lelaki.

Baca Juga :  Cacing Darah Larva Nyamuk Chironomus

Penutup

Itulah biodata Rivai Apin seorang Sastrawan Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

 

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski