Biodata Samuel Hahnemann Penemu Pengobatan Alternatif Homeopati

Biodata Samuel Hahnemann Penemu Pengobatan Alternatif Homeopati

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Samuel Hahnemann seorang penemu pengobatan alternatif homeopati. Penasaran ingin tahu tentang penemu pengobatan alternatif homeopati, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Samuel Hahnemann :

  • Lahir : 10 April 1755 Meissen, Saxony 
  • Meninggal : 2 Juli 1843 (umur 88) Paris, Prancis
  • Kebangsaan :  Jerman
  • Pasangan : Johanna Henriette Kuchler
  • Bidang : Homoeopati
  • Dikenal atas : Bapak pengobatan alternatif

Christian Friedrich Samuel Hahnemann adalah seorang dokter asal  Jerman, dikenal karena telah menciptakan sistem pengobatan alternatif yang disebut homeopati.

Prinsip dasar homeopati sebagai sistem pengobatan awalnya diperkenalkan oleh seorang tabib ‘Hoppocrates’(300 sm) yang dikenal dengan prinsip “The Father of Medicine”.

Dia menulis “ melalui zat yang sama penyakit dapat ditimbulkan dan melalui zat yang sama penyakit dapat disembuhkan”. Penemuan Hippocrates ditemukan kembali oleh Samuel Hahnemann, seorang dokter kebangsaan Yunani yang diberi julukan “Bapak Homeopati”.

Kehidupan awal

Christian Friedrich Samuel Hahnemann lahir pada tanggal 10 April 1755 di Meissen, Saxony, dekat Dresden. Ayahnya berprofesi sebagai seorang pelukis dan desainer porselen yang terkenal di kota Meissen.

Sebagai seorang pemuda, Hahnemann menjadi mahir dalam beberapa bahasa, termasuk Inggris, Perancis, Italia, Yunani dan Latin. Dia bekerja sebagai penerjemah dan guru bahasa, sampai akhirnya mendapatkan kemampuan lebih lanjut dalam ” bahasa Arab , Siria , Chaldaic dan Ibrani “.

Hahnemann belajar ilmu kedokteran selama dua tahun di Leipzig . Karena kurangnya fasilitas klinis di Leipzig lalu dia pindah ke Wina dan belajar selama sepuluh bulan.

Baca Juga :  Biodata Maskoen Soemadiredja, Pahlawan nasional Jawa Barat

Hahnemann lulus MD di University of Erlangen pada tanggal 10 Agustus 1779. Kemiskinan-Nya mungkin telah memaksa dia untuk memilih Erlangen, seperti biaya sekolah lebih rendah.

Samuel Hahnemann menikah dengan Johanna Henriette Kuchler,  dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai sebelas orang anak.

Penemuan homeopati

Sistem pengobatan homeopati berawal dari ketidakpuasan Samuel Hahnemann dengan sistem pengobatan alopati yang sudah dia tekuni sejak masa pendidikannya di Fakultas Kedokteran di Jerman.

Hahnemann menganggap obat yang diberikan kepada orang yang sakit mempunyai efek samping karena mengandung zat kimia yang membahayakan bagi tubuh orang yang sakit.

Setelah menyerah praktek sekitar tahun 1784, Hahnemann bekerja sebagai penulis dan penerjemah, Sementara itu dia juga menyelidiki penyebab dugaan kesalahan kedokteran.

Pada tahun 1790 Dr.Hahnemann menterjemahkan sebuah buku berbahasa inggris karangan Dr.William Cullen  yang berjudul “ Cullen’s Materia Medika” ke dalam Bahasa Jerman.

Dia menemukan teori yang berhubungan dengan aksi kulit pohon Peru (kulit pohon kina) dalam mengatasi malaria karena astringency nya.

Hahnemann percaya bahwa zat astringent lain tidak efektif terhadap malaria dan mulai meneliti efek kina pada tubuh manusia dengan menguji pada dirinya sendiri.

Akhirnya kajian demi kajian dia lakukan, dan terus diujikan pada dirinya sendiri. Hasilnya membuatnya puas dan semakin yakin dengan apa yang sudah dia temukan.

Selama enam tahun dia bereksperimen, barulah tahun 1796 dia mengkonfirmasikan dan mempublikasikan hasil eksperimennya. Pada awal tahun 1800 Samuel Hahnemann telah membuktikan bahwa obat-obat yang dihasilkan dari dosis yang kecil mampu menyembuhkan penyakit yang diderita manusia mengikuti apa yang beliau namakan sebagai undang-undang keserasian (similar similibus curentur), dan menamakan sistem pengobatannya dengan nama homeopati.

Baca Juga :  Biodata Gideon Sundback Penemu Resleting

Dia pertama kali menggunakan istilah  homeopati dalam esainya yang diterbitkan dalam Hufeland Journal ‘s pada tahun 1807. Samuel Hahnemann meninggal pada tanggal 2 Juli 1843 saat berumur 88 tahun di Paris, Prancis.

Penutup

Itulah biodata Samuel Hahnemann seorang penemu pengobatan alternatif homeopati. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Blog.Penemu