Biodata Whitcomb Judson Penemu Zipper / Ritsleting Pertama Kali

Biodata Whitcomb Judson Penemu Zipper / Ritsleting Pertama Kali

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Whitcomb Judson seorang penemu zipper atau ritsleting pertama kali. Penasaran ingin tahu tentang penemu zipper atau ritsleting pertama kali, simak penjelasannya berikut ini.

Whitcomb L. Judson adalah seorang penemu asal Amerika Serikat yang  terkenal akan penemuan pendahulu ritsleting modern pada tahun 1893, yang disebutnya pengunci gesper (Disempurnakan oleh menantunya Gideon Sundbäck yang berdarah Swedia).

Judson juga menemukan Pneumatic Street Railway. Sepanjang hidupnya, Judson mendapatkan paten untuk retsleting, pengembangan rem motor dan KA. Judson juga membuat sejumlah pengembangan mobil, yang membuat anaknya menjadi jutawan.

Judson lahir di Chicago, Illinois pada tanggal 7 Maret 1846. Menurut sensus tahun 1860, ia tinggal di Illinois, dan bertugas di tentara Union. Judson terdaftar pada tahun 1861 di Oneida, Illinois di Forty-Kedua Illinois Kavaleri.

Judson menghadiri Knox di kampung halamannya Galesburg, Illinois. Dia ditemukan di Minneapolis, Minnesota, pada tahun 1886. Pada tahun 1886 dan 1887 direktori kota Minneapolis mengidentifikasi Judson sebagai “agen perjalanan” ,sebuah salesman bekerja mungkin untuk Pitts Pekerjaan Pertanian.

Beberapa tahun kemudian Judson mulai bekerja untuk Earle Manufacturing Company dengan Harry L. Earle sebagai kepala perusahaan. Judson menjual pemotong band dan timbangan gandum bagi mereka bersama dengan barang-barang lainnya sebagai salah satu salesman mereka.

Jalan kereta api

Judson mulai usahanya membuat penemuan sekitar tahun 1888 ke 1889. Konsentrasinya adalah pada penemuan untuk “jalan kereta api pneumatik”. Penemuan yang dipatenkan pertama adalah untuk “gerakan mekanis” yang terkait dengan itu.

Baca Juga :  Biodata John Tyndall Penemu Efek Tyndall

Pada tahun 1889 Judson memperoleh enam paten yang berhubungan dengan konsep dari jalan kereta api dengan udara terkompresi. Konsep ini mirip dengan sistem kereta kabel tetapi dengan piston ditangguhkan bawah railcar tersebut.

Zipper

Judson adalah penemu yang dianugerahi 30 hak paten atas karir selama enam belas tahun. Ia menerima empat belas paten atas ide-ide kereta api jalan sebelum penemuan paling penting, sebuah pengikat rantai-lock. Ini adalah pendahulu untuk modern zipper yang dikembangkan dan diciptakan pada tahun 1890.

Judson diakui sebagai penemu ritsleting. Ia juga menemukan “gesper-ganti” mesin produksi otomatisasi yang membuat perangkat pengikat nya tidak mahal. Ada banyak masalah teknis dalam membuat “gesper-loker” namun perangkat pengikat logam ritsleting Judson ini disebut “gesper-ganti” pada zamannya, bukan zipper – yang muncul bertahun-tahun setelah kematiannya.

 ‘gesper loker’ paten, 1893. buatan Judson

“Gesper locker” adalah pengikat hook-dan-mata rumit dengan susunan kait dan mata dijalankan oleh “panduan” untuk menutup dan membuka item pakaian. Aplikasi pertama adalah sebagai pengikat sepatu dan ada yang menyebutkan di paten untuk aplikasi mungkin untuk korset, sarung tangan, tas surat, dan “umumnya digunakan untuk dilepas dan menghubungkan sepasang bagian fleksibel yang berdekatan.”

Paten ritsleting pertama Judson ini diterapkan untuk bulan November 1891. Pada saat itu Kantor Paten Amerika Serikat tidak memerlukan model kerja dari paten. Namun, penemuannya hampir ditolak oleh asisten paten pemeriksa Thomas Hart Anderson karena sudah ada beberapa jenis pengencang sepatu yang sudah dipatenkan.

Judson mengajukan hak paten kedua pada versi perbaikan untuk item yang sama sekitar sembilan bulan kemudian sebelum disetujui. Setelah dilakukan beberapa perubahan, akhirnya pengajuan paten itu disetujui pada bulan Mei 1893 bersama dengan versi perbaikan.

Baca Juga :  Biodata K.H. Ahmad Sanusi

Ketika dua paten akhirnya dikeluarkan pada tanggal 29 Agustus dengan 378 orang lain hari itu, mereka menerima nomor USP 504.038 (pertama) dan USP 504.037 (kedua). Paten ini menjelaskan beberapa desain dari “gesper-ganti”. Dalam paten desain kemudian pengikat itu berbicara tentang unsur-unsur yang berlawanan di setiap sisi yang identik dengan satu sama lain dan cocok bersama dengan menarik dari “pintles” dan “soket.” Dalam patennya USP 557.207 1896 adalah deskripsi yang cukup banyak seperti ritsleting modern yang kita miliki saat ini.

Pada tahun 1893 Judson memamerkan penemuan barunya di  Pameran Dunia Chicago. Judson meluncurkan Universal Fastener Company untuk memproduksi penemuan barunya, bersama-sama dengan Harry L. Earle dan Lewis Walker. Universal Fastener Company dimulai di Chicago dan kemudian pindah ke Elyria, Ohio.

Lalu pindah ke Catasauqua, Pennsylvania , dan kemudian ke Hoboken, New Jersey. “Gesper-ganti” Judson sukses secara komersial pada awalnya. Dia akhirnya tidak pernah melihat banyak keberhasilan dalam “gesper-ganti” sebagai item fashion selama hidupnya. Judson membuat “C-curity” gesper-ganti pengikat pada tahun 1905 yang merupakan versi perbaikan dari paten sebelumnya.

Pada tahun 1913 ritsleting diperbaiki oleh insinyur Swedia-Amerika, Gideon Sundback, dan juga oleh Catharina Kuhn-Moos Eropa. Sundback berhasil mendesain ulang pengikat Judson ke dalam bentuk yang lebih ramping dan dapat diandalkan disebut “Talon.”

Penutup

Itulah biodata Whitcomb Judson seorang penemu zipper atau ritsleting pertama kali. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu

 

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski