Biodata Willem Einthoven Penemu Elektrokardiogram

Biodata Willem Einthoven Penemu Elektrokardiogram

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Willem Einthoven seorang penemu elektrokardiogram. Penasaran ingin tahu tentang penemu elektrokardiogram, simak penjelasannya berikut ini.

Willem Einthoven (21 Mei 1860 – 28 September 1927) adalah seorang dokter dan fisiolog asal Belanda. Ia merupakan penemu dari elektrokardiogram pada tahun 1903 dan menerima Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran tahun 1924 atas penemuan mekanisme elektrokardiogramnya itu.

Willem Einthoven lahir di Semarang, Jawa di Hindia Belanda (kini Indonesia) pada tanggal 21 Mei 1860 dan meninggal di Leiden, Belanda pada 28 September 1927. Elektrokardiogram (EKG) adalah grafik yang dibuat oleh sebuah elektrokardiograf, yang merekam aktivitas kelistrikan jantung dalam waktu tertentu.

Namanya terdiri atas sejumlah bagian yang berbeda: elektro, karena berkaitan dengan elektronika, kardio, kata Yunani untuk jantung, gram, sebuah akar Yunani yang berarti “menulis”. Analisis sejumlah gelombang dan vektor normal depolarisasi dan repolarisasi menghasilkan informasi diagnostik yang penting.

Elektrokardiogram tidak menilai kontraktilitas jantung secara langsung. Namun, EKG dapat memberikan indikasi menyeluruh atas naik-turunnya suatu kontraktilitas.

Sebelum zaman Einthoven, diketahui bahwa detak jantung menghasilkan arus listrik, tetapi instrumen waktu tidak dapat secara akurat mengukur fenomena ini tanpa menempatkan elektroda langsung ke jantung. Mulai tahun 1901, Einthoven menyelesaikan serangkaian prototipe string galvanometer.

Perangkat ini menggunakan filamen kawat konduktif yang sangat tipis yang melintas di antara elektromagnet yang sangat kuat. Ketika arus melewati filamen, medan magnet yang diciptakan oleh arus akan menyebabkan string bergerak. Sebuah cahaya yang menyinari string akan membuat bayangan pada gulungan kertas foto yang bergerak, sehingga membentuk kurva kontinu yang menunjukkan pergerakan string.

Baca Juga :  Biodata Jacques Cousteau Penemu Aqualung

Mesin asli membutuhkan pendingin air untuk elektromagnet yang kuat, membutuhkan 5 orang untuk mengoperasikannya dan beratnya sekitar 270 kilogram. Perangkat ini meningkatkan sensitivitas galvanometer standar sehingga aktivitas listrik jantung dapat diukur meskipun ada isolasi daging dan tulang.

Meskipun kemajuan teknologi kemudian menghasilkan perangkat EKG yang lebih baik dan lebih portabel, banyak terminologi yang digunakan dalam menggambarkan EKG berasal dari Einthoven. Penugasannya huruf P, Q, R, S dan T untuk berbagai defleksi masih digunakan.

Segi tiga istilah Einthoven dinamai untuknya. Ini mengacu pada segitiga sama sisi imajiner terbalik yang berpusat di dada dan titik-titik yang menjadi standar pada lengan dan kaki. Setelah pengembangan string galvanometer, Einthoven melanjutkan untuk menggambarkan fitur elektrokardiografi dari sejumlah gangguan kardiovaskular.

Di kemudian hari, Einthoven mengalihkan perhatiannya pada studi akustik, khususnya bunyi jantung yang ia teliti bersama Dr. P. Battaerd. Pada tahun 1924, Einthoven dianugerahi Hadiah Nobel dalam Kedokteran karena menciptakan sistem praktis elektrokardiografi pertama yang digunakan dalam diagnosis medis.

Penutup

Itulah biodata Willem Einthoven seorang penemu elektrokardiogram. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : biografi penemu dunia

Pencarian Populer : Виллем Эйнтховен в 1905 г предпринял первую и удачную попытку передачи сигнала электрокардиограммы по телефону