Biodata Philo Farnsworth Penemu Sistem Televisi Elektronik

Biodata Philo Farnsworth Penemu Sistem Televisi Elektronik

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Philo Farnsworth seorang penemu sistem televisi elektronik. Penasaran ingin tahu tentang penemu sistem televisi elektronik, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Philo Farnsworth :

Lahir : 19 Agustus 1906 Beaver, Utah

Meninggal : 11 Maret 1971 Salt Lake City, Utah

Pendidikan : Universitas Brigham Young (tanpa gelar)

Orang tua : Lewis Edwin Farnsworth dan Serena Amanda Bastian

Pasangan : Elma “Pem” Gardner

Anak : Philo T. Farnsworth III, Russell Farnsworth, Kent Farnsworth, dan Kenneth Farnsworth

Dikenal atas : Penemu Amerika dan pelopor sistem televisi elektronik

 

Philo Farnsworth (19 Agustus 1906 – 11 Maret 1971) adalah seorang penemu asal Amerika yang terkenal karena penemuannya pada tahun 1927 atas sistem televisi elektronik yang berfungsi penuh pertama. Farnsworth juga memegang lebih dari 300 paten AS dan asing selama masa hidupnya.

Kehidupan awal 

Philo Farnsworth lahir di sebuah pondok kayu kecil di Beaver, Utah, pada tanggal 19 Agustus 1906. Pada tahun 1918, keluarga Farnsworth pindah ke pertanian seorang kerabat dekat Rigby, Idaho. Sebagai seorang anak berusia 12 tahun yang penasaran akan pengetahuan, Farnsworth telah berdiskusi panjang dengan para tukang reparasi yang datang untuk mengerjakan generator listrik yang menyalakan lampu di rumah keluarga dan mesin pertaniannya. 

Segera, Farnsworth bisa memperbaiki generator itu sendiri. Dengan memperbaiki dan memasang motor listrik bekas, dia menyederhanakan tugas hariannya memutar pegangan engkol mesin cuci yang dioperasikan secara manual milik ibunya. Percakapan telepon pertamanya dengan seorang kerabat memacu minat awal Farnsworth dalam komunikasi elektronik jarak jauh.

Baca Juga :  Biodata Augustin-Jean Fresnel Penemu Lensa Fresnel

Pendidikan

Sebagai siswa di Rigby High School, Farnsworth unggul dalam bidang kimia dan fisika. Dia mendiskusikan ide-idenya untuk sistem televisi elektronik dengan guru sains dan kimianya, mengisi beberapa papan tulis dengan gambar untuk menunjukkan bagaimana idenya akan bekerja. Salah satu gambar ini nantinya akan digunakan sebagai bukti dalam gugatan gangguan paten antara Farnsworth dan RCA.

Farnsworth pindah bersama keluarganya ke Provo, Utah, pada tahun 1932. Tahun berikutnya, ayahnya meninggal, dan Farnsworth yang berusia 18 tahun harus menafkahi dirinya sendiri, ibunya, dan saudara perempuannya Agnes. Farnsworth lulus dari Sekolah Menengah Brigham Young pada bulan Juni 1924 dan segera diterima di Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat di Annapolis, Maryland. 

Ketika Farnsworth mengetahui bahwa menjadi perwira angkatan laut berarti bahwa pemerintah akan memiliki hak patennya di masa mendatang, dia tidak lagi ingin menghadiri akademi. Farnsworth memperoleh pemberhentian yang terhormat dalam beberapa bulan.

Farnsworth lalu kembali ke Provo, di mana dia menghadiri kuliah sains lanjutan di Universitas Brigham Young, menerima sertifikasi penuh sebagai teknisi listrik dan radio dari Institut Radio Nasional pada tahun 1925.

Sistem Televisi Elektronik

Philo Farnsworth tahu bahwa mengganti disk yang berputar dengan sistem pemindaian elektronik akan menghasilkan gambar yang lebih baik untuk dikirim ke penerima. Pada tanggal 7 September 1927, solusi Farnsworth, tabung kamera pembagi gambar, mengirimkan gambar pertamanya ke penerima di ruangan lain di laboratorium San Francisco.

Pada tanggal 3 September 1928, Farnsworth mendemonstrasikan sistemnya kepada publik. Karena para pendukungnya telah mendesaknya untuk mengetahui kapan mereka akan melihat uang nyata dari penelitian yang mereka danai.

Pada tahun 1929, Farnsworth lebih jauh meningkatkan desainnya dengan menghilangkan generator tenaga bermotor, sehingga menghasilkan sistem televisi yang tidak menggunakan komponen mekanis. Pada tahun yang sama, Farnsworth mentransmisikan gambar seseorang yang disiarkan langsung di televisi.

Baca Juga :  Biodata William James, Filsuf Pendiri Pragmatisme

Pada saat Farnsworth mengadakan demonstrasi publik tentang penemuannya di Institut Franklin di Philadelphia pada tanggal 25 Agustus 1934, Farnsworth telah diberikan Paten AS No. 1.773.980 untuk “Sistem Televisi”. Farnsworth mulai mentransmisikan program televisi terjadwal dari laboratoriumnya pada tahun 1936. 

Kematian dan Penghargaan

Philo Farnsworth meninggal dunia pada tanggal 11 Maret 1971 di Salt Lake City, Utah, kemudian istrinya yang meneruskan pekerjaannya serta berusaha meyakinkan terhadap pengakuan atas penemuan Philo. Dalam banyak hal hasil-hasil penemuannya merupakan akhir dari era penemu independen.
Philo Farnsworth telah menerima sejumlah penghargaan, pada tahun 1981 penanda sejarah telah ditempatkan di San Fransisco Green Street Building dimana tempat Philo pertama kalinya memproyeksikan gambar televisi.
Pada tahun 1983 dibuat stempel oleh Pos Amerika untuk penghargaan terhadap karya penemuannya, lalu pada tahun 1990 didirikan patung di Washington’s Statuary Hall sebagai penghargaan bagi Philo Farnsworth.

Penutup

Itulah biodata Philo Farnsworth seorang penemu sistem televisi elektronik. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : dariberbagai sumber