Biodata William Murdoch Penemu Mesin Uap

Biodata William Murdoch Penemu Mesin Uap

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata William Murdoch seorang penemu mesin uap. Penasaran ingin tahu tentang penemu mesin uap, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata William Murdoch :

Lahir :  21 Agustus 1754 Cumnock, East Ayrshire, Skotlandia

Meninggal : 15 November 1839 (85 th) Handsworth, nr. Birmingham, Inggris

Tempat tinggal : Redruth & Birmingham

Kewarganegaraan :  Inggris

Dikenal atas :  Penemu mesin uap, pencahayaan Gas

Penghargaan terkemuka : Rumford Medal

 

William Murdoch (21 Agustus 1754 – 15 November 1839) adalah insinyur asal Skotlandia dan penemu jangka panjang. Murdoch bekerja di perusahaan Boulton dan Watt di Cornwall , sebagai erector mesin uap selama sepuluh tahun, menghabiskan sebagian besar sisa hidupnya di Birmingham , Inggris.

Murdoch adalah penemu mesin uap silinder berosilasi, dan pencahayaan gas yang dikaitkan dengannya di tahun 1790-an, juga istilah ” gasometer “. Murdoch juga membuat inovasi untuk mesin uap.

Murdoch menemukan pistol uap dan tabung pneumatik yang digunakan pada kapal uap dayung British untuk menyeberangi Selat Inggris. Murdoch membangun sebuah prototipe lokomotif uap pada tahun 1784 dan membuat sejumlah penemuan di bidang kimia.

Murdoch tetap seorang karyawan dan kemudian mitra Boulton & Watt sampai 1830-an, dan reputasinya sebagai seorang penemu telah dikaburkan oleh reputasi Boulton dan Watt dan perusahaan yang mereka dirikan.

Awal kehidupan

William Murdoch lahir di Lugar dekat Cumnock, East Ayrshire, Skotlandia pada tanggal 21 Agustus 1754. Dia adalah anak ketiga dari tujuh bersaudara. ayahnya bernama John Murdoch. Dia dididik sampai usia sepuluh tahun di Sekolah Old Cumnock Kirk sebelum masuk sekolah Auchinleck.

Baca Juga :  Biodata Alexander Fleming Penemu Penisilin

Murdoch pandai dalam matematika. Murdoch juga belajar prinsip-prinsip mekanika, eksperimen praktis dan bekerja di logam dan kayu dengan membantu dalam pekerjaan ayahnya. Bersama ayahnya, Murdoch membangun sebuah “kuda kayu” sekitar 1763. “Wooden Horse on Wheels” buatannya adalah sepeda roda tiga yang didorong oleh engkol tangan.

Pada tahun 1777, saat usianya 23 tahun, Murdoch berjalan ke Birmingham, jarak lebih dari 300 mil (480 km), untuk meminta pekerjaan dengan James Watt , yang merupakan produsen mesin uap. Murdoch memulai karirnya dengan Boulton dan Watt dalam pola lokakarya mereka Soho Foundry, membuat pola untuk casting bagian mesin.

Karir solo pertamanya adalah membuat mesin di Wanlockhead Mine, Murdoch membuat banyak perbaikan pada standar Boulton dan mesin Watt dengan mengatur kembali roda gigi untuk memungkinkan uap katup yang akan bekerja secara otomatis oleh aksi poros knalpot.

Penemuan

Penemua Murdoch lainnya di tahun 1799 yaitu menyederhanakan dan membuat lebih efisien dari banyak roda uap dibandingkan dengan yang digunakan pada waktu itu.

Murdoch juga melakukan sejumlah eksperimen dengan udara terkompresi dan mengembangkan sistem pesan pneumatik pertama yang bekerja dengan menggunakan kompresi udara untuk mendorong pesan dalam silinder melalui tabung ke tujuan yang dimaksud.

Murdoch juga menggunakan kompresi udara untuk membunyikan lonceng di rumahnya untuk mengumumkan pengunjung.

Salah satu penemuan yang sangat penting oleh William Murdoch yang sedikit diketahui adalah model kerja pertama dari kereta uap Inggris, atau lokomotif jalan, pada tahun 1784.

Insinyur Perancis Nicolas Joseph Cugnot telah menunjukkan fungsi alat tersebut dengan membangun (dari 1769) dua kendaraan uap yang berukuran penuh, salah satu yang dirancang untuk membawa 4-5 ton . Semua yang diperlukan adalah desain yang lebih efektif.

Baca Juga :  Biodata Eduard Buchner Penemu Fermentasi Tanpa Sel

Penemuan kimia

William Murdoch juga bereksperimen di bidang kimia dan membuat sejumlah penemuan. Salah satunya pada
tahun 1784, semen besi yang terbuat dari sal amoniak, atau amonium klorida dan serbuk besi, ternyata ditemukan ketika Murdoch mengamati bahwa 2 komponen ini sengaja dicampur dalam tas peralatan dan membentuk suatu massa yang solid.

Semen besi ini digunakan untuk memperbaiki dan mengeraskan sendi mesin uap, sehingga menciptakan segel keras dan tahan lama. Penemuan lainnya, dan yang pertama  dibuat paten diajukan pada tahun 1791 oleh Murdoch adalah langkah pertama dalam pengembangan pewarna anilin dan coating.

Pada 1795 Murdoch mengembangkan pengganti isinglass, endapan yang terbuat dari sturgeon yang digunakan dalam klarifikasi b!r untuk menghilangkan kotoran. Bahan Pengganti tersebut terbuat dari Cod kering dan jauh lebih murah.

Penemuan Murdoch yang paling terkenal adalah aplikasi pencahayaan gas sebagai pengganti minyak dan lemak menghasilkan cahaya. Itu pada tahun 1792 Muedoch pertama kali mulai bereksperimen dengan penggunaan gas, berasal dari pemanasan batu bara dan bahan lainnya, untuk penerangan. eksperimen tersebut diperkirakan terjadi antara tahun 1792 dan 1794.

Murdoch menulis sebuah makalah, “Rekening Penerapan Gas dari Batubara ke Ekonomis Tujuan” yang telah disampaikan kepada Royal Society pada tahun 1808. Pada tahun itu Murdoch dianugerahi mereka Rumford Medali Emas untuk “baik gagasan pertama penerapan, dan aplikasi yang sebenarnya pertama gas untuk tujuan ekonomis”.

Pada September 1830, kesehatan Murdoch menurun pada usia 76, kemitraan Murdoch dengan Boulton & Watt yang dimulai pada 1810 berakhir. Murdoch meninggal pada tanggal 15 November 1839 saat berusia 85 tahun. Dia dimakamkan di St Gereja Mary, Handsworth.

Penutup

Itulah biodata William Murdoch seorang penemu mesin uap. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Baca Juga :  Membuat Surat Undangan dengan Motif Seni Lukis

sumber : Biografi.Penemu

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski