Biodata Wright Bersaudara Penemu dan Perancang Pesawat Terbang Efektif Pertama

Biodata Wright Bersaudara Penemu dan Perancang Pesawat Terbang Efektif Pertama

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Wright Bersaudara penemu dan perancang pesawat terbang efektif pertama. Penasaran ingin tahu tentang penemu dan perancang pesawat terbang efektif pertama, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Wright Bersaudara :

Lahir
Orville: 19 Agustus 1871, Dayton, Ohio 
Wilbur: 16 April 1867, Millville, Indiana 
Meninggal
Orville: 30 Januari 1948 (umur 76), Dayton
Wilbur: 30 Mei 1912 (umur 45), Dayton 
Suku :
Jerman, Belanda, Inggris 
Pekerjaan
Orville: Pencetak/penerbit, penjual/pembuat sepeda, penemu/pembuat pesawat, pelatih pilot
Wilbur: Penyunting, penjual/pembuat sepeda, penemu/pembuat pesawat, pelatih pilot
Wright Bersaudara yang terdiri dari dua orang kakak beradik, Orville Wright (19 Agustus 1871 – 30 Januari 1948) dan Wilbur Wright (16 April 1867 – 30 Mei 1912) dihargai atas desain dan perancangan pesawat terbang efektif pertama, dan membuat penerbangan terkendali pertama menggunakan pesawat terbang bermesin yang lebih berat daripada udara, bersama dengan pendirian tonggak sejarah lainnya dalam bidang era dirgantara.

Wright bersaudara adalah dua dari tujuh anak yang lahir dari pasangan Milton Wright (1828 – 1917) asal Inggris dan keturunan Belanda dan Susan Catherine Koerner (1831 – 1889) dari Jerman dan Swiss. Kedua bersaudara ini sempat bersekolah tinggi namun tidak sampai mendapatkan ijazah.

Penemuan pesawat terbang

Ketertarikan mereka terhadap dunia penerbangan berawal ketika ayahnya memberikan hadiah sebuah mainan helikopter, perangkat ini didasarkan pada penemuan perintis aeronautika Perancis Alphonse Pénaud.

Baca Juga :  Biodata Carl Friedrich Gauss Penemu Teori Bilangan

Terbuat dari kertas, bambu dan gabus dengan karet gelang sebagai pemutar rotornya. Wilbur dan Orville memainkan helikopter itu sampai pecah, namun akhirnya mereka dapat memperbaikinya lagi.

Proses penemuan pesawat terbang oleh kedua bersaudara ini berawal dari ide rancangan layang-layang sederhana yang akhirnya menjadi sebuah pesawat terbang moderen dengan menggunakan mesin.

Selain itu berdasarkan pengamatan, Wilbur menyimpulkan bahwa burung mengubah sudut ujung sayap mereka untuk membuat tubuh mereka menggulung ke kanan atau kiri.

Proses terbangpun mengalami beberapa uji coba dan mengalami beberapa kali kegagalan dan pada puncaknya mereka dapat menerbangkan pesawat terbang berawak pertama buatan mereka, setelah sebelumnya mencoba membuat beberapa bentuk pesawat terbang yang berbeda.

Kedua kakak beradik itu pada awalnya mengelola sebuah toko di Dayton, Ohio. Toko tersebut menjual dan memperbaiki sepeda motor. Mereka mulai mempelajari masalah penerbangan pada tahun 1889.

Lalu mereka mulai membuat tiga pesawat terbang layang bersayap kembar. Ketiganya dites di pantai Kitty Hawk, North Carolina. Pesawat yang ketiga telah diujinya sebanyak 1000 kali penerbangan dan ternyata berhasil dengan sukses.

Kemudian mereka membuat mesin motor ringan. Mesin itu di pasang di pesawatnya yang keempat, yang dinamakannya Wright Flyer.

Penerbangan pesawat pertama dalam sejarah

Pada pukul 10:35 pagi (10:35 WIB malam) dalam cuaca dingin yang mendung pada tanggal 17 Desember 1903, Wright Bersaudara menerbangkan untuk pertama kalinya pesawat udara berkendali sejauh empat mil di dekat wilayah berbukit pasir di Kitty Hawk, North Carolina.

Mereka menyaksikan pesawat Wright Flyer dengan Orville sebagai pilotnya, mengudara selama 12 detik. Kemudian pesawat tersebut turun lagi setelah mencapai 37 meter dari tanah.

Baca Juga :  Biodata René Descartes, Bapak Ilmu Filsafat Modern

Penerbangan itu merupakan penerbangan pesawat yang pertama dalam sejarah. Pesawat tersebut pada awalnya dinamai Wright Flyer, tetapi sekarang lebih populer dengan nama “Kitty Hawk”. Pesawat Flyer yang asli kini terdapat di Museum Dirgantara di Washington DC,Amerika Serikat.

Penutup

Itulah biodata Wright Bersaudara penemu dan perancang pesawat terbang efektif pertama. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Blog.Penemu