Cara Memilih dan Menyimpan Tomat, Nggak Cepat Busuk

Cara Memilih dan Menyimpan Tomat Yang Benar – Sobat Waca berita, tomat dengan nama ilmiah Solanum Lycopersicum gampang banget ditemui di manapun. Tentu saja karena toamt termasuk salah satu bahan masakan yang selalu muncul dalam berbagai masakan.

Biasanya, tomat dikonsumsi sebagai campuran salad, olahan saus, maupun salah satu bahan sayur tumis dan berkuah. Tomat juga banyak diblender untuk diminum sebagai jus, karena manfaatnya memang banyak sekali untuk kesehatan.

Tomat mengandung nutrisi bernama likopen yang bisa berfungsi sebagai antioksidan tubuh untuk mencegah penyakit kanker. Tomat juga kaya akan kalium yang mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan airnya yang tinggi bisa mencegah dehidrasi.

Ada pula serat yang bisa melancarkan pencernaan. Jadi aman dikonsumsi setiap hari. Biasanya masih banyak yang bingung memilih tomat segar di pasaran, pun bagaimana menyimpannya untuk stok di rumah biar nggak cepat busuk.

Nah, kali ini wacaberita akan menjelaskan bagaimana cara memilih dan menyimpan tomat sehingga nggak cepat busuk. Simak penjelasannya berikut ini Sobat!

Amati warna dan ukuran tomat

Memilih tomat yang berwarna merah cerah belum tentu sepenuhnya tepat, lho. Jika kamu nggak langsung mengonsumsinya, sebaiknya pilih tomat yang masih memiliki warna kehijauan, agar bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama.

Sebaliknya, jika ingin langsung dikonsumsi, kamu bisa memilih yang berwarna merah cerah. Pilih juga yang ukurannya cukup besar, karena biasanya lebih banyak kandungan air, jadi lebih segar saat dikonsumsi.

Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Krengsengan Ayam

Cara Memilih dan Menyimpan Tomat : Sentuh kulit tomat

Untuk memastikan apakah tomat masih segar atau tidak, kamu bisa menyentuh dan mengusap-usap kulit tomat. Jika masih mulus dan bisa memantulkan cahaya atau mengilap, itu artinya tomat masih segar. Namun, jika saat disentuh ia sedikit lembek dan memiliki banyak goresan atau kerutan, bisa berarti tomat sudah mulai membusuk.

Pilih tomat yang masih bertangkai

Tomat yang masih bertangkai berarti baru saja dipanen. Jika tomat sudah tidak bertangkai lagi, udara akan lebih mudah masuk ke tomat dan membuatnya cepat busuk. Jadi, sebaiknya pilih tomat yang masih memiliki tangkai segar, biar bisa disimpan dalam waktu lebih lama.

Jangan cabut tangkainya

Tangkai tomat sangat berguna untuk membuat segar lebih lama. Jadi, kamu bisa menyimpan tomat yang masih memiliki tangkai. Jadi jangan dicabut, ya.
Namun, jika sudah terlanjur mencabutnya, kamu bisa menempelkan plester pada lubang tangkai tomat yang terbuka. Cara ini bisa membantu menjaga tomat dari masuknya udara.

Cara Memilih dan Menyimpan Tomat : Jangan menyimpan di kulkas

Kulkas bisa menyebabkan lembap yang justru membuat tomat mudah membusuk. Tomat sebaiknya disimpan di suhu ruangan dan wadah yang terbuka saja. Pada dasar wadah, kamu juga bisa melapisinya dengan kertas terlebih dahulu. Kertas ini bisa berfungsi untuk menyerap suhu lembap dan mencegah tomat cepat busuk.

Letakkan tomat dengan cara yang benar

Jika tomat yang kamu pilih sudah tidak bertangkai, kamu bisa meletakkan tomat dengan cara terbalik, bagian atas atau pangkal tangkainya menghadap ke bawah. Cara ini juga bisa membantu tomat agar segarnya tahan lama, lho.

Pisahkan tomat

Jika kamu membeli tomat dengan tingkat kesegaran yang berbeda, kamu bisa memisahkan tempat penyimpanannya agar lebih awet. Untuk tomat yang sudah sangat matang, kamu bisa menyimpannya di wadah tertutup, kemudian simpan di suhu ruang maupun di dalam kulkas. Usahakan untuk tidak menggabungnya dengan tomat lain yang masih segar.

Baca Juga :  Biodata Depati Parbo, Pahlawan Kerinci

Pahami cara memilih dan menyimpan tomat

Dengan penjelasan di atas, kamu tentunya sudah paham ya bagaimana memilih buah tomat yang baik. Demikian cara memilih dan menyimpan tomat yang benar agar tidak cepat busuk, Sobat. Semoga bermanfaat!