cara menanam blueberry

Cara Menanam Blueberry yang Manis

Cara Menanam Blueberry yang Manis – Meskipun termasuk tanaman impor, buah blueberry ternyata memiliki jumlah penggemar yang lumayan banyak di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan ada banyak sekali manfaat yang terkandung di dalam buah berry berwarna biru ini.

Buah blueberry merupakan jenis tanaman buah yang berupa semak dan memiliki bunga, Sobat. Tanaman ini berasal dari Amerika Utara, lho.

Daun semak blueberry berbentuk lancip dan lonjong. Bunga-bunga yang muncul biasanya berwarna putih dan menyerupai lonceng.

Buah blueberry sendiri berwarna ungu-biru tua, Sobat. Blueberry bisa tahan dengan kondisi cuaca yang panas atau dingin, lho. Mereka juga jarang terserang penyakit seperti hama.

Cara menanam blueberry

Sobat tertarik untuk menanam tanaman buah blueberry yang rasanya manis ini? Jangan khawatir, Sobat. Melansir dari laman The Spruce, berikut ini Waca Berita berikan rangkuman tips dan cara menanam blueberry yang baik dan benar.

Cahaya

Tanaman buah blueberry perlu tempat yang dipenuhi dengan sinar matahari, Sobat. Tak hanya itu, mereka juga butuh tempat teraman yang bisa melindunginya dari angin yang kencang.

Agar tumbuh dengan baik dan subur, tanaman buah blueberry Sobat perlu terkena matahari setidaknya selama enam jam per harinya. Hindari juga lokasi penanaman dekat pohon besar agar sinar matahari tak terhalangi, Sobat.

Tanah

Tanaman blueberry sangat menyukai tanaman dengan tingkat keasaman atau pH tanah sekitar 4.0 hingga 5.2, Sobat. Mereka juga sangat menyukai tanah yang kaya akan bahan organik, lho.

Baca Juga :  Biodata James Smithson Tennant Penemu Iridium dan Osmium

Blueberry akan tumbuh dengan baik di tanah berpasir daripada tanah liat yang padat. Untuk mendapatkan keasaman yang sesuai, Sobat bisa campurkan belerang alumunium sedalam 15 cm untuk menurunkan pH tanah yang terlalu tinggi.

Pastikan tanah memiliki drainase yang baik, ya. Sobat juga bisa mencampurkan lumut gambut ke dalam tanah untuk menjaga tanah tetap gembur dan asam.

Cara menanam blueberry: perhatikan kadar air saat penyiraman

Penyiraman yang perlu Sobat perhatikan dalam merawat dan menanam tanaman buah blueberry tidak terlalu sulit, nih. Sobat bisa pastikan menyirami mereka setidaknya sekali setiap minggu.
Tanaman buah blueberry memiliki akar yang dangkal. Karena itu, mereka membutuhkan setidaknya beberapa kali penyiraman, terlebih selama musim kemarau.

Suhu dan kelembapan

Kebutuhan suhu tanaman buah blueberry bervariasi tergantung spesiesnya, nih. Kalau tanaman blueberry jenis highbush tradisional, mereka lebih menyukai udara yang lembap dan iklim yang dingin.

Meski begitu, ada banyak jenis atau varian blueberry yang tidak bisa mentoleransi cuaca yang dingin. Sebagian besar jenis blueberry lebih menyukai perlindungan dari angin kering.

Cara menanam blueberry: Pemupukan

Jangan memberikan pupuk pada tanaman buah blueberry di tahun pertama masa tanamnya, Sobat. Hal ini lantaran akar blueberry masih terlalu peka pada garam sampai mereka bisa terbentuk dengan baik.

Setelah masa tanamnya selesai, Sobat bisa berikan mereka pupuk berupa amonium sulfat. Tak hanya itu, Sobat juga bisa menggunakan pupuk apapun untuk tanaman yang sangat menyukai keasaman.

Cara menanam blueberry mudah

Nah Sobat, begitulah cara mudah menanam blueberry. Semoga penjelasan singkat dari kami bermanfaat.

Pencarian Populer : cara menanam