Manfaat Blueberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Blueberry untuk Kesehatan dan Kecantikan – Sobat Waca berita, semakin hari, banyak orang mulai terbiasa makan sembarangan, hal ini bukan tanpa sebab. Gaya hidup modern dan tuntutan serba cepat membuat hal tersebut menjadi kebiasaan. Untuk menyeimbangkan kondisi tubuh, salah satu yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi buah secukupnya untuk mendukung kesehatan.Selain membuat tubuh menjadi sehat, buah juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Salah satu yang paling berkhasiat untuk mendapatkan manfaat ini adalah dari buah blueberry.

Buah berwarna biru keunguan ini wajib jadi buah favorit kamu karena memiliki segudang manfaat. Yuk, simak ulasan Waca berita tentang manfaat buah blueberry untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini!

Banyaknya Manfaat / Khasiat Buah Blueberry

Tangkal Radikal Bebas

Buah yang memiliki rasa asam ini memiliki antioksidan yang sangat tinggi, karena didalamnya terdapat kandungan anthocyanin yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk menetralisir radikal bebas.

Radikal bebas sendiri dapat menyebabkan penuaan. Kandungan lain pada blueberry, yaitu phytonutrient juga mencegah menumpuknya radikal bebas. Radikal bebas diserap oleh zat tersebut dan membuangnya berbarengan dengan kotoran dan keringat.

Manfaat Blueberry Untuk Hindari Obesitas

Blueberry memiliki kalori yang sedikit, jadi kamu bisa mengkonsumsi buah ini tanpa takut gemuk. Jadi, buah ini cocok banget untuk Sobat yang sedang menjalankan program diet.

Baca Juga :  Apa isi kedua iklan gambar AQUADA dan ACENG PRO Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 31

Kandungan pada buah dari keluarga beri ini seperti polyphenol juga mampu mempercepat penurunan berat badan.

Menurunkan Kolesterol

Senyawa pterostilbene pada blueberry mampu merangsang protein reseptor yang terdapat dalam sel, protein ini berperan penting untuk menurunkan kolesterol. Selain itu blueberry juga mengandung pektin yang tinggi.

Serat larut air mampu mengikat kolesterol, nantinya kolesterol jahat akan berkurang dan digantikan dengan kolesterol baik high-density lipoprotein (HDL).

Jaga Kesehatan Jantung dengan mengambil manfaat blueberry

Buah blueberry mengandung antosianin yang dapat membantu melebarkan dan membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis. Pembuluh darah yang melebar akan menurunkan tekanan darah, sehingga akan mengurangi stres pada jantung.

Manfaat Blueberry Ternyata Bisa Meredakan Nyeri Otot

Setelah berolahraga, blueberry merupakan buah yang paling tepat untuk dikonsumsi. Buah ini dapat memperbaiki dan mencegah peradangan pada otot yang kaku. Blueberry juga dapat mengobati rasa pegal dan dapat meningkatkan kekuatan otot.

Mengurangi Risiko Alzheimer

Antioksidan pada blueberry mampu meningkatkan daya ingat, sehingga dapat mencegah alzheimer. Alzheimer adalah penyakit otak yang mempengaruhi penurunan daya ingat, umumnya penyakit ini menyerang orang tua.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Pada buah blueberry terdapat banyak kandungan zat aktif yaitu anti-perekat. Kandungan ini dapat mencegah bakteri Escherichia coli (E. coli) agar tidak menempel pada dinding kandung kemih.

Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat blueberry lainnya adalah dapat mengurangi risiko diabetes. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi blueberry, memiliki 23 persen risiko lebih rendah untuk terkena diabetes tipe 2.

Manfaat Blueberry: Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang banyak dialami, penyakit ini bahkan bisa memicu penyakit stroke. Namun dengan mengkonsumsi blueberry, fungsi pembuluh darah menjadi meningkat dan menurunkan tekanan darah sistolik.

Baca Juga :  Penyebab Buah Jambu Air Rontok dan Cara Mengatasinya

Mencegah Kanker

DNA sangat rentan mengalami kerusakan karena zat berbahaya atau radikal bebas. Kandungan antioksidan yang tinggi dari blueberry dapat menetralkan zat perusak DNA. Kerusakan DNA sendiri dapat menyebabkan kanker bahkan hingga penuaan.

Meningkatkan Konsentrasi dan Ingatan

Sebuah penelitian menunjukan orang yang tidak mengonsumsi jus blueberry mengalami penurunan kinerja sampai 20%. Seorang peneliti mengungkapkan bahwa blueberry dapat merangsang oksigen dan aliran darah ke otak, ini yang membuat pikiran tetap aktif.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Lagi-lagi, karena kandungan antioksidannya yang tinggi blueberry mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Bluberry: Menjaga Kesehatan Mata

Masalah mata seperti miopi, katarak, hingga infeksi yang berkaitan dengan retina, dapat dihindari dengan mengonsumsi buah blueberry. Buah ini mengandung antioksidan yang disebut dengan karotenoid dan senyawa lainnya yang baik untuk kesehatan mata.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat blueberry untuk kulit sangat beragam, kulit akan terhindar dari bintik hitam, keriput, selulit dan masalah kulit lainnya. Blueberry mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat membangun kolagen untuk mengencangkan dan meremajakan kulit.

Memelihara Kesehatan Tulang

Blueberry mengandung fosfor, kalsium, vitamin K. Kandungan ini sangat baik untuk kesehatan tulang karena dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Manfaat Blueberry Ternyata Segudang!

Itulah Sobat beberapa manfaat buah blueberry yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Tertarik untuk mengkonsumsi blueberry secara rutin? Yuk, segera konsumsi buah blueberry, badan jadi sehat, kulit juga jadi cantik! Semoga artikel ini bermanfaat Sob!