Tata Cara Pendaftaran PPG Dalam Jabatan 2022

tata cara pendaftaran ppg

Tata Cara Pendaftaran PPG Dalam Jabatan 2022 – Sobat Waca Berita, pendidikan profesi merupakan pendidikan tinggi setelah pendidikan sarjana, yang bertujuan menyiapkan para pesertanya yaitu mahasiswa mendapatkan keahlian khusus di bidang tertentu. Salah satu pendidikan profesi di Indonesia adalah PPG atau Pendidikan Profesi Guru, yang secara umum bertujuan mempersiapkan tenaga pendidik profesional sebelum terjun ke dunia pendidikan secara total.

Kali ini Waca Berita akan memberikan informasi tentang Pendidikan Profesi Guru atau PPG Dalam Jabatn dan bagaimana tata cara pendaftaran PPG di tahun 2022 ini. Silakan disimak, ya Sob!

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan

Dilansir dari website Kemdikbud, Program PPG Dalam Jabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan Standar Pendidikan Guru.

PPG Dalam Jabatan diharapkan dapat menjawab berbagai permasalahan pendidikan, seperti: (1) kualifikasi di bawah standar (under qualification), dan (2) guru-guru yang kurang kompeten (low competence). Selain itu, guru di era revolusi industri 4.0 harus memiliki kemampuan melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan dengan mengintegrasikan critical thinking dan problem solving, communication and colaborative skill, creativity and inovative skill, information and communication technology literacy, contextual learning skill, serta information and media literacy.

Program PPG Dalam Jabatan dirancang secara sistematis dan menerapkan prinsip mutu mulai dari seleksi, proses pembelajaran, dan penilaian, hingga uji kompetensi, sehingga diharapkan akan menghasilkan guru-guru masa depan yang profesional yang dapat menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan berkarakter, serta cinta tanah air dan dalam waktu yang bersamaan, diharapkan mampu menjawab permasalahan pendidikan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. PPG Dalam Jabatan juga dirancang agar mampu membekali kemampuan problem solving, kritis, dan kreatif kepada calon guru profesional, melalui implementasi model pembelajaran dan kegiatan berbasis masalah (problem-based learning) dan proyek (project-based learning).

Program PPG Dalam Jabatan bertujuan menghasilkan guru sebagai pendidik profesional yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Sumber. Perdirjen tentang petunjuk teknis Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan 2021.

Tata Cara Pendaftaran PPG (Pendidikan Profesi Guru) dalam Jabatan

Sobat, berikut ini timeline atau jadwal pendaftaran PPG / Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan tahun 2022

Baca Juga :  Biodata King C. Gillette Penemu Pisau Cukur (Silet)

Pendaftaran dan Pengiriman Berkas : 7-23 Februari 2022

Perbaikan Berkas: 7-25 Februari

Pengumuman hasil seleksi: 4 Maret 2022

Cara Mendaftar PPG Dalam Jabatan 2022

  1. Mendaftar dan mengirim berkas sesuai persyaratan mellaui laman ppg.kemdikbud.go.id
  2. Login menggunakan akun simpkb
  3. Unggah hasil pindai/scan ijazah asli S-1/D-IV dan syarat administrasi lainnya
  4. Menetapkan bidang studi linier
  5. Isi nama Perguruan Tinggi dan prodi sesuai ijazah S-1/D-IV
  6. Tunggu pengumuman di laman ppg.kemdikbud.go.id (login dengan akun SIMPKB)

Tata Cara Pendaftaran PPG Dalam Jabatan 2022

Status Disetujui jika

  • Berkas Lengkap
  • Bidang Studi PPG Linier dengan Prodi Ijazah S-1/D-IV

Status Ditolak (Perbaikan)

  • Berkas tidak lengkap
  • Bidang studi dan Prodik tidak linier
  • Dimungkinakan adanya perbaikan

Status Ditolak (Permanen)

  • Berkas tidak memenuhi syarat
  • Bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV
  • Tidak dimungkinkan adanya perbaikan

Guru yang lolos verifikasi dan validasi berstatus “disetujui” dinyatakan lolos seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan 2022.

Tata Cara Pendaftaran PPG Dalam Jabatan 2022

Demikian informasi singkat terkait tata cara pendaftaran PPG / Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan tahun 2022. Sobat bisa mendapatkan informasi lebih lanjut pada laman resmi PPG Kemdikbud di ppg.kemdikbud.go.id.

Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski