Rekomendasi Produk Tanaman Hias Kekinian

Rekomendasi Produk Tanaman Hias Kekinian – Sobat Waca Berita, tanaman hias untuk dekorasi rumah bukanlah hal baru. Akan tetapi, tren dekorasi rumah menggunakan tanaman saat ini semakin berkembang. Selain dapat menambah suasana yang asri dan membuat ruangan menjadi segar, adanya produk tanaman hias untuk dekorasi rumah bisa memberikan inspirasi tersendiri.

Apalagi jika tanaman hias untuk dekorasi rumah diletakkan di tempat yang sering digunakan untuk kerja, misalnya di meja kerja. Menaruh tanaman hias untuk dekorasi rumah di meja makan juga dapat menambah selera makan dan unsur warna hijaunya akan membuat tampilan ruang menjadi lebih segar.

Rekomendasi produk tanaman hias untuk dekorasi rumah ada beragam, antara lain tanaman hias dalam pot, tanaman hias daun, tanaman hias bunga, tanaman gantung, dan beberapa tanaman lainnya yang tergolong sebagai tanaman hias dalam ruangan. Berikut adalah Rekomendasi Produk Tanaman Hias Kekinian yang bisa didapatkan dengan mudah di toko tanaman serta sangat mudah dalam perawatan terutama untuk pemula.

Rekomendasi Produk Tanaman Hias Kekinian

1. Produk Tanaman Hias Cycads/Sikas

Cycads atau Sikas

Cycads atau disebut dengan sikas adalah jenis tanaman yang sering kita jumpai di pinggir jalan. Meski terlihat kurang eksklusif, tanaman ini juga dapat memberikan sentuhan eksotis di ruangan. Kamu dapat membeli sikas dengan ukuran mini yang sudah ditanam di dalam pot.

Baca Juga :  Biodata William James, Filsuf Pendiri Pragmatisme

Kalau dibiarkan liar di halaman rumah, produk tanaman hias ini bisa tumbuh mencapai 2 meter! Kelebihan lain dari tanaman hias ini yaitu proses pertumbuhannya cukup lambat sehingga Kamu tidak perlu berkali-kali repotting. Tanaman ini juga tahan dari serangan hama sehingga Kamu tidak harus bolak-balik mengurusnya.

2. Peperomia Obtusifolia

Tanaman peperomia obtusifolia mampu memberikan kesan indah, cool, dan bright bagi suatu ruangan. Hal ini disebabkan oleh bentuk daunnya yang bulat dengan daging daun yang gemuk. Tak sebatas itu saja, tanaman ini tetap tumbuh dengan baik di bawah cahaya lampu neon.

Oleh karena itu, Kamu yang mencari tanaman hias untuk menghias meja kantor bisa memilih peperomia obtusifolia. Jika sudah bosan dengan sukulen, Kamu bisa memakai tanaman ini untuk menjadi interior meja kerja. Terlebih lagi, perawatan tanaman ini lebih mudah dirawat dibanding dengan sukulen yang gampang mati.

3. Siklok (Agave Attenuata)

Siklok (Agave Attenuata)

Bagi Kamu yang tinggal di tempat panas dan tanah cenderung kering, silakan memilih produk tanaman hias agave atenuatta. Tanaman asal Meksiko ini cenderung tahan terhadap panas. Makanya, tanaman ini sering digunakan sebagai penghias taman minimalis. Kamu juga bisa memakainya untuk menghias pinggiran kolam ikan dan kolam renang.

4. English Ivy

English Ivy

Apakah dinding rumah Kamu monoton? Coba percantik dinding rumah Kamu dengan tanaman ivy. Tanaman ivy memiliki banyak akar yang tumbuh di batangnya sehingga bisa merambat di dinding. Meskipun begitu, akar tanaman ivy tidak akan merusak dinding rumah Kamu.

Selain di dinding, tanaman ini juga populer untuk penghias kamar tidur. Kamu bisa meletakkannya di meja samping tempat tidur agar bisa tidur lebih nyenyak. Terakhir, tanaman ini juga bisa ditanam secara hidroponik.

Baca Juga :  Manfaat Daun Miana Merah, Bisa Mengobati Wasir!

5. Aloe Vera

Aloe Vera

Sobat, kini Kamu bisa membuat masker atau pelembap Aloe vera sendiri di rumah! Caranya, Kamu hanya perlu menanam sendiri produk tanaman hias Aloe vera atau lidah buaya. Dengan menanam sendiri, masker DIY ini tentu lebih berkualitas karena organik dan bebas pestisida.

Meskipun tidak ada pengalaman berkebun, Kamu bisa membudidayakan tanaman ini dengan sangat mudah. Tak hanya minim perawatan, lidah buaya cocok untuk ditanam indoor di pot atau ditanam outdoor di pekarangan Kamu.

6. Monstera Deliciosa

monstera deliciosa

Ini dia jenis tanaman hias yang tengah jadi buah bibir di Indonesia yaitu monstera deliciosa. Tanaman ini disukai karena memiliki bentuk daun berlubang yang tercipta secara alami! Tanaman hias ini pun diperuntukkan untuk Kamu yang ingin mendekorasi ruangan bergaya Hawaiian.

Nantinya, Kamu dapat mengaplikasikannya untuk interior kafe dan ruang tamu. Namun, hindari produk tanaman hias ini jika Kamu memiliki anak atau binatang peliharaan di rumah. Konon, tanaman ini mengandung asam oksalat yang berbahaya jika tanpa sengaja tertelan.

7. Palem Botol Merah

Apakah Kamu ingin memberi sentuhan tropis di dalam rumah atau ruangan? Pilihlah pohon palem botol yang sudah dikembangbiakkan dalam ukuran mini. Jangan membayangkan pohon palem dengan tinggi bermeter-meter, ya. Kamu dapat membeli versi mininya dengan tinggi sekitar 80-100 cm saja.

Uniknya, pohon palem mini ini dapat ditanam di tempat yang minim cahaya seperti di dalam ruangan. Dengan menggunakan pohon palem, ruangan Kamu akan lebih bernuansa tropis. Kamu bisa rileks di rumah saja bersama keluarga tanpa harus ke pantai!

8. Lidah Mertua

Spesial untuk Kamu yang mencari tanaman yang minim perawatan, Kamu bisa memilih produk tanaman hias lidah mertua atau Sansevieria S. Trifasciata Laurentii. Meskipun tidak ada pengalaman berkebun, Kamu bisa membudidayakannya dengan mudah. Lidah mertua bisa ditanam secara indoor di pot ataupun di pekarangan.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini Kamis 13 Oktober 2022

Tanaman ini juga memiliki bentuk daun runcing dengan pola unik menyerupai harimau. Kerennya lagi, lidah mertua tetap akan bertahan hidup meski tidak disiram selama seminggu. Kamu yang sibuk beraktivitas tak perlu sering-sering menyiramnya.

9. Lili Paris

Apakah Kamu hidup di perkotaan dengan tingkat polusi yang tinggi? Kamu bisa mempertimbangkan tanaman yang dapat membersihkan udara dari polusi. Tak hanya fungsional, produk tanaman hias ini dijual dengan harga murah-meriah! Kamu bisa membelinya dalam jumlah banyak dan menanamnya di kebun atau beranda rumah.

10. Aglonema Red Sumatra

Aglonema Red Sumatra

Selama pandemi COVID-19, tanaman hias aglonema menjadi primadona baru di antara kolektor tanaman hias. Jika Kamu ingin menambah koleksi, kami rekomendasikan varietas lokal yang menjadi pride of Sumatra.

Konon, Aglonema Red Sumatra adalah aglonema hibrida dengan daun berwarna merah pertama di dunia, lho! Pasalnya, sebagian besar aglonema memang memiliki daun berwarna hijau. Kita sebagai orang Indonesia layak bangga dengan pencapaian ini!

Memilih Produk Tanaman Hias Yang Sesuai

Itu tadi rekomendasi produk tanaman hias kekinian. Dari semua pilihan yang disebutkan di atas, adakah tanaman yang memikat hati Sobat?

Sebenarnya, banyak sekali jenis tanaman hias yang mudah dirawat seperti yang dijelaskan pada artikel tentang budidaya tanaman hias dan tanaman bunga untuk pemula yang cocok ditanam di rumah. Namun, Kamu perlu berhati-hati dalam memilih jika ingin menggunakannya sebagai dekorasi rumah. Pastikan produk tanaman hias tersebut sudah sesuai dengan tempat tanamannya. Dengan demikian, rumah atau ruangan akan terlihat indah dengan produk tanaman hias pilihan Kamu!

Semoga bermanfaat ya Sob!