Mengenal Ikan Salem Laut dan Manfaaatnya

Mengenal Ikan Salem Laut dan Manfaaatnya – Mungkin mengonsumsi ikan terdengar biasa. Namun ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan di dalamnya. Apalagi, ada begitu banyak jenis ikan yang bisa kamu coba. Nggak hanya memiliki ukuran yang berbeda, rasa dan kandungan gizinya pun juga nggak kalah bervariasi. Salah satu jenis ikan yang bisa menjadi alternatif menu makan harian adalah ikan salem. Nah, kali ini Waca Berita akan memberikan informasi tentang ikan salem laut beserta manfaatnya.

Mengenal Ikan Salem Laut

Ikan ini termasuk golongan scombridae merupakan komoditas perikanan Indonesia yang banyak diminati pasar karena harganya yang relatif terjangkau dan nilai gizinya baik untuk dikonsumsi keluarga. Pada umumnya ikan ini dapat menjadi umpan segar untuk menangkap ikan – ikan pelagis besar seperti tuna. Ikan salem pun juga memiliki pangsa pasar ekspor yang cukup luas.

Secara umum ikan salem memiliki tubuh yang sedang, dan mempunyai batang ekor yang ramping. Ikan salem mempunyai gigi-gigi kecil yang runcing pada rahang atas dan bawah, deretan gigi serupa juga terdapat di langit-langit mulut. Ikan salem mempunyai panjang rata-rata 15-50 cm. Berdasarkan ukurannya ikan salem laut dibagi menjadi tiga kategori, antara lain kategori juvenil ( dibawah 15 cm), muda (15-28 cm), dan dewasa (diatas 28 cm).

Ikan salem merupakan ikan yang hidup bebas di alam pada perairan epipelagik hingga mesopelagik (biasanya 50-300 m) dan hidup bergerombol dengan sesama jenis dan ukurannya. Pada malam hari, secara bergerombol ikan salem naik ke permukaan laut untuk memangsa euphausida, kopepoda, amphipoda, engraulidae dan cumi-cumi kecil sehingga ikan salem termasuk golongan ikan karnivora.

Baca Juga :  Cara Merawat Suplir Agar Tumbuh Subur dan Indah

Ikan salem adalah jenis ikan yang banyak terdapat di berbagai lokasi perairan di seluruh dunia. Hampir semua perairan mengenal ikan salem dengan nama yang berbeda-beda. Di Indonesia misalnya, ada yang menyebut nama lain ikan salem adalah salmon lokal.

Keberadaan ikan salem pada suatu perairan pada umumnya mengindikasikan bahwa pada perairan tersebut masih terdapat ikan – ikan predator. Hal ini dikarenakan ikan salem merupakan mangsa dari ikan-ikan predator dengan nilai ekonomi tinggi seperti tuna. Ikan ini mampu bertahan hingga kedalaman lebih dari 1.000 meter.

Ikan salem merupakan salah satu spesies yang terdistribusi luas di daerah tropis dan sub tropis. Ikan salem laut dapat hidup di daerah sub tropis karena ikan ini dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam.

Distribusi ikan salem tersebar luas di Samudera Pasifik dan tidak ditemukan di Samudera Hindia termasuk Indonesia dan Australia, kecuali Afrika Selatan. Ikan salem banyak ditemukan di barat laut Pasifik, dan di bagian tenggara dan timur laut pasifik. Ikan salem juga hidup bersama jenis ikan pelagis lainnya misalnya jenis makarel dan sarden. Selama musim panas ikan salem laut bermigrasi ke utara laut pasifik dan selatan pada musim dingin.

Manfaat Ikan Salem

Keunggulan serta manfaat kesehatan dari ikan salem laut, misalnya mengandung kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan. Pasalnya, jika kekurangan kalsium dapat memicu beberapa keluhan kesehatan, misalnya nyeri pada otot serta persendian, tulang keropos, kekebalan tubuh menurun serta daya ingat melemah.
Selain itu sebagian wanita sering merasa nyeri pada perut saat datang bulan, sebab dipicu kekurangan kalsium, zat besi atau juga karena ada gangguan lain. Salah satu terapi alaminya, yakni rutin mengkonsumsi olahan ikan salem. Tak ketinggalan dengan rutin mengonsumsi ikan salem juga membantu mencukupi kebutuhan kalsium, fosfor serta vitamin D yang sangat berperan dalam pertumbuhan anak maupun remaja.

Baca Juga :  Daun Dadap Untuk Bayi, Apa Saja Manfaatnya?

Bagi kaum wanita, dengan rutin mengkonsumsi ikan salem laut diyakini bisa membantu menghindarkan dari risiko terkena kanker payudara. Tak kalah penting, kandungan vitamin B kompleks yang terdapat pada ikan salem bisa berkhasiat mencegah migren atau sakit kepala sebelah. Ikan salem pun diyakini bisa membantu mencegah dan melawan anemia ataupun membantu pembentukan sel darah merah, sehingga tubuh tak mudah lemas dan segar kembali.

Berbagai Resep Ikan Salem

Ikan salem laut dapat diolah menjadi berbagai menu makanan yang lezat. Menu tersebut antara lain ikan salem bumbu sarden, pesmol ikan salem, ikan salem cabai hijau, salem kuah kuning, salem suwir pedas, pindang salem asam pedas, pindang salem tumis kemangi, dan oseng salem cabe gendot. Nah menu masakan tersebut bisa kamu coba di rumah ya, Sob.

Demikian informasi tentang mengenal ikan salem laut dan manfaaatnya. Semoga bermanfaat ya Sob!