Biodata Yoshitada Minami Penemu Penanak Nasi Listrik / Rice Cooker Pertama Kali

Biodata Yoshitada Minami Penemu Penanak Nasi Listrik / Rice Cooker Pertama Kali

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Yoshitada Minami seorang penemu penanak nasi listrik atau rice cooker pertama kali. Penasaran ingin tahu tentang penemu penanak nasi listrik atau rice cooker pertama kali, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Yoshitada Minami :

  • Lahir : 15 Desember 1915, Prefektur Kagawa, Jepang
  • Meninggal : 25 November 1944 (umur 28), Filipina
  • Pengabdian : Kekaisaran Jepang
  • Lama dinas : 1933-1944
  • Pangkat : Letnan

Yoshitada Minami adalah seorang tentara Jepang yang mulai menjalankan prinsip kerja perangkat penanak nasi bertenaga listrik. Rice cooker pertama kali ditemukan oleh Minami pada tahun 1937.

Yoshimi Minami merupakan seorang pilot tempur ulung dalam Angkatan Laut Kekaisaran Jepang pada Perang Dunia II. Minami ikut serta dalam banyak pertempuran dan kampenye Perang Pasifik sebagai anggota dari beberapa unit, Minami diklaim menghancurkan 15 pesawat musuh.

Yoshimi Minami meninggal pada tanggal 25 November 1944 saat berumur 28 tahun, di Filipina, saat berniat menabrakkan pesawatnya ke kapal-kapal musuh di lepas pantai Leyte sebagai partisipan dalam operasi-operasi Kamikaze.

Awalnya rice cooker yang ditemukan Yoshitada Minami terdiri dari wadah kayu tahan bocor dan lempengan logam bertenaga listrik. Lempengan logam itu berfungsi memanaskan wadah kayu yang sudah terisi beras dan air di dalamnya.

Lalu Mitsubishi mencetuskan ide untuk mengganti wadah kayu dengan alumunium yang bisa menghantarkan panas lebih tinggi. Akhirnya, produk ini pun menjadi sangat efektif untuk memasak nasi karena bahan alumunium dan juga penutup yang bisa memanfaakan uap panas dari produk tersebut.

Pada tahun 1945, alat penanak nasi listrik yang masih sangat sederhana itu lalu disempurnakan oleh Mitsubishi Electric Corporation Jepang. Produk Mitsubishi itu dilengkapi dengan wadah alumunium dengan kumparan pemanas di dalamnya.

Baca Juga :  Biodata Adi Rahman Adiwoso Penemu Teknologi Baru dalam Telepon Bergerak Berbasis Satelit

Namun produk ini tidak mempunyai fasilitas turn off otomatis, sehingga harus dipantau selama memasak. Saat itulah Mitsubishi Electric Corporation dikenal sebagai perusahaan pertama yang memproduksi dan memperdagangkan rice cooker listrik.

Pada tahun 1956, perusahaan lainnya yakni Toshiba Electric Corporation, menyempurnakan perabot itu secara signifikan. Saat itu, Toshiba membuat produk rice cooker dengan turn off otomatis yang berfungsi mematikan rice cooker saat nasi sudah matang. Inovasi ini menjadikan rice cooker bekerja lebih aman dibandingkan dengan sebelumnya.

Toshiba menyempurnakan rice cooker dengan cara membuat produk itu berhenti bekerja saat nasi benar-benar matang. Hal itu menjadi penemuan besar di dunia.

Sejak saat itu pun rice cooker menjadi alat yang sangat otomatis untuk menanak nasi. Inovasi dari Toshiba ini pun bisa membuat produk itu menjadi lebih aman saat digunakan.

Akhirnya, Toshiba pada saat itu rata-rata memproduksi 200 ribu rice cooker setiap bulannya. Perkembangannya pun begitu pesat. Hampir 50 % warga jepang memiliki rice cooker di rumahnya.

Seiring perkembangan waktu, alat ini lalu menembus pasar dunia dan dilengkapi berbagai fungsi. Alat yang semula hanya bisa memasak nasi, kemudian dilengkapi dengan fungsi menghangatkan nasi dan sayur mayur, mengukus dan membuat bubur. Sumber tenaga listriknya juga makin dibuat lebih hemat.

Penutup

Itulah biodata Yoshitada Minami seorang penemu penanak nasi listrik atau rice cooker pertama kali. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : dariberbagai sumber

Pencarian Populer : https://wacaberita com/biodata-yoshitada-minami-penemu-penanak-nasi-listrik-rice-cooker-pertama-kali/