inkubator kucing
inkubator kucing

Inkubator Kucing untuk Bertahan Hidup Tanpa Induk

Inkubator Kucing untuk Bertahan Hidup Tanpa Induk – Kucing adalah hewan peliharaan yang masih banyak diminati masyarakat di Indonesia. Kamu bisa menemukannya di berbagai tempat, di desa, kota, pasar, dan berbagai sudut lainnya.

Klasifikasi dan Karakteristik Kucing

Berikut ini adalah klasifikasi kucing:

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Subfilum : Vertebrata
  • Kelas : Mammalia
  • Ordo : Carnivora
  • Subordo : Fissipeda
  • Famili : Felidae
  • Subfamili : Felinae
  • Genus : Felis
  • Spesies : Felis catus

Kucing termasuk hewan karnivora sama seperti singa dan harimau namun mempunyai ukuran tubuh yang kecil dilengkapi dengan gigi yang dirancang untuk menyergap dan merobek daging mangsa. Berat tubuh kucing jantan sekitar 3 – 4 kg dan pada betina 2 – 3 kg, lama hidupnya yang diketahui berkisar 13 – 17 tahun. Berbeda dengan kucing domestik/rumahan yang hidup berkeliaran di luar, kemungkinan umurnya tidak sepanjang kucing yang dirawat dengan baik.

Merawat Kucing

Merawat kucing tergolong gampang-gampang susah, terutama untuk kucing yang baru lahir. Selain kucing baru lahir rentan mengalami kematian, perawatan yang diperlukan juga berbeda dengan perawatan kucing pada umumnya.

Apalagi jika kucing yang kita rawat termasuk kucing yang baru lahir tanpa induk, jadi harus ekstra hati-hati dan sabar dalam perawatannya.

Kamu harus memperhatikan asupan gizi, kebersihan dan kesehatan kucing agar bisa bertahan hidup lebih lama.

Mengenal Inkubator Kucing

Seperti yang kita ketahui, inkubator merupakan sebuah alat yang digunakan dalam membantu bayi atau hewan peliharaan yang baru lahir untuk dapat bertahan hidup. Melalui inkubator, asupan makanan, gizi dan suhu yang stabil diatur sedemikian rupa agar tetap terjaga. Pun demikian pada kucing, fungsi utamanya sebagai salah satu alat dalam membantu perawatan kucing yang baru lahir.

Baca Juga :  Biodata Mahbub Junaidi, Sastrawan dan Ketua PMII Tiga Periode

Menggunakan Inkubator Kucing

Salah satu solusi yang bisa kita lakukan untuk membantu dalam merawat anakan kucing adalah menggunakan inkubator kucing lengkap dengan lampu penghangat. Hal ini bertujuan menjaga suhu badan kucing tetap stabil.

Pada kucing yang baru lahir, sebut saja anakan kucing, suhu tubuh harus dijaga dengan baik agar tetap hangat. Karena jika kedinginan bisa kembung dan menyebabkan kematian.

Inkubator kucing juga membantu pemulihan anak kucing yang sedang sakit. Terutama untuk inkubator kucing yang memiliki komponen khusus mengandung antibiotik sehingga dapat menetralisir debu dan patogen yang terkandung di udara.

Demikian informasi tentang inkubator kucing agar bisa bertahan tanpa induk, semoga bermanfaat ya Sob!

Ativador Windows 7