Jawaban Lengkap IPA Halaman 202-203 Kelas 9

Jawaban Lengkap IPA Halaman 202-203 Kelas 9

Jawaban Lengkap IPA Halaman 202-203 Kelas 9 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Ayo, Kita Selesaikan” Muatan Pelajaran IPA kelas IX. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 202-203 Kelas 9

Ayo, Kita Selesaikan

Manakah rangkaian listrik pada Tabel 5.1 yang merupakan jenis rangkaian listrik tertutup dan jenis rangkaian listrik terbuka? Jelaskan dan berikan alasanmu.

Jawaban

Gambar 1 merupakan jenis rangkaian tertutup.

Alasan

Karena rangkaian terhubung pata kutub positif dan negatif baterai.

Jawaban

Gambar 2 adalah jenis jenis rangkaian tertutup.

Alasan

Karena rangkaian terhubung pada kutub positif dan negatif baterai.

Jawaban

Gambar 3 adalah jenis rangkaian tertutup.

Alasan

Karena rangkaian terhubung pada kutub positif dan negatif baterai

Jawaban

Gambar 4 adalah jenis rangkaian terbuka.

Alasan

Karena rangkaian tersebut tidak terhubung pada kutub positif dan negatif.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 Halaman 15 Apa fungsi dari berkedip dan apa yang terjadi jika kita tidak berkedip

Jawaban

Gambar 5 adalah jenis rangkaian terbuka.

Alasan

Karena rangkaian tersebut juga tidak terhubung pada kutub positif dan negatif baterai

Apa yang perlu kamu diskusikan?

Apa perbedaan dari rangkaian listrik tertutup dan terbuka, coba jelaskan?

Jawaban

Rangkaian listrik terbuka merupakan rangkaian listrik yang memiliki ujung dan pangkal.

Rangkaian listrik tertutup merupakan rangkaian listrik yang tidak memiliki ujung dan pangkal sehingga terdapat perbedaan potensial dan arus listrik yang dapat mengalir terus.

Penjelasan

Rangkaian listrik terbuka dan Rangkaian listrik tertutup merupakan suatu konsep yang paling dasar pada rangkaian elektronika. Sebelum membuat rangkaian elektronika yang lebih kompleks, tentu kita harus memahami terlebih dahulu apa maksud dari rangkaian terbuka dan rangkaian tertutup.

Seperti kita ketahui energi listrik tercipta karena perpindahan elektron yang mengalir secara terus menerus melewati beban yang mana berupa komponen atau peralatan listrik.

Pada dasarnya rangkaian terbuka dan tertutup merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyatakan rangkaian tsb mengalirkan arus listrik atau tidak.

Rangkaian terbuka merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyatakan bahwa rangkaian tersebut tidak terhubung (terbuka). Sehingga pada rangkaian tersebut tidak mengalirkan aliran listrik.

Rangkaian tertutup merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyatakan bahwa rangkaian tersebut terhubung (tertutup). Sehingga pada rangkaian tersebut mengalirkan aliran listrik.

Konsep rangkaian terbuka dan tertutup ini menjadi landasan dalam menciptakan berbagai macam peralatan elektronik seperti saklar dan relay.

Konsep rangkaian terbuka dan tertutup ini juga menjadi landasan cara kerja dari MCB. Jadi ketika pada rangkaian terjadi suatu gangguan entah itu korslet atau beban berlebih maka MCB akan memutuskan rangkaian listrik. Sehingga rangkaian yang terjadi adalah rangkaian terbuka. Hal tsb mengakibatkan tidak ada arus listrik yang mengalir ke peralatan listrik di rumah kita.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 117 Apa perbedaan sendok yang dicelupkan ke air panas dengan yang tidak

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPA Halaman 202-203 Kelas 9. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Kunci Jawaban IPA Halaman 221 Kelas 9
Kunci Jawaban IPA Halaman 216-217 Kelas 9
Kunci Jawaban IPA Halaman 212 213 214 Kelas 9
Kunci Jawaban IPA Halaman 210-211 Kelas 9
Kunci Jawaban IPA Halaman 205-206 Kelas 9

You May Also Like

About the Author: Ajis