Jawaban Pelajaran IPS Kelas 7 Halaman 116

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita, kembali lagi redaksi Waca Berita akan memberikan artikel tentang jawaban pelajaran IPS Kelas 7 SMP MTs Kurikulum Merdeka Halaman 116 yaitu Lembar Aktivitas 18.

Pada tema ini Sobat bisa menemukan pembahasan tentang Langkah Pencegahan Kelangkaan Sumber Daya.

Jawaban Lembar Aktivitas 18 IPS Kelas 7 Halaman 116

Pada Halaman 116 buku mata pelajaran IPS SMP Mts Kelas 7 Kurikulum Merdeka pada Aktivitas 18 terdapat pertanyaan berikut ini.

jawaban ips kelas 7 halaman 116

Rencanakan langkah-langkah untuk mencegah kelangkaan sumber daya alam yang ada di sekitar kalian?

Mengelola Sumber Daya Alam dengan bijaksana

Penggunaan sumber daya untuk kebutuhan manusia perlu diimbangi dengan pelestarian alam. Contoh nyata adalah penanaman pohon di lingkungan sekitar agar bisa dimanfaatkan kembali setelah dieksploitasi.

Menghemat penggunaan Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam yang jumlahnya terbatas sebaiknya dipergunakan secara bijaksana. Perilaku hemat dan efisien sangat diperlukan untuk menjaga sumber daya alam tetap ada hingga masa yang akan datang.

Contoh yang dapat dilakukan adalah penghematan air dan listrik secara tidak langsung akan menjaga kestabilan sumber daya alam.

Memelihara dan melestarikan Sumber Daya Alam

Memelihara dan melestarikan SDA dapat dilakukan dengan cara: Penanaman kembali lahan-lahan yang gundul, peremajaan hutan, pembuatan terasering, pembuatan saluran pembuangan air sesuai konturnya dan sebagainya.

Baca Juga :  Materi Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan Angiospermae

Selain itu kita bisa memelihara sumber daya alam dengan tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan bahan kimia, dan melakukan tanam kembali setiap melakukan penebangan pohon.

Menciptakan alternatif sumber daya

Menciptakan barang subtitusi merupakan salah satu cara mengatasi sumber daya alam. Sumber daya alam yang berlimpah digunakan sebagai bahan pengganti untuk sumber daya yang langka dan hampir habis.

Contohnya penghematan listrik untuk kantor bisa digantikan dengan generator set (genset) untuk beberapa momen tertentu.

Demikian Jawaban Lembar Aktivitas 18 IPS Kelas 7 Halaman 116

Nah itulah pembahasan tentang Jawaban Lembar Aktivitas 18 IPS Kelas 7 Hal 116. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar Sobat semua. Semoga bermanfaat!