Jawaban Pelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka Halaman 56 Lembar Aktivitas 14

jawaban kelas 7 ips halaman 56

wacaberita.com – Sobat, kembali lagi pada pembahasan buku Kurikulum Merdeka kelas 7 mata pelajaran IPS. Pada tulisan ini wacaberita akan menyajikan Jawaban Pelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka Halaman 56 Lembar Aktivitas 14.

Lembar Aktivitas 14 Aktivitas Kelompok Pelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Mata pelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tema 1 membahas tentang Keluarga Awal Kehidupan.

Di buku kurikulum merdeka tersebut dijelaskan tentang Aktivitas memenuhi kebutuhan.

Manusia memenuhi kebutuhan untuk kelangsungan hidupnya. Kebutuhan manusia ini berbeda antar individu dan sifatnya hampir tidak terbatas.

Kebutuhan yang tidak terbatas ini harus diimbangi dengan alat pemuas kebutuhan yang memadai.

Pada bab tersebut dijelaskan pengertian kebutuhan, jenis-jenis kebutuhan dan apa saja alat pemuas kebutuhan.

Berdasarkan tingkat kepentingannya, jenis kebutuhan dibagi menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier.

Sementara itu berdasarkan waktu pemenuhan kebutuhan, dibagi menjadi kebutuhan sekarang, kebutuhan masa mendatang, kebutuhan mendesak dan kebutuhan sepanjang waktu.

Kebutuhan juga dibagi berdasarkan sifat, yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

Baca Juga :  Kunci Aktivitas 2.3 halaman 41 IPA SMA Kelas 10

Sobat, ternyata kebutuhan juga bisa dibagi menjadi beberapa kelompok menurut subjeknya.

Ada yang disebut sebagai kebutuhan individu dan kebutuhan kelompok. Keduanya memiliki perbedaan tentunya.

Faktor Yang Memengaruhi Kebutuhan

Kebutuhan manusia antara satu dan lainnya pasti berbeda. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, antara lain jenis kelamin, lingkungan tempat tinggal, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pendapatan, status sosial, adat istiadat, dan selera manusia.

Jenis Alat Pemuas Kebutuhan

Alat pemuas kebutuhan dapat berupa barang maupun jasa. Untuk mendapatkannya, manusia harus berkorban baik secara ekonomis atau uang, atau bisa juga mendapatkannya secara cuma-cuma alias gratis.

Berdasarkan cara memperolehnya, alat pemuas kebutuhan ada beberapa jenis yaitu barang bebas, barang ekonomi dan barang illith.

Berdasarkan hubungannya dengan barang lain, jenis alat pemuas kebutuhan terbagi menjadi barang subtitusi dan komplementer.

Sementara itu alat pemuas kebutuhan dibagi berdasarkan tujuan penggunaannya yaitu barang produksi dan barang konsumsi.

Sobat, alat pemuas kebutuhan juga dibagi berdasarkan proses pembuatannya yaitu barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi.

Pada lembar aktivitas 14 yaitu aktivitas kelompok, terdapat beberapa pertanyaan yang wajib Sobat jawab nih seperti pada gambar di bawah ini.

Lembar Aktivitas 14 – Aktivitas Kelompok Pelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka

  1. Buatlah kelompok dengan anggota 3-5 orang.
  2. Diskusikan kebutuhan masing-masing anggota kelompok selama tiga hari terakhir. Tulis kebutuhan yang dipenuhi selama tiga hari terakhir dan pengorbanan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
  3. Bandingkan kebutuhan masing-masing anggota. Mengapa terjadi perbedaan kebutuhan dalam kelompok? Apa faktor yang menyebabkan perbedaan kebutuhan?
  4. Tulislah hasil diskusi dalam buku catatan kemudian presentasikan hasil diskusi di depan kelas.

Jawaban Pelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka Halaman 56 Lembar Aktivitas 1

Berikut tim redaksi wacaberita akan memberikan jawaban lembar aktivitas 14 kelas 7 mata pelajaran IPS kurikulum merdeka.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 82 Mengapa benda elastis bisa menghasilkan gaya

Berbagai Contoh Kebutuhan Yang Dipenuhi dengan Pengorbanan

Sobat Wacaberita, berikut ini beberapa contoh kebutuhan yang dipenuhi dengan pengorbanan.

Makan dan Minum

Kebutuhan akan makan dan minum harus terpenuhi. Untuk memenuhinya seseorang harus berkorban. Kamu dapat membantu orang tua ketika di rumah, mulai membereskan rumah atau ikut membantu belanja sayur dan bumbu.

Buku dan alat tulis

Kebutuhan wajib anak sekolah ini bisa didapatkan dengan membeli di toko buku terdekat. Uang yang digunakan bisa dari tabungan uang saku. Atau bisa juga dengan kamu membantu orang tua di rumah.

Pulsa

Sementara itu kebutuhan pulsa bisa dipenuhi dengan membeli di konter. Pengorbanan yang kamu lakukan antara lain minimal dengan membantu orang tua, atau menggunakan uang tabungan yang kamu miliki.

Angkutan Umum

Seperti kebutuhan lainnya, kebutuhan angkutan untuk pulang pergi ke sekolah bisa kamu penuhi melalui uang saku, atau uang tabungan kamu. Lagi-lagi kamu harus rajin membantu orang tua agar meringankan tugas mereka selama di rumah.

Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 56 : Faktor Yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan

Kebutuhan antar individu pasti berbeda. Hal ini seperti yang dijelaskan pada paragraf di atas, antara lain :

Jenis Kelamin

Jenis kelamin memengaruhi kebutuhan individu. Kebutuhan antara laki-laki dan perempuan akan sangat berbeda dalam beberapa hal, misalnya pakaian. Wanita membutuhkan tas, baju, aksesoris, sepatu dan juga riasan wajah untuk bekerja atau sekadar bepergian. Sedangkan laki-laki memiliki kebutuhan yang lebih simpel seperti baju, sepatu dan tas.

Tingkat Pendidikan

Perbedaan tingkat pendidikan antar individu akan memengaruhi kebutuhan. Siswa SD membutuhkan buku dan alat tulis untuk belajar dan mengerjakan tugas. Siswa SMA/SMK membutuhkan buku, alat tulis dan laptop untuk mengerjakan tugas. Dan tentu akan berbeda lagi dengan kebutuhan mahasiswa.

Baca Juga :  Jawaban INFORMATIKA Halaman 91-92 Kelas 7

Lingkungan Tempat Tinggal

Lingkungan tempat tinggal yang berbeda mengakibatkan perbedaan kebutuhan. Seseorang yang tinggal di wilayah pegunungan cenderung membutuhkan pakaian yang hangat, sebaliknya orang yang tinggal di
wilayah dengan cuaca panas cenderung membutuhkan pakaian yang lebih tipis.

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memengaruhi kebutuhan seseorang. Zaman dulu belum ada kebutuhan akan pulsa dan kuota, namun sekarang, pulsa dan kuota menjadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi.

Pendapatan

Besarnya pendapatan seseorang akan berpengaruh terhadap kebutuhannya, semakin besar pendapatan seseorang maka kebutuhannya
juga semakin besar.

Status Sosial

Seseorang yang memiliki status sosial tinggi di masyarakat akan memiliki kebutuhan yang semakin tinggi pula.

Selera

Selera masing-masing individu berbeda-beda, hal ini menyebabkan perbedaan pemenuhuan kebutuhan.

Adat Istiadat

Lain daerah lain pula adat istiadatnya, hal ini mempengaruhi kebutuhan masyarakatnya.

Penutup : Jawaban Pelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka Halaman 56 Lembar Aktivitas 14

Nah Sobat Wacaberita, itulah sedikit ringkasan tentang jawaban pelajaran IPS kelas 7 kurikulum merdeka halaman 56. Ingat ya, jawaban tersebut hanya sebagai referensi saja, tidak mutlak kebenarannya. Kamu dapat berkonsultasi dengan guru maupun orang tua untuk mendapatkan jawaban yang lebih relevan. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afid Setyadi