Jawaban Topik 5 Modul 5 Pelaksanaan Projek SD (Post Test)
Jawaban Topik 5 Modul 5 Pelaksanaan Projek SD (Post Test)

Jawaban Topik 5 Modul 5 Pelaksanaan Projek SD

Table of Contents

Wacaberita.comJawaban Topik 5 Modul 5 Pelaksanaan Projek SD – Halo rekan-rekan guru, kali ini kami akan membagikan materi seputar pemanfaatan platform merdeka mengajar pada fitur pelatihan mandiri. Dalam fitur ini, para guru dituntut untuk memahami serangkaian materi melalui topik dan modul di mana di dalamnya terdapat post test yang harus dikerjakan sebelum melakukan aksi nyata.

Materi yang akan kami bagikan adalah jawaban post test pada Topik 5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/Paket A Modul 5 Pelaksanaan Projek SD. Sebagai DISCLAIMER, jawaban yang kami bagikan merupakan paket lulus untuk setiap post test. Jadi, bukan berarti setiap jawaban adalah jawaban benar karena platform PMM tidak menunjukkan jawaban benar salah setelah mengerjakan post test, hanya menampilkan hasil post test yang berbunyi berhasil atau belum.

Jika menurut Sobat guru terdapat jawaban yang masih salah, kami sangat terbuka untuk menerima koreksi dari Sobat Guru semua. Anda tinggal memberikan koreksi melalui kolom komentar disertakan jawaban yang benar dan alasannya. Dengan demikian, jawaban yang benar dapat dilihat oleh pengunjung lain. Baik, langsung saja kita simak materinya bersama-sama di bawah ini.

Jawaban Topik 5 Modul 5 Pelaksanaan Projek SD (Post Test)

Jawaban Topik 5 Modul 5 Pelaksanaan Projek SD (Post Test)

1. Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk melibatkan murid SD dalam proses belajarnya. Berikut adalah beberapa langkah yang tepat untuk melibatkan murid ….

a. Mengajak mereka untuk berefleksi di tengah kegiatan saja

b. Memelihara rasa ingin tahu mereka dengan memberikan pertanyaan pemantik

c. Mengajak murid untuk membantu membuat modul projek

d. Semua Benar

2. Bu Margaret mengajukan pertanyaan pemantik untuk memantik rasa keingintahuan murid sehingga murid semakin terlibat dalam proses pembelajarannya. Jika tema yang diambil adalah terkait kearifan lokal, bentuk pertanyaan pemantik yang tidak tepat adalah…

a. Apakah kearifan lokal daerah masih perlu dipertahankan di tengah perkembangan dunia yang sudah semakin maju dan modern? Mengapa?

Baca Juga :  Jawaban Topik 5 Modul 1 Projek dan Profil Pelajar Pancasila

b. Menurutmu, apa saja kearifan lokal daerah yang perlu dilestarikan?

c. Menurutmu, sejauh mana peran generasi muda dalam melestarikan kearifan lokal daerah?

d. Apakah kamu sudah puas dengan budaya daerahmu?

3. Bagaimanakah contoh pelibatan murid yang tepat dalam kegiatan projek?

a. Mengajak murid menentukan tahapan kesiapan satuan pendidikan

b. Melibatkan murid dalam menentukan tim fasilitator projek

c. Murid tinggal mengikuti segala rangkaian kegiatan yang sudah ditetapkan oleh gurunya

d. Melibatkan murid dalam mengolah data dan umpan balik dari teman dan gurunya.

4. Pelibatan murid merupakan peran yang penting untuk kita dapat membantu mereka mengalami pengetahuannya sendiri. Berikut adalah beberapa contoh pelibatan murid yang dapat kita lakukan:

a. Melibatkan murid dalam perencanaan, pelaksanaan dan penentuan hasil akhir

b. Selalu memantik rasa ingin tahu murid dengan memelihara rasa ingin tahunya

c. Memberikan instruksi secara bertahap agar murid terus merasa tertantang

d. Semua benar

5. Untuk melibatkan murid SD dalam proses pembelajaran projeknya, tidak diperlukan upaya untuk membangun ikatan dengan murid, karena murid hanya akan melakukan projek sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh gurunya. Pernyatan di atas adalah..

a. Benar

b. Salah

6. Kegiatan belajar projek sudah hampir selesai. Kini, saatnya murid-murid melakukan perayaan hasil belajar projeknya. Mereka tidak dilibatkan untuk menentukan jenis perayaan dan juga tidak tahu siapa saja aktor yang diibatkan. Tim fasilitas projek memberikan apresiasi dan melakukan evaluasi kepada murid sesuai dengan hasil akhir projkenya. Dari pernyataan di atas, apa yang bisa kita perbaiki terkait peryaan hasil belajar projek murid?

a. Murid dilibatkan dalam penentuan jenis perayaan

b. Apresiasi tidak diperlukan, pujian saja.

Baca Juga :  Jawaban Topik Asesmen SD/Paket A Modul 1-3 Lengkap

c. Kegiatan refleksi sebaiknya dilakukan di awal projek saja, tidak perlu di akhir.

d. Murid pelru dilibatkan dalam penentuan siapa saja tim fasilitas projek.

7. Untuk membantu murid mengaplikasikan kemampuannya di dunia nyata, maka murid dapat diberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif sebagai bagian dari masyarakat. Sebagai tim fasiilitator projek, hal yang dapat kita lakukan adalah melibatkan mitra terkait yang berhubungan dengan tema projek. Pernyataan di atas adalah..

a. Benar

b. Salah

8. Sebagai fasilitator projek, kita dapat memberikan keterampilan proses inkuiri kepada murid-murid untuk mendukung kegiatan projeknya. Berikut adalah tahapan yang tidak termasuk dalam tahapan proses inkuiri, yaitu..

a. Bertanya

b. Bermain

c. Investigasi

d. Refleksi dan Evaluasi

Demikian artikel Jawaban Topik 5 Modul 5 Pelaksanaan Projek SD yang dapat kami bagikan kepada Sobat Pewaca semua. Informasi yang kami bagikan bukan mutlak sebuah kebenaran, sehingga terbuka bagi kami untuk menerima koreksi, kritik serta saran dari Anda semua. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Sobat semua, terima kasih telah mengunjungi website ini.