Berbagai Jenis Buah Rambutan di Indonesia

jenis buah rambutan

Berbagai Jenis Buah Rambutan di Indonesia – Sobat Waca Berita, ketika musim rambutan tiba, banyak pedagang buah yang mulai menjajakan rambutan terbaik mereka ke pelanggan setianya. Nah sebelum Sobat memborong buah tersebut, ada baiknya Sobat berkenalan lebih dalam dengan buah merah yang masuk ke dalam marga atau genus Nephelium alias masih satu keluarga dengan buah leci, kelengkeng, dan matoa ini.

Rambutan merupakan tanaman tropis yang tergolong dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae. Kebanyakan dari mereka berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Buah rambutan juga dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Berbagai jenis buah ini bisa kita jumpai di Afrika, Kamboja, Karibia, Amerika, Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filiphina, Thailand dan Sri Lanka. Untuk di Indonesia penamaan buah “Rambutan” disebabkan oleh bentuk fisik buahnya yang mempunyai kulit mirip rambut atau bagian luar (eksokarp).

Berbagai Jenis Buah Rambutan di Indonesia

Rambutan yang kini beredar di pasaran dikenal masyarakat dengan tekstur buah kenyal dengan biji berwarna coklat muda. Pertumbuhan musiman buah masak pada bulan November sampai Februari. Musim rambutan juga bersamaan dengan buah durian dan manga.

Berikut ini Waca Berita sajikan apa saja jenis rambutan yang ada di Indonesia. Simak yuk!

Rambutan Binjai

Rambutan Binjai berasal dari Sumatera Utara yang dikenal memiliki keunggulan akan cita rasa manis dan daging buahnya yang cukup tebal. Bentuk buah rambutan bulat dan sedikit lonjong.

Baca Juga :  Keunggulan Alpukat Hass, Kualitas Premium Kaya Manfaat

Rambutan Cimacan

Buah asli Cianjur, Jawa Barat ini mempunyai tekstur daging buah yang lembut ketika dikunyah. Selain itu, buah ini dilapisi kulit yang tipis dan rambut lebih sedikit.

Jenis Buah Rambutan Lebak Bulus

Buah daerah Lebak Bulus, Pasar Minggu, Jakarta Selatan menjadi buah rambutan yang paling banyak peminatnya. Kandungan airnya yang tinggi dipercaya bisa melepas dahaga. Bentuk buahnya bulat dengan rambut berwarna merah kekuningan.

Rambutan Si Bongkok

Rambutan yang berasal dari Kalimantan Selatan, mempunyai ukuran buah yang jumbo dibandingkan jenis rambutan lainnya. Buah ini bila sudah matang berubah warna merah tua kecoklatan. Bentuknya lonjong dengan rambut halus. Dagingnya berwarna putih bening dan bertekstur sedikit kering sehingga mudah terlepas dari bijinya.

Rambutan Si Nyonya

Rambutan identik warna merah menyala dihiasi rambut yang lebat membuat penampilannya sangat cantik dan menarik. Dari situlah asal usul jenis rambutan tersebut. Meskipun rasanya kurang manis dan sedikit asam tapi buahnya diperkaya kandungan air yang cukup tinggi, Scarf Lover!

Jenis Buah Rambutan Si Batuk Ganal

Rambutan unggulan berasal dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan. Kelebihan jenis buah rambutan yang terletak pada ukuran buah yang besar dan kandungan air yang melimpah. Fisik pada buahnya adalah merah kekuningan dan rasa yang manis.

Rambutan Antalagi

Salah satu rambutan lokal terbaik di Indonesia yang diperoleh dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan. Kekayaan rasa buah yang manis diikuti aroma khas harum rambutan. Bentuknya yang bulat memanjang dan sedikit pipih bisa langsung dikonsumsi dalam keadaan segar.

Rambutan Rapiah

Jenis ini juga termasuk ke dalam daftar favorit pecinta rambutan tanah air. Walaupun, ukurannya lebih mini, untuk rasa sangat manis, Scarf Lover! Jika sudah matang Rambutan Rapiah berwujud perpaduan warna merah, kuning, dan hijau.

Baca Juga :  Biodata Hans Wilhelm Gengar Penemu Pencacah Geiger

Jenis Buah Rambutan Narmada

Kali ini warga Lombok boleh berbangga dengan rambutan unggulannya yang daging buahnya kenyal, tidak lembek dan cita rasa khas buah yang manis. Tampilan rambutan Narmada sangat menawan dengan gradasi warna kuning dan merah.

Rambutan Garuda

Rambutan ini juga berasal dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan. Daerah tersebut menjadi salah satu penghasil rambutan terbaik di Indonesia. Rambuatan dengan sensasi rasa buah yang sangat manis dan daging buah tebal. Tak hanya itu, Rambutan Garuda juga dikaruniai rasa gurih yang tidak ditemukan pada jenis rambutan lainnya.

Rambutan Kepulasan

Rambutan ini memiliki ciri khas pada rambut buahnya yang sangat pendek, kaku, dan cukup tebal. Kulit pada buah ini berwarna merah kecoklatan. Rambutan Kepulasan juga akrab disapa Rambutan Babat.

Rambutan Bahrang

Jenis rambutan asli daerah Langkat, Sumatera Utara. Rambutan ini memiliki ukuran yang panjang dan rasa manis yang nikmat. Daging buahnya sedikit kekuningan dan diperkarya kandungan air yang banyak.

Macam Jenis Buah Rambutan di Indonesia

Sobat Waca Berita, ternyata banyak juga ya jenis buah rambutan yang ada di Indonesia. Sebagai pecinta buah, mana aja nih yang udah pernah kamu coba? Atau jangan-jangan, sudah semuanya? Hehe.

Demikian penjelasan dari Waca Berita kali ini, semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski